Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Inilah Saya bagi keluarga dan kontribusi yang telah, sedang dan akan Saya berikan untuk Indonesia


Inilah Saya bagi keluarga dan kontribusi yang telah, sedang dan akan Saya berikan untuk Indonesia

(Irfan Malik Abdurrohman)


Sejak kecil saya ingin menjadi seorang pahlawan atau super hero yang bisa berubah dan  menggunakan pakaian dan jubah super heronya. Namun hal tersebut merupakan suatu khayalan yang fantasi dan tidak mungkin bisa terjadi di dunia nyata. Tetapi tidak mengapa hal tersebut menjadi sesuatu yang mejadi dasar untuk saya berpikir dan merenung sampai saat ini bagaimana menjadi sosok seperti itu di dalam dunia nyata. Waktu berlalu begitu cepat dan saya sekarang sedang menemukan jati diri, akan menjadi apa saya di masa depan? Terbesit dalam pikiran saya ketika ingin masuk perguruan tinggi. Ketika itu saya berpikir saya ingin menjadi seperti apa? Berpikir dan terus berpikir akhirnya saya ingin masuk perguruan tinggi negeri Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, saya kuliah di sini karena keinginan saya dan kedua orang tua saya yang terus mendukung saya untuk kuliah dan ingin menjadi sosok yang sholeh, sukses dan dapat mengadi kepada Negeri tercinta ini yakni Neagara Kesatuan Republik Indonesia.

Menjadi sosok seorang guru merupakan sosok yang luar biasa bagi saya, bagaimana tidak Guru merupakan suatu pekerjaan yang mulia, menajarkan seseorang dari yang tidak bisa menjadi bisa, menjadi sosok atau panutan yang baik di masyarakat dan guru merupakan seseorang yang bisa menciptakan berbagai ptofesi dari mulai dokter, insyinyur dan yang lainnya tanpa jasa dari seorang guru maka hal tersebut tidak mungkin dapat terjadi. Guru bertugas untuk mencerdaskan kehidupan putra-putri penerus bangsa. Bagaimana Tidak guru dalam setiap harinya mengabdikan diri untuk negara, mereka tidak mengenal kata lelah untuk mendidik siswanya yang nantinya menjadi harapan mereka ingin anak didik nya menjadi sukses dan dapat bermanfaat dikehidupannya baik di dalam hal agama maupun dunianya. Salah satu peran guru sebagai pendidik merupakan suatu peran untuk memberikan dorongan dan bantuan, melakukan pengawasan dan pembinaan yang berkaitan dengan aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyakarat.

Ketika perkuliahan Dosen Pembimbing saya selalu mengatakan jadilah guru yang profesional, yang menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila, dijunjung tinggi masyarakat. Tidak hanya itu beliau berkata menjadi seorang guru harus menerapkan falsafah pendidikan yang dicetus oleh tokoh pendidikan yaitu Ki Hadjar Dewantara yang berbunyi Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Ing Ngarso Sung Tulodo yang berarti seorang guru ketika didepan harus memberikan tauladan kepada siswa-siswanya. Ing Madyo Mangun Karso yang berarti seorang guru ketika berada di tengah membangkitkan atau menggugah yang berbentuk kemauan atau niat siswa-siswanya agar ketika proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat mendapatkan hasil yang baik. Tut Wuri Handayani yang berarti seorang guru ketika berada dibelakang memberikan dorongan moral dan semangat kerja, sehingga dengan dorongan moral ini dapat menumbuhkan motivasi dan semangat dalam diri siswa.

Negara maju tidak lepas dari dunia pendidikan. Semakin tinggi kualitas pendidikan maka semakin tinggi pula kualitas sumber daya manusia yang dapat memajukan negaranya. Disinilah peran seorang guru dibutuhkan karena tanpa tidak langsung guru juga sangat berpengaruh besar terhadapt kemajuan anak-anak bangsa.

Hal tersebut merupakan suatu keinginan saya menjadi sosok seorang super hero atau pahlawan di masa kini. Saya ingin mengahrumkan Negeri ini dengan pengabdian saya menjadi seorang guru yang ingin mencerdasakan penerus bangsa dan dapat mewujudkan generasi emas tahun 2020. Juga dapat menciptakan generasi 2045 yang dapat memimpin Negara Indonesia ini. Generasi yang mampu membawa reformasi dan menjadikan Negeri yang makmur dan maju. Generasi perubahan yang mampu menjadikan bangsa Indonesia yang lebih bersinar di mancanegara. Maka dari itu setiap generasi ke generasi harus dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk menyongsong Indonesia yang akan datang.

Dan Pada akhirnya saya ingin mengabdi untuk negeri, menjadi salah satu motor penggerak bangsa ini, menjadi pencipta generasi cerdas generasi penerus bangsa. Itulah keinginan dan harapan besar saya menjadi sosok super hero atau pahlawan saat ini.

Post a Comment for " Inilah Saya bagi keluarga dan kontribusi yang telah, sedang dan akan Saya berikan untuk Indonesia"