Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Permainan di Kelas dan diluar Kelas dalam Kurikulum Merdeka (Ice Breaking)



Permainan di Kelas dan diluar Kelas dalam Kurikulum Merdeka (Ice Breaking)


Mencari permainan yang menyenangkan untuk dimainkan di kelas ? Untuk menjaga minat siswa tetap tinggi. Permainan apa yang paling banyak dimainkan oleh siswa? Kabaddi

Permainan apa yang dimainkan oleh 30 siswa?Bola kaki Bagaimana saya bisa bersenang-senang di kelas? Gunakan permainan kelas dan kuis. Berapa jumlah siswa yang harus ada dalam satu kelas? Tidak lebih dari 20. Gambaran Umum Permainan Menyenangkan untuk Dimainkan di Kelas – Permainan untuk dimainkan di sekolah


Ide Kompetisi Kelas

Cara Berinteraksi dengan Ruang Kelas Anda

Tanya Jawab Umum (FAQ)

teks alternatif

Masih mencari permainan untuk dimainkan bersama siswa?

Dapatkan template gratis, game terbaik untuk dimainkan di kelas! Daftar gratis dan ambil yang Anda inginkan dari pustaka template!


Siswa, tanpa memandang usia, semuanya memiliki satu kesamaan: mereka memiliki rentang perhatian pendek dan tidak bisa duduk-duduk belajar lama. Hanya 30 menit menuju kuliah Anda mungkin menemukan mereka gelisah, menatap kosong ke langit-langit, atau mengajukan pertanyaan sepele.


Mari kita masuk, karena artikel ini akan mencakup semua jenis permainan, untuk anak-anak, atau bahkan permainan untuk siswa sekolah menengah, karena lebih mudah mempelajari permainan yang menyenangkan, daripada hanya pelajaran yang membosankan!


Manfaat 5 of kesenangan Game untuk Dimainkan di Kelas

Game Seru untuk Dimainkan di Kelas – Baik itu online atau offline, ada manfaatnya bermain game kelas yang menyenangkan. Berikut adalah lima manfaat mengapa Anda harus memasukkan game lebih sering ke dalam pelajaran Anda:


Perhatian: pasti akan membangkitkan dengan permainan yang menyenangkan di sekolah, segenggam kesenangan sangat meningkatkan fokus siswa, menurut sebuah penelitian oleh para peneliti di University of Wisconsin. Bukan ilmu yang sulit untuk melihat bahwa siswa Anda terlibat dalam permainan di kelas karena permainan di kelas sering kali ceria dan membutuhkan banyak perhatian untuk menang.


Motivasi: lebih dari selusin kali, siswa sering menantikan pelajaran atau kelas jika mereka memasukkan permainan yang menyenangkan. Dan jika mereka merasa termotivasi, mereka bahkan dapat mengatasi hambatan belajar yang paling sulit👏


Kolaborasi: dengan berpartisipasi dalam permainan kelas sebagai pasangan atau dalam tim, siswa Anda pada akhirnya akan belajar bekerja sama dengan orang lain dan bekerja secara harmonis karena tidak ada benar atau salah, hanya tujuan yang dapat dicapai di akhir rute.


Kasih sayang: bermain game adalah cara yang bagus untuk membentuk ikatan khusus dengan siswa Anda. Mereka akan berpikir Anda adalah "guru keren" yang tahu bagaimana membangun lingkungan yang ramah dan bersenang-senang selain mengajarkan topik kering.


Penguatan pembelajaran: tujuan utama dari permainan kelas adalah agar siswa belajar menggunakan metode pendidikan non-tradisional. Dengan menempatkan pengetahuan keras menjadi sesuatu yang menyenangkan, siswa Anda akan menumbuhkan kenangan positif dari proses belajar, yang jauh lebih mudah untuk diingat selama ujian.


#1 - Kuis Langsung

Kuis membuat pelajaran menjadi mudah. Mereka membantu siswa mempertahankan pelajaran yang dipelajari dan membangkitkan semangat kompetitif mereka, yang tidak dapat dicapai oleh metode pena dan kertas tradisional. 


Ada banyak kuis online interaktif untuk Anda coba: Kahoot, Quizizz, AhaSlides, Quizlet, dll. Pilih salah satu yang paling sesuai rencanamu dan anggaran, lalu mulailah memberikan waktu yang menyenangkan bagi kelas Anda. 


#2 – sandiwaras

Permainan Menyenangkan untuk Dimainkan di Kelas – Baik online maupun offline, Tebak adalah permainan fisik yang menyenangkan untuk memuaskan keinginan siswa Anda untuk bergerak ketika terjebak di belakang layar komputer.


Anda dapat membiarkan siswa bekerja dalam tim atau berpasangan. Siswa akan diberikan sebuah kata atau frase untuk didemonstrasikan melalui tindakan, dan rekan satu timnya harus menebak kata/frasa yang benar berdasarkan deskripsi tersebut.


#3 - Saatnya Mendaki

Pastinya, permainan untuk dimainkan saat bosan di sekolah! Siswa sangat menyukai permainan ini, terutama yang lebih muda. Kami memiliki beberapa guru yang berbagi bahwa murid mereka meminta mereka untuk bermain Saatnya Mendaki selama kelas, dan jika Anda melihat melalui permainan membimbing, Anda akan melihat itu paket lengkap dan permen pendidikan total untuk anak muda


Gim ini akan mengubah kuis pilihan ganda standar Anda menjadi gim interaktif, di mana siswa dapat memilih karakter mereka dan naik ke puncak gunung dengan jawaban benar tercepat.


#4 – Beri Tahu Saya Lima – Game Menyenangkan untuk Dimainkan di Kelas

Ini adalah permainan ulasan kosakata sederhana di mana Anda dapat menyusun aturan Anda sendiri. Di kelas, bagilah siswa Anda menjadi beberapa kelompok dan berikan setiap kelompok sebuah kategori (misalnya topping pizza). Mereka harus menemukan lima hal yang termasuk dalam kategori itu dalam 20 detik (misalnya topping pizza: keju, jamur, ham, bacon, jagung) di papan tulis. 


Untuk kelas virtual, biarkan siswa menulis lima hal dari kategori pada alat papan tulis. Yang tercepat di antara mereka adalah pemenangnya!


#5 - Tunjukkan dan beritahu – Game Menyenangkan untuk Dimainkan di Kelas

Sangat bagus bahwa siswa Anda dapat memasukkan kata-kata halus dalam tulisan mereka, tetapi dapatkah mereka melakukan hal yang sama ketika berbicara?


In Tunjukkan dan beritahu, Anda memberi siswa topik untuk dikerjakan, seperti camilan favorit mereka. Setiap orang harus membawa item yang sesuai dengan topik dan menceritakan sebuah cerita atau memori yang melibatkan objek itu.


Untuk menambahkan lebih banyak bumbu ke permainan, Anda dapat membiarkan siswa memilih dan bersaing untuk hadiah yang berbeda, seperti pendongeng terbaik, plot cerita terbaik, cerita paling lucu, dll.


#6 – Rantai Kata – Game Menyenangkan untuk Dimainkan di Kelas

Uji bank kata siswa Anda dengan permainan sederhana tanpa persiapan ini.


Pertama, munculkan kata, seperti 'lebah', lalu lempar bola ke siswa; mereka akan memikirkan kata lain yang dimulai dengan huruf terakhir, "e", seperti "zamrud". Mereka akan melanjutkan rantai kata di sekitar kelas sampai seseorang tidak dapat meneriakkan kata berikutnya dengan cukup cepat, dan kemudian mereka akan memulai kembali tanpa pemain itu.


Untuk tingkat yang lebih tinggi, Anda dapat menyiapkan tema dan meminta siswa menyebutkan kata-kata yang termasuk dalam kategori tersebut saja. Misalnya, jika tema Anda adalah "binatang" dan kata pertamanya adalah "anjing", pemain harus melanjutkan dengan kata-kata binatang seperti "kambing" atau "angsa". Jaga agar kategori tetap luas, jika tidak, permainan kelas cepat ini akan menjadi sangat sulit!


#7 - Perlombaan Jumble Kata

Perlombaan Jumble Kata sangat cocok untuk berlatih tenses, urutan kata, dan tata bahasa.


Ini cukup sederhana. Persiapkan dengan memotong kalimat menjadi beberapa kata, lalu bagi kelas Anda menjadi kelompok-kelompok kecil dan beri mereka sekumpulan kata untuk masing-masing kelompok. Ketika Anda mengatakan “GO!”, setiap kelompok akan berlomba untuk menyusun kata-kata dengan urutan yang benar.


Anda dapat mencetak kalimat untuk digunakan di kelas atau mengacak kata-kata dengan mudah menggunakan an alat kuis online.


Tambahkan kata-kata dari sebuah kalimat. Masing-masing akan dikocok secara acak untuk pemain Anda.

Tetapkan batas waktu.

Presentasikan kepada siswa Anda.

Mereka semua bergabung di ponsel mereka dan berlomba untuk mengurutkan kata-kata tercepat!


Kosakata - Permainan Menyenangkan untuk Dimainkan di Kelas

Permainan kelas kosakata ini mirip dengan permainan kelas ESL, tetapi lebih fokus pada kata-kata individual daripada struktur kalimat. Ini adalah beberapa permainan kelas yang tidak mengintimidasi yang dapat meningkatkan harga diri dan tingkat energi siswa Anda.


#8 – Gambar – Game Menyenangkan untuk Dimainkan di Kelas

Saatnya membiarkan siswa mereka melatih keterampilan mencoret-coret mereka.


Bermain Pictionary di kelas sangat sederhana. Anda menugaskan seseorang untuk membaca kata yang telah Anda siapkan dan mereka harus membuat sketsanya dengan cepat dalam 20 detik. Ketika waktu tersisa, orang lain harus menebak apa itu berdasarkan doodle.


Anda dapat membiarkan mereka bermain dalam tim atau individu, dan meningkatkan tantangan sesuai dengan level siswa. Ke bermain Pictionary online, pastikan untuk menggunakan papan tulis Zoom atau salah satu dari banyak aplikasi gratis tipe Pictionary yang hebat di luar sana.


cara bermain Pictionary untuk permainan kelas

Permainan Menyenangkan untuk Dimainkan di Kelas


 #9 - Perebutan Kata – Game Menyenangkan untuk Dimainkan di Kelas

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menguraikan kata-kata dan mencari tahu apa kata itu. Anda dapat membuat beberapa Lembar kerja Perebutan Kata siap dengan berbagai tema seperti binatang, festival, alat tulis, dll. dan luncurkan di kelas. Siswa pertama yang berhasil memecahkan kode semua kata akan menjadi pemenangnya.


#10 - Tebak Kata Rahasia

Bagaimana Anda dapat membantu siswa untuk menghafal kata-kata baru? Coba permainan asosiasi kata, Tebak Kata Rahasia.


Pertama, pikirkan sebuah kata, lalu beri tahu siswa beberapa kata yang terkait dengan itu. Mereka harus menggunakan kosakata mereka yang ada untuk mencoba menebak kata yang Anda pikirkan.


Misalnya, jika kata rahasianya adalah "persik", Anda bisa mengatakan "merah muda". Kemudian mereka mungkin menebak sesuatu seperti "flamingo" dan Anda akan memberi tahu mereka bahwa itu tidak terkait. Tetapi ketika mereka mengucapkan kata-kata seperti "jambu biji", Anda dapat memberi tahu mereka bahwa itu terkait dengan kata rahasia.


#11 – Hentikan Bus – Game Menyenangkan untuk Dimainkan di Kelas

Ini adalah revisi kosa kata hebat lainnya, dengan permainan yang menyenangkan untuk dimainkan di kelas.


Mulailah dengan menyiapkan beberapa kategori atau topik yang mengandung kosakata target yang telah dipelajari siswa Anda, seperti kata kerja, pakaian, transportasi, warna, dll. Kemudian, pilih satu huruf dari alfabet.


Kelas Anda, yang harus dibagi menjadi beberapa tim, harus menulis setiap kata secepat mungkin dari setiap kategori yang dimulai dengan huruf tertentu. Ketika mereka menyelesaikan semua baris, mereka harus berteriak "Hentikan bus!".


Misalnya, ada tiga kategori: pakaian, negara, dan kue. Huruf yang Anda pilih adalah "C". Para siswa perlu memikirkan sesuatu seperti ini:


Korset (pakaian)

Kanada (negara)

Cupcake (kue)

Permainan Papan Kelas

Boardgames menjadi bahan pokok kelas yang bagus. Mereka meningkatkan kolaborasi siswa dan keterampilan kosa kata melalui kompetisi yang bermanfaat. Berikut adalah beberapa permainan papan kelas cepat yang dapat dimainkan secara virtual atau di kelas fisik, dan oleh segala usia.


#12 - Hedbanz – Game Menyenangkan untuk Dimainkan di Kelas

Diambil dari permainan papan klasik keluarga, Hedbanz adalah pengangkat suasana dan sangat mudah dimainkan.


Cetak beberapa kartu yang termasuk dalam kategori binatang, makanan, atau benda, lalu tempelkan ke dahi siswa Anda. Mereka harus mengajukan pertanyaan "Ya" atau "Tidak" untuk mencari tahu apa kartunya sebelum waktu habis. Bermain berpasangan adalah optimal untuk Hedbanz.


#13 - Merusakkan – Game Menyenangkan untuk Dimainkan di Kelas

Pada kotak acak 16 huruf, tujuan dari Merusakkan adalah menemukan kata-kata sebanyak mungkin. Atas, bawah, kiri, kanan, diagonal, berapa banyak kata yang dapat ditemukan oleh siswa Anda di grid?


Ada banyak template Boggle gratis online untuk pembelajaran jarak jauh dan kelas fisik. Susun beberapa dan berikan kepada siswa Anda sebagai kejutan yang menyenangkan di akhir kelas.


#14 - Apel ke Apel

Sangat baik untuk pengembangan kosakata siswa, Apel ke Apel adalah permainan papan lucu untuk menambah koleksi kelas Anda. Ada dua jenis kartu: Hal (yang umumnya menampilkan kata benda) dan Deskripsi (yang mengandung kata sifat).


Sebagai seorang guru, Anda bisa menjadi hakim dan memilih Deskripsi kartu. Para siswa akan mencoba untuk memilih, dari tujuh kartu di tangan mereka, kartu Hal mereka merasa paling cocok dengan deskripsi itu. Jika Anda menyukai perbandingan itu, mereka dapat menyimpan Deskripsi kartu. Pemenangnya adalah yang mengumpulkan paling banyak Deskripsi kartu dalam permainan.


#15 - Apakah Anda Lebih Suka – Edisi Matematika?

Apakah Anda lebih suka membeli paket 12 cookie seharga $3 masing-masing atau paket 10 cookie seharga $2.60 masing-masing?


Tidak yakin jawaban apa yang akan dipilih siswa Anda, tetapi kami menyukai kue ️ Dalam edisi standar Maukah Anda, siswa diberikan skenario dengan dua pilihan. Mereka harus memilih opsi mana yang akan mereka pilih dan membenarkannya menggunakan penalaran logis.


Dalam edisi matematika, semua siswa bermain pada waktu yang sama dan berlomba untuk memilih kesepakatan terbaik dari dua opsi.


Gim ini dapat dimainkan baik online maupun offline sebagai pemecah kebekuan cepat atau akhir pelajaran. Mari main Maukah Anda dengan AhaSlides!


#16 - 101 dan keluar

Pernah khawatir bahwa pelajaran matematika Anda berakhir dengan sedikit membosankan? Bagaimana kalau memulai beberapa putaran 101 dan keluar, aktivitas yang menyenangkan untuk kelas di mana tujuannya adalah untuk mencetak skor sedekat mungkin dengan angka 101 tanpa melewatinya. Bagilah kelas Anda menjadi beberapa kelompok, dan mintalah roda pemintal yang mewakili sebuah dadu (ya, kami pikir tidak setiap kelas memiliki sepasang dadu yang siap).


Setiap kelompok akan bergiliran memutar roda, dan mereka dapat menghitung angka pada nilai nominal atau mengalikannya dengan 10. Misalnya, jika mereka melempar lima, mereka dapat memilih untuk menyimpan angka itu atau mengubahnya menjadi 50 untuk dengan cepat mencapai 101.


Untuk siswa yang lebih tua, coba berikan angka perkalian yang canggung, seperti 7, untuk membuat keputusan lebih sulit.


101 dan keluar menggunakan roda pemintal sebagai pengganti dadu

Permainan Menyenangkan untuk Dimainkan di Kelas

Ingin lebih banyak permainan roda pemintal seperti ini? Kami memiliki template interaktif gratis untuk Anda! Temukan saja 'permainan roda pemintal kelas' di perpustakaan template.


#17 - Tebak nomor saya

Dari 1 sampai 100, nomor berapa yang ada di pikiran saya? Di dalam Tebak nomor saya, siswa harus menebak angka yang Anda pikirkan. Ini adalah permainan matematika yang bagus untuk melatih pemikiran logis semua orang. Mereka dapat mengajukan pertanyaan seperti "Apakah itu bilangan ganjil?", "Apakah itu di tahun sembilan puluhan?", "Apakah itu kelipatan 5?", Dan Anda hanya bisa menjawab "Ya" atau "Tidak" tanpa memberikan jawaban lain. petunjuk.


Ide Kompetisi Kelas

Kompetisi kelas dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk melibatkan siswa, mendorong kerja sama tim, dan menumbuhkan lingkungan belajar yang positif, dengan beberapa saran seperti di bawah ini:


Mangkuk Kuis: Bagilah kelas menjadi beberapa tim dan selenggarakan kompetisi gaya mangkuk kuis. Siapkan satu set pertanyaan tentang berbagai topik dan poin penghargaan untuk jawaban yang benar. Kompetisi ini menguji pengetahuan, mendorong kompetisi yang sehat, dan mendorong siswa untuk mempelajari dan mengulas materi.

Spelling Bee: Selenggarakan kompetisi spelling bee di mana siswa bergiliran mengeja kata dengan keras. Berikan daftar kata-kata pada tingkat kesulitan yang berbeda. Kompetisi ini membantu meningkatkan keterampilan mengeja dan kosa kata.


Turnamen Debat: Tetapkan topik debat atau biarkan siswa memilih sendiri. Bagilah kelas menjadi beberapa tim dan adakan kompetisi debat bergaya turnamen. Mendorong siswa untuk menyajikan argumen mereka secara efektif dan hormat. Kegiatan ini meningkatkan kemampuan berpikir kritis, berbicara di depan umum, dan persuasif.


Olimpiade Matematika: Buat tantangan terkait matematika atau tugas pemecahan masalah untuk diselesaikan tim dalam batas waktu tertentu. Poin penghargaan untuk jawaban yang benar atau penyelesaian.