Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sikap Positif dan Negatif Pengaruh Globalisasi di Indonsia

 


Sikap Positif dan Negatif Pengaruh Globalisasi di Indonsia

Bangsa Indonesia harus bersyukur memiliki negeri yang luas, budaya yang beragam, dan sumber daya alam yang melimpah. Bukan hanya kaya dengan sumber daya alam yang melimpah, Indonesia juga memiliki jumlah penduduk yang besar.

 

Sumber daya alam, keragaman budaya, dan jumlah penduduk yang besar merupakan potensi alam yang memiliki peranan penting di era globalisasi. Jika setiap potensi yang kita miliki dapat dikelola secara baik, maka akan mendatangkan manfaat bagi bangsa Indonesia dan bagi seluruh masyarakatnya, bahkan masyarakat dunia. Dengan adanya sumber daya alam di Indonesia yang berlimpah, Indonesia dapat mengekspor berbagai kelebihan tersebut kepada negara-negara di dunia yang membutuhkan.

 

Sikap terhadap pengaruh positif globalisasi

Agar pengaruh globalisasi tidak merusak kehidupan masyarakat maka kita harus mengetahui misi positifnya sehingga kita dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh sikap yang dapat kita lakukan adalah:


·   Memanfaatkan keunggulan alat komunikasi dengan sebaik – baiknya sesuai dengan fungsi dan kebutuhan .

·     Memanfaatkan keunggulan alat teknologi komputer dan lain sebagainya demi kemajuan masa depan dan tidak menyalahgunakannya.

·  Dalam melihat acara televisi harus dapat memilih mana yang baik dan mendukung proses pembelajaran diri.

 

Sikap terhadap pengaruh negatif globalisasi

Pengaruh negatif globalisasi globalisasi dapat mempengaruhi tingkah laku kita dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu kita harus dapat menentukan sikap dalam menghadapi globalisasi, khususnya dari pengaruh negatif. Beberapa contoh sikap untuk menghadapi pengaruh negatif dari globalisasi misalnya:


·         Memperkuat keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa .

·         Belajar tekun agar menjadi manusia yang berguna dan dapat membedakan perilaku yang benar dan salah.

·         Memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

·         Menggunakan produk dalam negeri.

·         Mempertimbangkan setiap perbuatan agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

·         Menggunakan waktu dengan kegiatan – kegiatan yang bermanfaat.

 Demikan sikap dalam menyikapi pengaruh globalisasi di Indonesia, semoga bermanfaat. Mari cinta Indonesia, Cintai Tanah Air.