Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penulisan sesuai EYD Terbaru


Penulisan sesuai EYD
Menulis berarti menuangkan isi hati si penulis ke dalam bentuk tulisan, sehingga maksud hati penulis bisa diketahui banyak orang orang melalui tulisan yang dituliskan. Menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki dalam berbahasa Indonesia selain dari keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca khususnya di Sekolah Dasar (SD).(Baca, Dan, and Baca 2016). Namun dalam menulis sesuatu harus tetap memperhatikan tanda baca sesuai dengan EDY yang benar.

Disadari atau tidak, penggunaan tanda baca sering sekali tidak tepat dalam penggunaannya. Disamping itu pemahaman yang belum mendalam tentang tanda baca, sehingga masyarakat/pelajar sering kali tidak memperhatikan apakah tanda baca sesuai aturan atau tidak, yang terpenting adalah tujuan dan maksud mereka tersampaikan. Selain itu ketidak pahaman penggunaan tanda baca, menyebabkan banyak tulisan-tulisan di spanduk, papan nama, selembaran, dan mading tidak sesuai dengan tanda baca yang benar. Banyak ditemui kata yang tidak baku dan juga ditemukan kesalahan dalam penulisan tanda baca yang tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Hal itulah yang menyebabkan dalam sebuah tulisan kerap tidak sesuai dengan EYD ataupun bahasa baku.

Suatu tulisan atau teks dialog tidak akan bermakna dan bisa juga mengandung arti ganda jika tidak dibarengi dengan penggunaan ejaan yang baik dan benar sesuai dengan kaidah EYD dalam bahasa Indonesia. Di sekolah dasar yang menjadi salah satu hal yang harus dikuasai siswa dalam penggunaan EYD adalah penggunaaan tanda baca.(Baca et al. 2016). Nah, jadi sudah jelas bahwasanya tanda baca itu sangat penting untuk diperhatikan dalam penulisan sesuai dengan aturan yang benar.

DAFTAR PUSTAKA

Baca, Tanda, Tanya Dan, and Tanda Baca. 2016. “Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Tanya Dan Tanda Baca Titik Pada Teks Dialog Siswa.” 168–75.


Post a Comment for "Penulisan sesuai EYD Terbaru"