Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Teks Eksposisi dan Struktur Teks Eksposisi

 


Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan jenis teks yang memberikan paparan dan gambaran terkait sesuatu, didalamnya terkandung pendapat penulis, informasi  dan fakta-fakta. Menurut Kosasih (2017, hlm. 23) “istilah eksposisi berasal dari kata ekspos yang berarti memberitakan disertai analisis dan penjelasan, adapun sebagai suatu teks, eksposisi dapat diarttikan sebagai karangan yang menyampaikan argumentasi dengan tujuan untuk meyakinkan orang lain”. Dalam pembuatan teks eksposisi dikembangkan dengan fakta-fakta, informasi yang didapat, gagasan penulis, dan juga pendapat para ahli.

 

 Menurut Atar Semi ( 2007 hlm. 61-62) “Eksposisi ialah tulisan yang bertujuan memberikan informasi, menjelaskan, dan menjawab pertanyaan apa, mengapa, kapan, dan bagaimana”. Adapun ciri-ciri tulisan eksposisi ialah sebagai berikut.

 

a.       Tulisan  itu bertujuan memberikan infomasi, pengertian, dan pengetahuan.

b.      Tulisan itu bersifat menjawab pertanyaan apa, mengapa, kapan, dan bagaimana.

c.       Disampaikan dengan gaya yang lugas dan menggunakan bahasa baku.

d.      Umumnya disajikan dengan menggunakan susunan logis.

e.       Disajikan dengan nada netral tidak memancing emosi, tidak memihak dan memaksakan sikap penulis kepada pembaca.

 

Menurut Atar Semi ( 2007, hlm. 65-66) mengemukakan apabila hendak menulis karya eksposisi, perhatikanlah petunjuk berikut. a) pilihlah topik secara teliti, b) sadarilah selalu tujuan tulisan, c) ingat selalu calon pembaca, d) pilihlah organisasi penyajian yang sesuai..

 

Menuru Mafrukhi, Wahono dkk (2007, hlm 52) mengemukakan dalam paragraf eksposisi, ada beberapa jenis pengembangan. Semua jenis pengembangan itu bertujuan sama, yaitu memberikan penjelasan. Beberapa jenis pengembangan paragraf eksposisi adalah a) eksposisi definisi, b) eksposisi proses, c) eksposisi klasifikasi (pembagian), d) eksposisi ilustrasi (contoh), e) eksposisi perbandingan dan pertentangan, f) eksposisi laporan. 

 

Struktur Teks Eksposisi

Semua jenis pasti memiliki struktur dalam penulisannya, beda jenis teks yang akan dibuat ataupun dibahas maka strukturnya pun akan berbeda. Tiap teks memiliki sturktur ciri khasnya masing-masing, tapi tak dapat dipungkiri ada beberapa jenis teks yang strukturnya memiliki persamaan. Teks eksposisi ada tiga struktur, yaitu, (1) Informasi terkait isu yang akan dibahas yang akan mencakup isi keseluruhan isi tulisan, (2) pendapat penulis yang memperkuat informasi dengan menggunakan fakta pendukung, (3) kesimpulan dari semua isi tulisan dan penguatan yang dibahas pada awal-awal penulisan. 

Menurut  Kosasih (2017, hlm. 24) teks eksposisi dibentuk oleh tiga bagian, yakni sebagai berikut.

 

1) Tesis, bagian yang memperkenalkan persoalan, isu, atau pendapat umum yang merangkum keseluruhan isi tulisan. Pendapat tersebut biasanya sudah menjadi kebenaran umum tidak terbantahkan lagi.

 

2) Rangkaian argumen, yang berisi sejumlah pendapat dan fakta-fakta yang mendukung tesis.

3) Kesimpulan, yang berisi penegasan kembali tesis yang diungkapkan pada bagian awal.

 

Priyatni (2014, hlm 91) Struktur teks eksposisi yaitu:

 

Judul, tesis/opini/pendapat, argumen, dan simpulan. Pertama, judul, judul teks sudah memunculkan isu, persoalan tentang topik tertentu. Kedua, Tesis/opini/Pendapat, berisi suatu pernyataan yang menunjukkan sudut pandang penulis terhadap persoalan atau isu tentang topik tertentu. Ketiga, Argumen, argumen berisi sejumlah bukti atau alasan untuk mendukung atau membuktikan kebenaran tesis. Keempat, Simpulan, merangkum atau menegaskan kembali sudut pandang penulis terhadap persoalan atau isu tentang topik tertentu.

Mahsun (2014, hlm. 32) Struktur teks eksposisi yaitu: tesis/pernyataan, pendapat, alasan/argumentasi, dan pernyataan ulang pendapat.

 


Posting Komentar untuk "Teks Eksposisi dan Struktur Teks Eksposisi"