Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Rendahnya Penggunaan Media Audio-Visual Terhadap Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar


Rendahnya Penggunaan Media Audio-Visual Terhadap Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Dalam mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar biasanya berhubungan dengan lingkungan dan masyarakat, mata pelajaran IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar itu dimulai dari kelas III sampai dengan kelas IV. Untuk siswa kelas III cara berpikirnya itu harus secara nyata atau belum bisa dengan hal yang abstrak, maka dari itu guru harus berupaya untuk menciptakan pembelajaran yang menarik yaitu dengan penggunaan media. Tidak hanya siswa kelas III saja yang memerlukan pembelajaran yang menarik, siswa kelas IV,V dan VI pun memerlukan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan media. Dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Media pembelajaran terbagi ke dalam tiga jenis yakni media visual, media audio,dan media audio-visual. Ketiga jenis tersebut berdasarkan dengan karakteristik siswa. Dimana setiap siswa memiliki kemampuan berbeda dalam menangkap pesan yang diterimanya ketika pembelajaran. Media audio-visual merupakan salah satu yang dianggap dapat mewakili setiap siswa dalam menangkap pembelajaran. Karena media audio-visual dapat menampilkan berbagai macam jenis visual dan audio di dalam satu sajian unik dan menarik.(Khalistiana et al. 2015)

Seiring dengan perkembangan zaman yang lebih fokus terhadap teknologi maka dari itu guru pun harus mengikuti perkembangan teknologi terhadap belajar mengajar dengan menggunakan media audio-visual yang nantinya akan lebih memudahkan siswa untuk memahami materi.

Media audio-visual memliki pengaruh yang besar terhadap tingkat kemampuan daya ingat siswa. Media audio-visual itu sendiri memiliki berbagai macam jenis. Salah satu jenis media audio-visual adalah media powerpoint. Dimana seiring berkembangnya teknologi dan tuntutan keprofesionalitasan guru, diharapkan dapat menguasai teknolohgi berbasis komputer.(Khalistiana et al. 2015)

Maka dari itu untuk memudahkan pembelajaran IPS ataupun pembelajaran mata pelajaran yang lainnya guru harus menggunakan audio-visual misalnya dengan powerpoint karena siswa lebih menyukai hal yang menarik dan unik.

 Referensi
Khalistiana, Tenia Mudhia et al. 2015. “No Title.” 129–40.



Post a Comment for "Rendahnya Penggunaan Media Audio-Visual Terhadap Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar"