Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Media Pembelajaran Lengkap


Media adalah suatu alat yang digunakan guru atau pendidik untuk memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan si belajar dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Media pembelajaran diposisikan sebagai alat yang digunakan untuk menyampaikan materi agar dapat lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dengan baik. 
1.      Jenis-Jenis Media Pembelajaran
Dalam perkembangannya media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut, media pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam empat kelompok, yaitu:
a)      Teknologi cetak, adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui proses pencetakan.
b)  Teknologi audio-visual, adalah cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual.
c)      Teknologi berbasis komputer, merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikroprosesor.
d)  Teknologi gabungan, adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh komputer
Menurut Sanjaya (dalam Sundayana, 2015, hlm. 13-14) dilihat berdasarkan sifatnya media pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
a)      Media auditif, yaitu media yang hanya dapat didengar saja, atau media yang hanya memiliki unsur suara, seperti radio dan rekaman suara.
b)      Media visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur suara. Jenis media yang tergolong ke dalam media visual adalah film slide, foto, transparansi, lukisan, gambar, dan berbagai bentuk bahan yang dicetak seperti media grafis dan lainnya.
c)      Media audio-visual, yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang bisa dilihat, misalnya rekaman video, film, slide suara, dan lain sebagainya.
2.  Fungsi Media Pembelajaran
Penggunaan media pembelajaran sangat berfungsi bagi pengajar dan siswa di dalam proses pembelajaran. Adapun fungsi pembelajaran bagi pengajar menurut Sundayana (2015, hlm. 10) yaitu:
a)      Memberikan pedoman, arah untuk mencapai tujuan.
b)      Menjelaskan struktur dan urutan pengajaran secara baik.
c)      Memberikan kerangka sistematis mengajar secara baik.
d)      Memudahkan kendali pengajaran terhadap materi pelajaran.
e)      Membantu kecermatan, ketelitian dalam penyajian materi pelajaran.
f)       Membangkitkan rasa percaya diri seorang pengajar.
g)      Meningkatkan kualitas pelajaran.
Selain itu fungsi media pembelajaran bagi siswa
a)      Meningkatkan motivasi belajar pembelajar.
b)      Memberikan dan meningkatkan variasi belajar pembelajar.
c)      Memberikan struktur materi pelajaran dan memudahkan pembelajar untuk belajar.
d)      Memberikan inti informasi, pokok-pokok secara sistematik sehingga memudahkan pembelajar untuk belajar.
e)      Merangsang pembelajar untuk berfokus dan beranalisis.
f)       Menciptakan kondisi dan situasi belajar tanpa tekanan.
g)      Pembelajar dapat memahami materi pelajaran dengan sistematis yang disajikan pengajar lewat media pembelajaran.
3.      Kriteria Media Pembelajaran
Sebelum kegiatan pembelajaran seorang guru harus memperhatikan kriteria dalam pemilihan media. Kriteria utama dalam pemilihan media yaitu tentunya harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Kriteria lain yang harus diperhatikan dalam pemilihan media diantaranya Dukungan terhadap isi bahan pelajaran, Kemudahan dalam memperoleh media yang akan digunakan, Keterampilan guru dalam menggunakannya, Tersedia waktu untuk menggunakannya, Sesuai dengan taraf berpikir siswa.
4.      Manfaat Media Pembelajaran
Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran merupakan komponen yang sangat penting, hal ini karena media mampu membantu menyampaikan informasi kepada siswa sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Manfaat praktis dari penggunaan media pembelajaran di dalam proses belajar  mengajar sebagai berikut:
a) Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
b)  Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
c)      Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu.
d)   Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat, dan lingkungannya.

Post a Comment for "Media Pembelajaran Lengkap"