Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Peranan Indonesia pada Era Globalisasi



Peranan Indonesia pada Era Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Globe menggambarkan bola dunia dalam ukuran kecil. Semua bangsa yang ada di bumi ini merupakan warga dunia. Dengan kemajuan teknologi, semua warga dunia saling berhubungan menjadi bagian yang tidak terpisahkan.


Istilah globalisasi berkaitan erat dengan globe. Istilah globalisasi muncul bersamaan dengan berkembangnya teknologi yang semakin modern. Berkat kemajuan teknologi, batas antarnegara sudah tidak terasa lagi. Kini, kita bisa menggunakan teknologi komunikasi modern. Jarak tidak lagi menjadi hambatan untuk berkomunikasi. Selain komunikasi, dengan adanya globalisasi, perdagangan antarnegara juga akan berjalan dengan lebih mudah berkat teknologi transportasi yang semakin modern.

 

Perubahan Perilaku Masyarakat

Globalisasi telah membawa perubahan perilaku masyarakat, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial, maupun budaya. Perubahan perilaku akibat globalisasi tidak hanya trejadi pada masyarakat kota, tetapi jugamasyarakat pedesaan.

Pengaruh globalisasi dapat berdampak positif atau juga negatif. Kita harus pandai memilah-milah pengaruh dari arus globalisasi ini. Segala sesuatu yang baik kita ambil, sementara segala sesuatu yang buruk kita tinggalkan.

 

Gaya hidup

Arus globalisasi berpengaruh pada gaya hidup masyarakat. Kita menyaksikan dalam kehidupan seharti-hari terdapat perubahan gaya hidup masyarakat setelah terkena globalisasi. Perubahan itu bisa positif, bisa juga negatif. Contoh perubahan positif yaitu sudah banyak masyarakat menggunakan setiap kesempatan untuk membaca, sedangkan perubahan negatif ialah banyak anak muda yang jarang menyapa orang yang lebih tua ketika bertemu.

 

Makanan

Makanan pokok bagi orang Indonesia pada umumnya adalah nasi. Dulu, apabila kita berkesempatan makan di restoran, baisanya yang tersaji adalah makanan-makanan menu Indonesia. Tapi kini dalam era globalisasi, kita dapat dengan mudah menemukan menu makanan-makanan khas dari engara lain, seperti pizza dari Italia.

 

Pakaian

Arus globalisasi juga berpengaruh pada jenis dan model pakaian. Dengan adanya globalisasi, pakaian dengan mode yang sama dapat dipakai oleh banyak orang di seluruh dunia. Penggunaan pakaian karena arus globalisasi juga terkadang berdampak buruk sebab banyak anak muda yang mengikuti cara berpakaian orang barat yang terbuka. Pengaruh yang tdiak baik tersebut tidak boleh kita tiru, sebab kita memiliki budaya timur yang sangat meperhatikan penampilan berpakaian.

 

Komunikasi

Dahulu kala, orang-orang yang berjauhan berkomunikasi menggunakan surat. Namun, sekarang teknologi komunikasi berkembang sangat pesat. Tidak hanya suara saja, tetapi juga dapat berkomunikasi dengan melihat wajah atau muka walaupun jarak yang jauh.

Transportasi

Jarak yang jauh, saat ini tidak lagi menjadi kendala. Bahkan transportasi online di Indonesia turut mewarnai pesatnya teknologi transportasi yang semakin canggih.

Nilai-nilai tradisi

Nilai atau norma merupakan aturan tidak tertulis, tetapi berlaku di masyarakat dan dihormati anggota mayarakat. Dalam era globalisasi ini, segala nilai atau tradisi dari berbagai daerah telah bercampur.


Ada kalanya nilai dan tradisi asli digantikan dengan nilai dan tradisi luar. Namun, etrdapat sisi baik dan sisi buruk.Penting bagi kita untuk menyarignya. Artinya yang baik kita ambil, yang buruk kita buang jauh-jauh.

 


Post a Comment for "Peranan Indonesia pada Era Globalisasi"