Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kesalahan yang Dapat Menghambat Tugas Selesai




Kesalahan yang Dapat Menghambat Tugas Selesai 
Tika Marwati

Hallo semuanya ? ngga kerasa satu bulan telah kita lalui dengan diam di rumah. Karantina dengan diam di rumah masing-masing tentunya membuat sebagian besar orang sekalipun mereka yang tim rebahan mulai merasakan kejenuhan, bosen bahkan bingung mau ngapain lagi. Seandainya saja corona itu tidak pernah ada, mungkin bulan-bulan ini aku sudah melakukan penelitian untuk tugas skripsiku, bimbingan skripsi, ketemu teman-teman, makan seblak bareng, ngerjain laporan PLSP di kosan teman dan aktivitas lainnya, tapi apalah daya alam tidak mengizinkan untuk melakukan hal itu, saat ini  aku ngga bisa berbuat apa-apa kecuali berdoa dan membantu pemerintah untuk diam dirumah saja.

Sebenarnya banyak sekali pelajaran dari peristiwa wabah ini yang harus aku maknai dan renungkan salahsatunya membuktikan  bahwa corona ini menjadikan aku sadar bahwa setiap manusia dimuka bumi ini sama, hanya keimanan dan amalan yang membedakan, karena corona ini mampu menular kesiapa saja, tidak memandang jomblo atau sudah punya pasangan, tidak pandang bulu, jabatan, kekayaan dan bahkan suku bangsa wkwk. 

Pokoknya kita harus selalu bersyukur dan mengingat Allah SWT kapan, dimana dan bagaimanapun keadaannya ka tuhan mengutus mahluk yang berukuran nano itu untuk mengistirahatkan semesta, aku sangat berharap semoga corona itu segera hilang dari muka bumi ini, aamiin..

Okeh deh langsung saja, pada tulisan aku kali, aku berbagi pengalaman selama social distancing ini berlangsung.

Aku mau jujur sama kalian semuanya tentang perasaan aku saat ini. Aku tuh bener-bener merasakan galau, jenuh pokoknya dari hari ke hari yang aku lakukan selalu sama, bangun tidur, beres-beres, makan, main hp, sampai tidur kembali, intinya “ngga tau lagi aku harus bilang apa,” yang jelas baru kali ini aku merasa pikiran dan hati aku itu tidak berteman baik, keduanya selalu berdebat tak pernah bersahabat, tiap hari aku hanya bisa mengeluh mendebatkan tugas akhir yang ngga seberapa sebenernya. 

Mengumpulkan niatnya saja yang susah. Selalu di pikirkan, diucapkan, di bayangkan tapi dikerjakan tidak aku lakukan, “gimana ini skripsiku” , hampir setiap hari pikiranku tuh ke arah skripsi tapi selama itu pun hatiku tuh enggan tuk memberi semangat bahkan memberi lampu hijau pada skripsi, bawaanya males terus.  Jadi bagai mana bisa semua itu akan aku lalui dengan lancar, saat aku hanya diam saja, ngga bergerak sama sekali, ngga ada motivasi dalam diri untuk memulai kembali. Entah mau jadi apa aku ini. 

Akhirnya, selama lima hari aku merenungkan sesuatu yang sudah lama bercokol dalam pikirku, mulai dari tanggal 14 sampai 19 April 2020, aku menemukan kesalahan dalam diri aku sendiri yang selalu aku manjakan dan aku biarkan kesalahan itu bermain dengan diriku sendiri, mau tau kesalahan apa saja yang dapat menghambat pekerjaan kita, termasuk tugas-tugas kuliah  salahsatunya

 “skripsweet” yang menjadi syarat kelulusan di setiap universitas :
1.      Rebahan yang berlebihan
Rebahan aku simpan di nomor satu karena memang memiliki pengaruh besar terhadap penyelesaian tugas kita, terlalu banyak rebahan maka semakin kita males untuk memulai mengerjakan. Bukan ngga boleh rebahan, boleh-boleh saja sih rebahan tapi rebahan sewajarnya, jangan berlebihan. Pokoknya kita harus menghindari rebahan yang berlebihan agar tugas kita segera kelar

2.      Kecanduan Handphone
Selain rebahan, salahsatu alat komunikasi yaitu handphone menurutku berpengaruh juga dalam menghambat selesainya tugas, semakin kita sering main handphone maka semakin lama juga tugas kita segera selesai, jadi hindari handphone saat kita sedang mengerjakan tugas. Pokoknya jangan sampai dari bangun pagi sampai tidur kembali kita itu tidak lepas dari handphone sampai di charger pun kita masih memainkannya, jadi biarkan handphone beristirahat dan kita mulai bekerja apalagi skripsi perlu waktu lama untuk menyelesaikannya. Usahakan jauhkan handphone kita saat akan mulai mengerjakan tugas.

3.      Nonton Film
Biasanya  saat kita nonton film kadang suka ngga mau berpaling dari film itu, selalu saja membuat alasan untuk tetap melanjutkan nonton padahal diri kita sudah niat untuk mengerjakan tugas, tapi karena keduluan sama nonton film, mood buat ngerjain tugas itu bisa hilang loh, makanya buat kalian yang fokus dengan tugasnya, lebih baik skip aja dulu filmnya.

4.      Tidak Membuat Rencana
Daftar list aktivitas tugas per hari itu wajib kita tuliskan, namun sering kali kita menganggap itu ngga penting, padahal membuat rencana tugas apa saja yang di dahulukan per hari itu sangat penting untuk di tuliskan, paling tidak kita bisa belajar menghargai waktu. Jadi kalau kita tidak membuat rencana tugas yang akan di selesaikan biasanya tugas kita akan terhambat, pada akhirnya kita nunggu deadline deh.

5.      Males
Nah selanjutnya adalah males, ketika kita sudah males, yasudah males saja. Kalau kita sudah males maka semua tugas-tugas kita ngga akan pernah selesai, apalagi tugasnya berhubungan dengan skripsi yang membutuhkan ketekunan dan semangat. Jadi sebisa mungkin kita harus menghindari rasa mala situ, ngga sulit ko untuk mengusirnya, karena males itu ada dalam diri kita sendiri, maka yang harus berkendali ya diri kita sendiri. Untuk mengusir rasa mala situ kita bisa hindari aktivitas yang sudah aku sebutkan di atas yah .

Terimakasih, semoga bermanfaat

Post a Comment for "Kesalahan yang Dapat Menghambat Tugas Selesai"