Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Cerita Matematika : Soal Cerita Persegi dan Persegi Panjang

 


Soal Cerita Matematika

Soal Cerita

Soal cerita merupakan salah satu bentuk penyajian konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Soal cerita matematika adalah soal matematika yang disajikan dengan menggunakan bahasa atau kalimat cerita yang berdasarkan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari dan didalamnya memuat masalah yang pengerjaannya menuntut pemecahan. Raharjo (dalam Gunawan, 2017) menyatakan bahwa ‘soal cerita adalah soal yang disajikan dalam bentuk cerita pendek yang berupa masalah dalam kehidupan sehari-hari atau masalah lainnya yang dialami siswa yang dituliskan kedalam bentuk model matematika, dimana pemecahan masalahnya membutuhkan perhitungan dan konsep matematika’.

 

Soal cerita matematika adalah soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dicari penyelesaiannya menggunakan kalimat matematika yang memuat bilangan, operasi hitung (+, -, x, :) dan relasi (=, <, >, ≥, ≤). Dalam sebuah penyelesaian soal cerita, kompetensi kebahasaan memiliki peran yang sangat penting. Sejalan dengan itu, Heidema (2009, hlm.2) mengatakan “matematika adalah tentang pemecahan masalah, dan pemahaman membaca adalah komponen yang penting, terutama untuk soal cerita. Menulis juga merupakan komponen yang penting, karena siswa harus memantau dan merefleksikan proses pemecahan masalah serta mengkomunikasikan pemikiran mereka selama pemecahan masalah”. Dengan latihan soal cerita siswa dituntut untuk memecahkan masalah melalui kemampuannya untuk memahami, merencanakan atau merancang, dan menyelesaikan sebuah permasalahan dalam bentuk soal cerita. Melalui latihan soal cerita dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pemecahan masalah serta meningkatkan daya analisis siswa. Melalui soal cerita, siswa akan belajar berpikir kritis dan sistematis.

 

Dengan menggunakan soal cerita siswa akan belajar menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan kemampuannya yang paling sederhana mulai dari memahami soal. Kemudian kemampuan tingkat selanjutnya yaitu merencanakan penyelesaian dari suatu soal atau masalah yang dihadapi. Lalu, siswa akan melaksanakan perencanaan penyelesaian masalah yang telah disusun sebelumnya. Setelah itu, siswa akan menggunakan keterampilan yang lebih tinggi lainnya yaitu mengecek kebenaran perencanaan, proses, dan jawaban soal.

 

Soal Cerita Persegi dan Persegi Panjang

Persegi dan persegi panjang termasuk kedalam segi empat. Segi empat merupakan bangun datar bersisi 4 dan mempunyai 4 titik sudut. Persegi mempunyai dua pasang sisi berhadapan sama panjang dengan semua sisi kongruen dan memiliki sudut yang berhadapan sama besar yaitu 90°. Sedangkan, persegi panjang mempunyai dua pasang sisi berhadapan sama panjang dan memiliki sudut yang berhadapan sama besar yaitu 90°.





Berikut adalah rumus untuk menghitung keliling dan luas persegi dan persegi panjang:

Keliling persegi (K) =  4 × sisi

Keliling persegi panjang (K) = 2 × (panjang + lebar)

Luas persegi = sisi × sisi                                  atau     L = s²

Luas persegi panjang = panjang × lebar         atau     L = p × l

 

Untuk memecahkan masalah persegi dan persegi panjang, siswa harus memahami konsep persegi dan persegi panjang terlebih dahulu. Jika siswa tidak mengetahui konsep persegi dan persegi panjang maka siswa akan kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan persegi dan persegi panjang. Berikut adalah salah satu contoh soal cerita tentang persegi dan persegi panjang:

 

Soal 1

Susi akan memagari kebunnya yang berbentuk persegi. Dia akan meletakkan 5 buah pagar pada setiap sisinya. Berapa jumlah pagar yang dibutuhkan Susi?

Soal 2

Kakek akan menanam pohon mangga dengan jarak 2 meter di sekeliling kebunnya. Jika panjang kebun Kakek adalah 12 meter dan lebar kebun kakek adalah 10 meter, berapakah jumlah pohon mangga yang dibutuhkan Kakek?

 


Posting Komentar untuk "Soal Cerita Matematika : Soal Cerita Persegi dan Persegi Panjang"