Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penggunaan Corel Video Studio dalam Pembelajaran

Corel Video studio merupakan sebuah software yang berfungsi untuk membuat video atau mengedit video sesuai yang kita inginkan. Dlam Wikipedia (2017) menjelaskan bahwa “software Corel VideoStudio Pro memiliki fungsi dasar, meliputi editing video, penggunaan transisi, efek video, pembuatan teks, audio latar belakang dll”.Kahoro(dalam Wisnu, 2012, hlm. 6) mengatakan bahwa“program ini sangat populer dan banyak digunakan oleh para ahli multimedia, karena fasilitas dan kemampuan program dalam pengolahan dan pengeditan video”.

Pendapat tersebut didukung oleh Bagas(2014) mengemukakan bahwa “melalui software Corel VideoStudio  ini, kita dapat membuat video dengan mudah dan cepat, tanpa harus menguasai ilmu video editing”. Dapat disimpulkan bahwa software Corel Video Studio Pro X7 merupakan software yang memiliki beberapa fungsi yang menarik dan mudah digunakan dalam menggabungkan unsur-unsur multimedia seperti gambar, suara, animasi, dan video.

Dalam penggunaannya, softwareCorel VideoStudio Pro X7 memiliki berbagai kelebihan. Kelebihan tersebut diantaranya, mampu memasukan suara dan membuat tampilan-tampilan yang menarik dengan memasukan teks, narasi, gambar, animasi,dan video. Kahoro (dalam Wisnu, 2011) menyebutkan beberapa keuntungan menggunakan program Corel VideoStudio X2, antara lain :

fasilitas capture yang praktis, baik secara digital maupun analog;
pengoperasian yang sangat mudah untuk dipahami;
keberagaman efek transisi real time;
akurasi pengaturan cahaya yang secara otomatis mampu menyesuaikan gelap/terangnya warna;
dilengkapi dengan audio filter untuk menghasilkan suara jernih.

Dari paparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan software multimedia Corel VideoStudio Pro X7 mampu mendukung dalam pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia. Sehingga menghasilkan media pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan serta mampu menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran

Post a Comment for "Penggunaan Corel Video Studio dalam Pembelajaran"