Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penggunaan Objek Langsung untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis di Sekolah Dasar

         Pendidikan di jenjang  Sekolah Dasar ikut  menentukan dalam keberhasilan pendidikan nasional.Oleh karena itu penyempurnaan dan peningkatan mutu  di Sekolah Dasar harus diupayakan,termasuk penyempurnaaan pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran yang harus berkembang secara efektif untuk menunjang tujuan pendidikan.
            Pembelajaran Bahasa Indonesia diberikan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.Kemampuan yang diharapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu menguasai  keterampilan berbahasa.Keterampilan berbahasa yang dimaksud meliputi empat keterampilan yaitu menyimak,berbicara,membaca,dan menulis.keempat keterampilan tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain,karena adanya keterkaitan satu sama lainnya.
      Salah satu keterampilan yang sering ditemukannya kendala dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu menulis.Salah faktor kurangnya penguasaan keterampilan menulis yaitu metode pembelajarannya yang kurang menarik dan kurang tepat sehingga peserta didik merasakan kejenuhan dalam proses pembelajaran.
            Dengan model pembelajaran objek langsung memungkinkan terciptanya suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa karena objek yang menjadi sumber belajar menggunakan ling kungan sekitar yang langsung dapat dilihat dan dijumpai oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari sehingga sangat membantu proses belajar siswa. Pembelajaran objek langsung merupa- kan salah satu teknik pembelajaran yang menciptaan keaktifan siswa dalam belajar melalui kompetensi yang telah dimilikinya degan pembelajaran yang dikaitkan pada dunia nyata, agar pembelajaran menjadi lebih bermakna dan tepat guna.(Tasikmalaya, District, and Regency 2006)
            Benda-benda nyata yang sering dijumpai anak dalam kehidupannya sehari-hari sebagai alat bantu pelajaran. Dengan tujuan agar pemahaman atau pengetahuan dapat dibangun melalui penemuan sendiri, yang akan melekat dalam ingatannya. Pada pembelajaran objek langsung bisa dikembangkan dengan teknik pembelajaran menulis dari gambar atau menulis objek langsung dan atau perbandingan objek langsung. Teknik menulis dari gambar atau menulis objek langsung bertujuan agar siswa dapat menulis dengan cepat berdasarkan gambar yang dilihat.(Tasikmalaya et al. 2006)
            Guru harus bisa mengembang metode yang menarik supaya terciptanya pembelajaran yang efektip dan sesuai tujuan.Terutama dalam mengajarkan keterampilan menulis yang dituntut bisa menulis sesuai ejaan Bahasa Indonesia. Dengan model pembelajaran objek langsung memungkinkan terciptanya suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa karena objek yang menjadi sumber belajar menggunakan ling kungan sekitar yang langsung dapat dilihat dan dijumpai oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari sehingga sangat membantu proses belajar siswa.

Daftar Pustaka

Tasikmalaya, U. P. I.Kampus, Jagabaya Panawangan District, and Ciamis Regency. 2006. “USE DIRECT OBJECT TO INCREASE CAPACITY Write Essays DESCRIPTION IN PRIMARY.” 103–14.

Post a Comment for "Penggunaan Objek Langsung untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis di Sekolah Dasar"