Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendidikan dalam Al-Qur'an


Al Quran merupakan pedoman bagi umat islam, diturunkan oleh Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW. Selain itu, Al Quran juga merupakan petunjuk dan penjelas tentang permasalahan di dunia ini termasuk tentang pendidikan. Lalu seperti apa pendidikan dalam Al Quran? Pendidikan dalam Al Quran diantaranya terdapat pada QS. Al-Mā’ūn dan  Qs. al-Jumu’ah.
QS. Al-Mā’ūn memiliki kandungan (makna) tentang nilai-nilai pendidikan. Di antara kandungan yang terdapat di dalamnya adalah ajaran bahwa umat manusia agar senantiasa peduli kepada anak-anak yatīm dan fakīr miskin, tidak bersikap riyā’, orang kaya yang bersikap kikir, tidak mau membantu orang miskin dan tidak mau mengeluarkan zakāt. Oleh karena itu, ayat tersebut sangat penting dan perlu digali lebih dalam untuk dijadikan sebuah rujukan dan pedoman bagi umat muslim dalam pembelajaran, karena dalam Al-Qur`ān tepatnya dalam QS. al-Mā’ūn itu mengandung muatan pendidikan. (Pendidikan et al. 2016).
Selain QS. Al-Mā’ūn adapun nilai-nilai pendidikan yang terkandung pada Qs. al-Jumu’ah ayat 1-5 berdasarkan penafsiran yang dijelaskan oleh beberapa mufasir diantaranya adalah nilai-nilai pendidikan tauhid yaitu untuk beriman kepada Allah, kitab dan rasulNya; nilai-nilai pendidikan ibadah yaitu untuk senantiasa berdzikir kepada Allah; dan nilai-nilai pendidikan akhlak yaitu untuk senantiasa meneladani sifat dan sikap baik Nabi Muhammad seperti ikhlas, jujur, adil, berusaha keras, tawakal. (Ah, Serta, and Terhadap 2016).
Nilai-nilai pendidikan dari kedua surat tersebut bisa di implikasikan dalam pembelajaran PAI di sekolah, sehingga menjadikan peserta didik berahklak mulia sesuai dengan tujuan islam, dan tidak keluar dari segi pendidikannya seperti  terdiri dari pendidikan tauhid, pendidikan ibadah, dan pendidikan akhlak, kriteria pendidik yang meneladani Rasulullah sebagai pendidik dengan kemampuan yang sempurna dari segi afektif, kognitif maupun psikomotornya.

Daftar Pustaka
Ah, Jumu, Ayat Serta, and Implikasinya Terhadap. 2016. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM QS . AL-.” 3: 1–5. http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/view/4517/3142.