Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mencari Akreditasi SD/SMP/SMA/Perguruan Tinggi



CARA MENCARI AKREDITASI SEKOLAH

SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/PERGURUAN TINGGI

 

Penjelasan Akreditasi

Akreditasi atau pentauliahan adalah suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan swasta.[1] Salah satu contoh akreditasi adalah akreditasi pada metode tes laboratorium dan sertifikasi spesialis yang diperbolehkan mengeluarkan sertifikat resmi suatu yang telah memiliki standar

 

Akreditasi sejatinya adalah suatu pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi. Secara simpelnya, akreditasi adalah nilai kampus atau sekolah tersebut dalam beberapa kriteria. Pertanyaan yang ada di kepala anda mungkin, lalu siapa badan akreditasi di Indonesia yang resmi? Well, badan yang melakukan akreditasi kepada sekolah-sekolah dan kampus yang ada di Indonesia adalah BAN-PT. Jadi akreditasi hanya akan resmi kalau BAN-PT yang melakukannya. Nah, akreditasi ini selalu diperbaharui setiap 5 tahun sekali oleh perguruan tinggi atau sekolah-sekolah yang ada di Indonesia.

 

Memangnya akreditasi penting? Kenapa akreditasi penting?

Sebelumnya, kita harus tahu apa saja yang dinilai dalam akreditasi, mengutip dari website Filosofi Remaja, point yang dinilai adalah:

1.      Kurikulum dari setiap program pendidikan

2.      Jumlah dosen / tenaga pendidik.

3.      Keadaan mahasiswa / murid

4.      Koordinasi pelaksanaan pendidikan

5.      Sarana dan prasarana pendidikan.

6.      Kesiapan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan, dan rumah tangga dari sekolah / perguruan tinggi.

 

Jika diperhatikan indikator-indikator apa saja yang dinilai dalam akreditasi, maka ternyata akreditasi sangatlah signifikan dalam menentukan apakah sebuah sekolah unggulan atau tidak, ‘bagus’ atau tidak.

Berikut matriks skor nilai dalam akreditasi, untuk yang di bawah C, berarti sekolah atau perguruan tinggi tersebut tidak / belum terakreditasi oleh BAN-PT, yang berarti kualitasnya masih belum layak untuk dibuka.

Akreditasi A = 361 – 400

Akreditasi B = 301 – 360

Akreditasi C = 201 – 300

 

Yang perlu kamu perhatikan tentang akreditasi

Sayangnya, akreditasi di Indonesia masih belum bisa dibilang optimal. Memang, terkesan pertumbuhan perguruan tinggi di Indonesia sangat pesat. Ada banyak sekali sekolah atau perguruan tinggi yang dibuat setiap tahunnya. Namun masalahnya? Ada ratusan, bahkan ribuan perguruan tinggi yang belum atau tidak terakreditasi oleh BAN-PT!

 

Maka, yang harus kamu perhatikan sebelum daftar ke sekolah atau ke perguruan tinggi adalah satu hal ini: PERHATIKAN AKREDITASINYA! Karena kalau kampus / tempat sekolah tempat kamu berkuliah belum terakreditasi, ijazahmu ilegal! Untuk mengetahui akreditasi perguruan tinggi, kamu bisa cek di website resmi BAN-PT di sini! http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php/

 

CARA MENCARI AKREDITASI SEKOLAH SD/SMP/SMA

Buka situs yang ada dibawah ini :

https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php

Kemudian kalian ketikan NPSN dari Sekolah yang akan kalian Cari. Caranya Search di google dengan kata Kunci NPSN Sekolah mana.

Untuk lihat NPSN setiap sekolah bisa akses ke link di atas tinggal pilih provinsi/kabupaten/kecamatan baru bisa temukan npsn sekolah yang dimaksud lalu nomor npsn nya baru dimasukkan ke link di bawah ini untuk mencari akreditasi sekolah SD/SMP/SMA

https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi#pageContent2

 


Post a Comment for "Cara Mencari Akreditasi SD/SMP/SMA/Perguruan Tinggi"