Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sikap yang diperlukan dalam Mengajar PPKn



Menjadi tenaga pendidik yang baik, memerlukan kemahiran yang profesional di bidangnya, dan ditunjang dengan wawasan/referensi yang luas, leadership, dedikasi dan commitment, kesabaran, kreativitas dan keuletan serta tidak putus asa. Coba saudara kemukakan tentang sikap guru yang diperlukan dalam mengajar Bid. Studi PKn dalam jenjang sekolah dasar ?

 

PKn merupakan mata pelajaran yang mempunyai fokus terhadap pembentukan karakter individu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan berdasar pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam lingkungan pendidikan di sekolah dasar terdapat guru yang mengajar bidang studi PKn. Guru yang mengajar bidang studi PKn di sekolah dasar merupakan orang dewasa yang secara sadar mempunyai tanggung jawab terhadap peserta didik di sekolah dasar dalam pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar pada bidang studi PKn. Sementara itu, dapat diketahui bahwa sekolah dasar merupakan tingkat dasar dalam dunia pendidikan, dimana peserta didik sangat membutuhkan arahan serta bimbingan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Sejalan dengan hal tersebut, terdapat beberapa sikap yang diperlukan seorang guru dalam mengajar bidang studi PKn untuk menciptakan peserta didik yang berkarakter dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, di antaranya yakni sebagai berikut :

 

1)     Amanah, , artinya guru yang mengajar bidang studi PKn di sekolah dasar harus mampu menjalankan tugas mendidik, membimbing serta mengajar peserta didik dengan ikhlas dan tanggung jawab.

2)     Jujur, artinya guru yang mengajar bidang studi PKn di sekolah dasar harus terbuka atau apa adanya (tidak berbohong).

3)     Komitmen, artinya guru yang mengajar bidang studi PKn di sekolah dasar harus berjanji atau bertanggung jawab atas tugas yang diembannya.

4)     Kompeten, artinya guru yang mengajar bidang studi PKn di sekolah dasar harus mempunyai kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran dan/atau menyelesaikan berbagai permasalahan dalam rangka mencapai tujuan dari mata pelajaran bidang studi PKn.

 

5)     Kerja keras, artinya guru yang mengajar bidang studi PKn di sekolah dasar harus mengerahkan segala usaha, kesungguhan serta potensi yang dimilikinya.

6)     Konsisten, artinya guru yang mengajar bidang studi PKn di sekolah dasar harus fokus terhadap mata pelajarang bidang studi PKn.

7)     Teladan, artinya guru yang mengajar bidang studi PKn di sekolah dasar harus dapat menjadi contoh bagi peserta didiknya, baik itu dari segi ucapan, sikap ataupun perilaku.

8)     Sederhana, artinya guru yang mengajar bidang studi PKn di sekolah dasar harus memiliki pola hidup yang bersahaja dan tidak berlebih-lebihan.

9)     Dekat dengan peserta didik, artinya guru yang mengajar bidang studi PKn di sekolah dasar harus menciptakan hubungan yang akrab dengan peserta didiknya.

10)  Melayani peserta didik, artinya guru yang mengajar bidang studi PKn di sekolah dasar harus mempunyai rasa peduli yang tinggi terhadap peserta didiknya serta dapat mempermudah atau mendorong peserta didik dalam proses pembelajaran.

11)  Mendidik dengan hati, artinya guru yang mengajar bidang studi PKn di sekolah dasar harus mendidik, membimbing dan mengajar peserta didik dengan hati, supaya apa yang telah kita berikan dapat diimplementasikan dalam kehidupan peserta didik.

12)  Membangun dengan sebuah motivasi, artinya guru yang mengajar bidang studi PKn di sekolah dasar harus selalu mendorong peserta didiknya untuk dapat hidup dengan baik sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

 


Posting Komentar untuk "Sikap yang diperlukan dalam Mengajar PPKn"