Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Layanan BK Melalui Vidio Animasi

 


Layanan BK Melalui Vidio Animasi

Pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling Melalui Vidio animasi tentang Tips Untuk Menjadi Remaja yang Produktif Selama Pandemi Covid-19


Sejak bulan maret 2020, karena pandemic covid -19, pembelajaran Sekolah di lakukan secara daring dan luring, tidak sedikit siswa yang merasa malas, bosan dalam melakukan pembelajaran  jarak jauh di rumah. Siswa awalnya mau ngerjain ini,…itu, ….tapi akhirnya banyak pekerjaan yang tidak selesai. Sekolah berusaha merancang pembelajaran sedemikian rupa dengan harapan  siswa bisa berkreatifitas menciptakan segala hal-hal baru sehingga menjadi remaja yang produktif dan berprestasi walaupun belajar dari rumah.


Interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran sangatlah penting hal ini bertujuan untuk mengetahui kemajuan proses belajar siswa. Dengan adanya proses pembelajaran jarak jauh sesuai intruksi pemerintah, maka guru harus benar benar memerhatikan belajar siswa. Hal ini selain tugas guru mata pelajaran  dalam proses merancang pembelajaran secara jarak jauh, tetapi Guru Bk juga dituntut untuk lebih kreatif dalam proses penyelenggaaraan layanan BK, untuk memotivasi agar siswa tetap memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar di rumah apalagi saat ini guru tidak bisa berinteraksi dan komunikasi dengan siswa secara langsung.  


Guru BK bisa melakukan tindakan peningkatan, pencegahan (preventif), bantuan, perkembangan   pelaksanaan  layanan BK, dalam melaksankan layanan BK. Seperti melaksanakan layanan BK tentang Tips Menjadi Remaja yang produktif selama pandemic covid-19. Hal ini saya lakukan di sekolah SMP N 2 kerinci Kanan, Kab. Siak secara jarak jauh melalui media video pembelajaran animasi dengan menggunakan (Power Point), WhatsApp, Google Class Room, Facebook, Instragram.  Selain dari itu pada instansi  dinas Pendidikan kab. Siak juga melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh secara daring melalui live straming di you tube.


Dalam kegiatan layanan BK ini ada beberapa langkah yaitu:

1.     Persiapan

a. Membuat Renacana Pelaksanaan Layanan (RPL) Inspiratif

b. Membuat Materi Layanan pada Power Point

c. Membuat video animasi dari materi power Point

d. Siswa membuat WhatsApp group, Google Class Room.


2.     Pelaksanaan

a Guru BK mengirim video animasi ke siswa melalui group whatsApp Kelas masing-masing, selain bisa dikirim secara langsung, juga bisa bekerja sama dengan wali kelas. Selain dari itu, siswa juga bisa membuka link video animasi di you tube

b.Peserta didik mengamati video yang dikirim guru BK

c.Dalam video tersebut, guru BK mengajak siswa untuk berkreatif dan produktif dalam menciptakan hal-hal baru di rumah dengan harapan agar siswa menjadi produktif dan berprestasi.

d. Pada live straming, siswa di ajak ikut bergabung di chanel you tube dinas pendidikan siak untk menyaksikan pembelajaran secara langsung (live) di you tube.

e Di luar  pemberian video yang harus di diamati oleh siswa, guru BK memberikan tugas kepada siswa yaitu melaksanakan tips untuk menjadi remaja yang produktif. Contoh : siswa di minta membuat to-do-list yg simple, spesifik, fleksibel di rumah.


3.     Penutup

Guru mengungkapkan apresiasi kepada seluruh siswa atas pertisipasi mereka dalam pembelajaran jarak jauh melalui video animasi dengan menggunakan whatsapp group agar peserta didik tetap aktif, termotivasi dan semangat.

Dengan pemberian video animasi kepada siswa dalam pelaksanaan layanan BK  di harapkan siswa dapat lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh , sehingga menjadi  peserta didik yang produktif dan berprestasi.


Post a Comment for "Layanan BK Melalui Vidio Animasi"