Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh Pembelajaran Yang Menekankan Pada Kesadaran Siswa SD Terhadap Bencana Perubahan Iklim Berkurangnya Kuantitas Air Bersih

 


Contoh Pembelajaran Yang Menekankan Pada Kesadaran Siswa SD Terhadap Bencana Perubahan Iklim Berkurangnya Kuantitas Air Bersih


Menurut Negi, et al (2010-224) mengembangkan model SOAP (self and other awareness project) dimana dalam model layanan tersebut menekankan pada pengembangan explorasi diri siswa yang didalamnya termasuk aktivitas kelompok besar atau kecil, pemutaran video, tugas pembuatan makalah serta kegiatan evaluasi diri.


Kegiatan tersebut di sesuaikan dengan kejadian-kejadian yang ada di lingkungan, sehingga aktivitas yang terjadi dengan sendirinya akan memberikan nilai pembelajaran kepada siswa, contohnya penomena global warming yang relatif baru di kalangan siswa. Model tersebut sangat berpontensial untuk meningkatkan kesadaran lingkungan siswa.


Menurut gidron and hochberg (2003-317) mengemukakan bahwa untuk meningkatkan kesadaran pada anak (siswa), diawali dengan memberikan pengetahuan tentang permasalahan yang di angkat, sebagai contoh masalah pencemaran lingkungan.


Pembimbing memberikan pengetahuan yang di fokuskan kepada pengaruh pencemaran lingkungan pada kehidupan masadepan. Setelah siswa, memperoleh pengetahuan, kemudian hal selanjutnya adalah membangkitkan peran siswa dalam melakukan konserpasi lingkungan untuk mengurangi dampak global warming dimasa yang akan datang.


Dengan poses yang terjadi di dalamnya, keterkaitan akan individu dan masalah yang terjadi akan membangkitkan kesadaran lingkungan kepada diri siswa.


Menurut budi wicaksono dkk (2019) air merupakan sumber bagi kehidupan di muka bumi. badan air tebesar terdapat di lautan sebesar 97 persen dan sisanya sebesar 3 persen adalah air tawar yang di gunakan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari sehingga air bersih menjadi kebutuhan dasar manusia. Jumlah air tebatas dan semakin membanyak jumlah manusia menyebabkan terjadinya krisis air bersih. Selain jumlahnya, krisis air tawar yang ada malah rusak.


Perebutan penggunaan air bersih untuk berbagai penggunaan menyebabkan hilangnya akses yang layak terhadap air bersih bagi sebagian orang. Perilaku boros air bersih menyebabkan terjadinya penyakit karena dengan kuirangnya minum dapat menyebabkan proses pecernaan dan lain sebagainya.


Jadi berdasarkan pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa seorang guru ini  Mengajarkan kepada siswa dengan cara memberikan pengetahuan global warming untuk membangkitkan pengetahuan siswa. Dalam prosesnya, di perlukan sebuah aktivitas yang dapat melibatkan aktif dengan berimajinasi melihat fenomena lingungan yang merupakan dampak penyebab kurang nya kualitas air bersih tersebut dan juga memberikan pengtahuan seberapa pentingnya mengkonsumsi air mineral yang sehat terhadap baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang yang berpengaruh tehadap daya tahan, daya pikir mental serta aktivitas sehari-hari yang di jelasakan secara langsung dan di berikan contohnya juga.


Oleh karena itu di harapkan kepada siswa agar tidak mencemari lingkunagan dan juga harus bisa untuk tidak boros dalam menggunakaan air tesebut agar tidak menyebabkan penyakit karena dengan kita bisa melakukan hal tersebut maka tikan akan terjadinya terjadinya penyakit tersebut sepetri proses pencernaa dan lain sebagainya.


Post a Comment for "Contoh Pembelajaran Yang Menekankan Pada Kesadaran Siswa SD Terhadap Bencana Perubahan Iklim Berkurangnya Kuantitas Air Bersih"