Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Resume Metodologi Memahami Islam



Metodologi Memahami Islam

 

Pengertian Metodologi

Metodologi berasal dari bahasa yunani,yang memiliki 2 arti yaitu “Method”yang berarti cara,upaya untuk menyelesaikan sesuatu dan “Logos” yang berarti ilmu.

 

Macam-Macam Metodologi Islam

1.     Metodologi Ulumul Tafsir dan Ulumul Hadis

Metodologi Ulumul Tafsir yaitu ilmu yang fungsinya untuk mengetahui kanduang kitabullah yang diturunkan Nabi Muhammad SAW. Metodologi Ulumul hadis yaitu sesuatu yang diperbincangan, dibicarakan,atau diberitakan dan dialihkan dari seseorang kepada orang lain.

2.     Metodologi Filsafat dan Teologi (Kalam)

Metodologi Filsafat dan Teologi (Kalam) yaitu kajian terhadap kehidupan dan alam semesta dilakukan di dalam dunia Islam atau peradaban umat Muslim dan berhubungan dengan ajaran-ajaran Islam.

3.     Metodologi Tasawuf dan Mistis Islam

Metodologi Tasawuf dan Mistis Islam yaitu hubungan langsung dan disadari dengan Tuhan, sehingga disadari benar bahwa seseorang berada di hadirat Tuhan.

4.     Metodologi Kajian Fiqh dan Kaidah Ushuliyah

Metodologi Kajian Fiqh dan Kaidah Ushuliyah yaitu kaidah-kaidah universal yang dapat diaplikasikan kepada seluruh bagian dan objeknya. ringkas (padat) yang mengandung penetapan hukum-hukum yang umum pada suatu peristiwa yang dapat dimasukkan pada permasalahannya.

5.     Metodologi Pemikiran Modern

Metodologi Pemikiran Modern yaitu pemikiran yang maju menuju kepada

pembaharuan.

6.     Metodologi Pendidikan Islam

Usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan,pengajaran, dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang

7.     Metodologi Tekstual, Kontekstual, dan Metodologi Muqaranah Mazhal

Metodologi tekstual menekankan pada signifikansi teks-teks sebagai kajian Islam dengan merujuk pada sumber-sumber suci dalam Islam, terutama al-Qur’an dan Hadis.Secara etimologi muqaranah berarti membandingkan. Membandingkan dua hal atau dua perkara atau lebih.

 

Tujuan Urgensi Metodologi Memahami Islam

1.     Mewujudkan manusia yang berkepribadian islam

2.     Supaya mempunyai pemikiran yang baik dalam hal penggunaanmteknologi saat ini yang sudah dipakai oleh semua orang.

3.     Menjadikan generasi milenial yang menjunjung toleransi

4.     Mendorong untuk bisa mendengarkan pendapat orang lain

5.     Mendorong supaya bisa menjadi manusia yang rendah hati dan berjiwa besar

6.     Agar menjadi orang yang percaya diri, berani berpendapat dan berani mempertahankan pendapatnya sesuai dengan ilmu yang ia miliki.

 

Kekeliruan pemahaman agama dalam metodologi mamahi islam

Agama islam merupakan agama yang sangat luas dimana banyak sekali pemahaman dari pada ahli. Adanya perbedaan dalam mahzhab yang mengakibatkan kekeliruan kepada umat manusia dengan adanya metodologi memahami islam yaitu mengenai penafsiran Al–Qur’an dan hadist bisa mengetahui dan memberikan solusi bahwa semua aturan dan tata cara sudah dikemukakan sejak dahulu dalam Al–Qur’an.

 

Penerapan dan Ragam Metode Memahami Islam

1.     Dengan metode kajian sumber dispilin dan dimensi islam.

2.     Dengan metode disiplin ilmu dan kajian islam.

3.     Dengan metode kajian Al-qur’an dan sejarah islam.

4.     Dengan metode kajian dimensi alam.


Posting Komentar untuk "Resume Metodologi Memahami Islam"