Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Membuat Media Pembelajaran yang Menarik


Membuat Media Pembelajaran yang Menarik
Di lihat dari dasar filosofi, pembelajaran pada hakikatnya adalah proses komunikasi yang bertujuan untuk penyampaian pesan/informasi sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan dan minat serta perhatian peserta didik. Dalam proses pembelajaran, pengembangan materi/bahan ajar dapat melalui berbagai cara, salah satunya adalah pengembangan bahan ajar dengan optimalisasi media. Media yang digunakan untuk memperlancar komunikasi dalam proses pembelajaran sering diistilahkan media pembelajaran.(Haryoko 2010).
 Kata “Media” berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari “medium”, secara harfiah berarti perantara atau pengantar.(Nurseto 2011). I Nyoman Sudana Degeng (1993) menyatakan bahwa ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan guru/pendidik dalam membuat media pembelajaran, yaitu: 1. tujuan instruksional; 2. keefektifan; 3. siswa; 4. ketersediaan; 5. biaya pengadaan; 6. kualitas teknis. Dalam pembuatan media hal-hal yang harus diperhatikan adalah tujuan pembelajaran, keefektifan media, kemampuan peserta didik, ketersediaan sarana dan prasarana, kualitas media, biaya, fleksibilitas, dan kemampuan menggunakannya serta alokasi waktu yang tersedia.
Media yang dapat dibuat dalam pembelajaran ekonomi tidak terbatas jenis dan bentuknya, tergantung hasil pemilihan mana yang paling tepat. Dari sekian banyak media yang cocok, di antaranya media grafis seperti poster, bagan, diagram, kartun, flipchart , dan lain-lain. Selain itu tren saat ini adalah penggunaan media berbasis komputer seperti media presentasi. Oleh sebab itu tepat jika guru/dosen mampu membuat media minimal media grafis dan media presentasi berbantuan komputer.(Nurseto 2011)
Adapun tips dalam membuat media dengan power point, yaitu :
a.       Gunakan background yang sederhana, kontras dan konsisten, hindari background yang rumit, mengganggu dan penuh.
b.      Gunakan huruf yang konsisten, sederhana, dan jelas seperti arial, verdana, Tahoma dan trabucet jangan gunakan huruf yang rumit dan bersambung.
c.       Visualisasikan pesan Anda, jangan gunakan tulisan kecuali terpaksa
d.      Maksimalkan fitur power point seperti unsur gambar, video, animasi dan suara, tapi jangan berlebihan.
e.       Buatlah background atau template sendiri untuk meningkatkan daya tarik presentasi dan memperjelas pesan.
f.        Jika menggunakan latar dengan warna yang terang, maka gunakanlah teks dengan intensitas yang gelap, demikian sebaliknya.
g.      Gunakanlah warna untuk memperindah tampilan sekaligus memberikan fokus pada penyajian. Tapi jangan terlalu banyak karena akan terkesan ramai dan mengganggu sajian materi. Gunakan warna kontras atau warna yang serasi
h.      Hindari kombinasi warna lebih dari 3 dalam satu slide
i.        Gunakanlah huruf-huruf yang memiliki karakter jelas dan tegas, seperti arial, Tahoma atau verdana hindari karakter atau jenis font dekoratif karena lebih sulit dibaca.
j.        Besar huruf minimal 24 untuk kalimat dan 40 untuk judul
k.      Maksimal 6 kalimat dan 25 kata dalam satu slide
l.        Gunakan kata-kata yang powerful
(Nurseto 2011)
Untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik, penggunaan musik dalam media pembelajaran sangat diperlukan. Salah satunya dengan multi media powerpoint sangat mungkin untuk memasukkan unsur musik dalam media pembelajaran. Musik berfungsi untuk menimbulkan suasana yang memudahkan siswa mencerna informasi. Musik juga menimbulkan ketertarikan siswa, mengurangi kebosanan. dan mempengaruhi kejiwaan pendengarnya, jika sajian informasi lebih bersifat ajakan persuasif maka diperlukan musik dengan bit yang cepat dan semangat. Sebaliknya jika pesan bertema kesedihan dan musik yang ditampilkan bernada ceria maka akan menimbulkan kejanggalan. Dengan demikian diperlukan pemilihan musik yang sesuai.(Nurseto 2011)

Referensi
Haryoko, Sapto. 2010. “Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran.” Jurnal Edukasi@Elektro 5(1):1–10. Retrieved (http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/article/view/972).
Nurseto, Tejo. 2011. “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik – Tejo Nurseto.” Ekonomi & Pendidikan 8:19–35.


Post a Comment for "Membuat Media Pembelajaran yang Menarik"