Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka TK, SD, SMP dan SMA Lengkap Terbaru 2023-2024

 


Download Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka TK, SD, SMP dan SMA Lengkap Terbaru 2023-2024


Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

 

Pengertian Modul Ajar

Modul ajar adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). 

Modul ajar serupa dengan RPP ataulesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas. Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus.

Modul ajar dapat membantu guru dalam: 

1.     Memandu guru melaksanakan pembelajaran;

2.     Mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran; 

3.     Menjadi rujukan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran; 

4.     Menjadi kerangka kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran sesuai capaian pembelajaran.

5.     Mendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan pada suatu mata pelajaran.

 

 Acuan Modul Ajar

Capaian Pembelajaran pada fase yang sesuai, yang dijabarkan dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

 

Pengertian Bahan Ajar

Bahan ajar merupakan materi pembelajaran untuk membahas satu pokok bahasan, dapat berupa cetak (artikel, komik, infografis) maupun noncetak (audio dan video). Bahan ajar diharapkan dapat membantu pemahaman yang lebih komprehensif untuk suatu topik bahasan pada suatu mata pelajaran.

Dalam Platform Merdeka Mengajar, Bahan Ajar juga dapat dikatakan sebagai material pendukung dari Modul Ajar yang didasarkan pada capaian dan tujuan pembelajaran spesifik.

Jenis bahan ajar bisa berupa:

1.     Referensi materi:Perangkat yang dirancang untuk membantu dalam penjelasan materi atau topik secara spesifik.

2.     Latihan/asesmen:Perangkat yang dirancang untuk membantu asesmen siswa, baik asesmen diagnostik, formatif, maupun sumatif. 

3.     Instrumen Refleksi: Alat bantu untuk refleksi guru dan siswa setelah pembelajaran.

 

Acuan Bahan Ajar

Tujuan Pembelajaran.

 

Contoh bahan ajar:

Buku Murid

Buku Guru

Video

 

Pengertian Modul Projek

Dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Modul projek bertujuan untuk menguatkan karakterProfil Pelajar Pancasilamelalui tema-tema strategis bersifatlintas disiplin, yang ditentukan oleh Kemendikbudristek.

 

Untuk lebih memahami apa itu modul projek, Anda bisa mempelajarinya melalui tombol Pelajari Modul Projek pada setiap halaman detail modul projek seperti pada gambar di bawah ini.

 

Acuan Modul Projek

Profil Pelajar Pancasila(dimensi, elemen, dan sub-elemen)

 

Contoh modul projek: 

Modul Projek Fase C - Bhinneka Tunggal Ika

Modul Projek Fase A - Kewirausahaan

Modul Projek Fase D - Kearifan Lokal


Untuk file Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk TK, SD, SMP, SMA Tahun 2023-2024 silahkan teman-teman KLIK DISINI