Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penjelasan Hubungan Antara Model, Strategi, Metode dan Teknik dalam Pembelajaran


 

TUGAS 1 MEMBUAT RESUME DARI POWER POINT

Munculnya model model pembelajaran

Setelah mengkaji materi tentang pemahaman umum model pembelajaran, dapat saya simpulkan bahwa model pembelajaran di lingkungan pendidikan baik di jenjang SD, SMP ataupun SMA bermula dari hadirnya peserta didik yang sedang melaksanakan proses pembelajaran baik bersifat formal ataupun nonformal yang menyatu dalam satu lingkungan belajar dengan kecerdasan atau kemampuan berpikir yang berbeda beda antara peserta didik satu dengan yang lainnya, sehingga dari sanalah mulai adanya beragam model model pembelajaran yang di lakukan kemudian di kembangkan oleh pengajar. Selain itu juga faktor penting munculnya model pembelajaran dapat di lihat dari proses pembelajaran yang setidaknya memberikan efek positif maupun pengaruh kepada peserta didik sehingga dalam pembelajaran perlu menyenangkan bagi peserta didik, memberikan tantangan, menginspirasi, interaktif, memotivasi peserta didik dan memberikan celah kepada peserta didik untuk mandiri.


Bisa kita bayangkan, jika selama proses pembelajaran di lingkungan sekolah dari Sabang sampai Merauke hanya menggunakan satu model pembelajaran, menurut saya hal itu akan menyebabkan turunnya motivasi belajar pada peserta didik, karena model pembelajaran sangat penting  bagi guru yang berfungsi sebagai pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Alasan lain munculnya model  model pembelajaran yaitu menyesuaikan dengan keadaan lingkungan belajar, karakter peserta didik dan kemampuan guru. Jika selama proses pembelajaran mulai dari terbentuknya kurikulum tahun 1947 sampai dengan kurikulum 2013 pembelajaran hanya berfokus pada guru atau student center yang akan terjadi adalah proses pembelajaran monoton dan peserta didik kurang berminat untuk mengikuti proses belajar mengajar, sehingga tujuan pembelajaran yang di harapkan tidak tercapai. Karena selama ini adanya perkembangan atau perubahan kurikulum dan hadirnya model model pembelajaran salahsatunya adanya tuntutan zaman dan kemajuan IPTEK.


Contoh dan penjelasan dari masing masing model pembelajaran yang di ungkap di Power Point

a.      Kelompok Model Yang Memperoleh Informasi

Model pembelajaran memperoleh informasi berlandaskan pada teori belajar kognisi dimana berorientasi pada kemampuan peserta didik memproses informasi dan sistem sistem yang dapat memperbaiki kemampuannya. Dalam model pembelajaran ini dimensi pengetahaun siswa lebih di kembangkan mulai dari bagaimana cara cara atau menerima informasi, menemukan konsep konsep dan dapat memecahkan masalah. Intinya pada model ini menitikberatkan pada cara cara memperkuat dorongan dalam diri untuk memahami dunia dengan cara menggali sampai menemukan solusi dari masalah yang di hadapi.

 

TUGAS 2 CONTOH UNTUK MENJELASKAN ANTARA MODEL, STRATEGI, METODE DAN TEKNIK DALAM PMEBELAJARAN IPA

Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambarkan dari awal sampai akhir pembelajaran yang disusun oleh seorang pendidik.


Metode pembelajaran diartikan sebagai sebuah cara yang dipergunakan dalam pengimplementasian rencana yang telah disusun dalam suatu kegiatan nyata untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Strategi pembelajaran adalah cara-cara tertentu yang digunakan secara prosedural dan sistematis dalam suatu aktivitas pembelajaran, dalam rangka meningkatkan kualitas hasil dan proses belajar.

Sedangkan teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode.


Dapat juga dikatakan bahawa apabila antara pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.


Contoh peneranpannya dalam pembelajaran IPA ialah misalnya tentang perubahan wujud benda. Model yang dapat digunakan dapat menggunakan model kontekstual yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa. Dan juga mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Sedangkan Metode yang digunakan adalah metode eksperimen yang dapat membuat siswa melakukan suatu percobaan dan dapat menghubungkannya dengan kejadian yang terjadi di sekitar, misalnya perubahan wujud benda padat ke cair dengan menggunakan lilin yang di panaskan. Srategi yang dapat dilakukan oleh seorang pendidik ialah dengan menggunakan Contextual teaching and learning (CTL) yang nantinya siswa dapat mengaitkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan kehidupa sehari-hari nya dengan melakukan suatu percobaan dalam pembelajaran dan juga memberikan pengalaman bermakna kepada siswa (learning by doing). Teknik yang digunakan guru dengan cara diskusi, tanya jawab. Sehingga dari semua itu tercipta suatu pembelajaran yang efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.


Post a Comment for "Penjelasan Hubungan Antara Model, Strategi, Metode dan Teknik dalam Pembelajaran"