Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Manfaat Asuransi

 


Keuntungan dan Manfaat Asuransi


Bencana dan kecelakaan terjadi pada saat yang paling tidak terduga – dan bagi orang-orang yang kekurangan keuangan untuk melindungi dari kejadian tak terduga ini, asuransi dapat memainkan peran penting dalam melindungi aset yang mereka perjuangkan dengan susah payah dan orang yang paling mereka sayangi.


Tetapi asuransi hadir dalam berbagai bentuk, dan kunci untuk menemukan polis yang sesuai dengan kebutuhan seseorang adalah dengan memahami jenis dan tingkat pertanggungan yang diberikan masing-masing asuransi. Dalam artikel ini, Bisnis Asuransi menjelaskan segala sesuatu yang perlu diketahui tentang instrumen keuangan penting ini, sehingga pelanggan dan calon klien Anda dapat dipersenjatai dengan pengetahuan yang tepat untuk memilih pertanggungan terbaik.


Ini adalah bagian dari rangkaian edukasi klien kami, dan kami mendorong agen dan broker asuransi untuk membagikan artikel ini kepada pelanggan untuk membantu mereka menavigasi alat keuangan yang penting ini.


Apa itu asuransi?

Asuransi berfungsi sebagai bantalan keuangan jika terjadi sesuatu yang buruk pada orang yang diasuransikan – juga disebut sebagai pemegang polis – dan aset mereka.


Merriam-Webster mendefinisikan asuransi sebagai suatu bentuk “perlindungan melalui kontrak di mana satu pihak berjanji untuk mengganti rugi atau menjamin pihak lain terhadap kerugian akibat kontinjensi atau bahaya tertentu.”


Dalam istilah awam, asuransi adalah kontrak tertulis antara seseorang dengan perusahaan asuransi yang membebankan tanggung jawab untuk membayar kerugian yang ditanggung tertanggung kepada penanggung. Hal ini mengingat bahwa insiden tersebut ditentukan sebagai acara tertutup dan pemegang polis memenuhi pembayaran rutin.


Jika terjadi kebakaran yang menghancurkan sebuah rumah, misalnya, asuransi rumah akan menanggung biaya perbaikan dan pembangunan kembali properti tersebut. Sementara itu, jika seseorang menyebabkan kecelakaan kendaraan, asuransi mobil dapat membayar tagihan medis dan kerusakan properti pihak ketiga akibat tabrakan tersebut. Jika pemegang polis meninggal dunia, orang yang mereka cintai dapat menerima keuntungan finansial melalui rencana asuransi jiwa mereka.


Tapi yang paradoks tentang asuransi adalah bahwa orang membayar untuk sesuatu yang mereka harap tidak akan pernah mereka gunakan. Melewatkan liputan, bagaimanapun, berisiko menempatkan mereka dan keluarga mereka dalam kesulitan keuangan yang parah jika terjadi peristiwa yang tidak menguntungkan.




Bagaimana cara kerja asuransi?

Cara kerja asuransi sangat bervariasi, tergantung pada polis dan penyedia asuransi. Terlepas dari itu, semua polis hadir dengan empat komponen utama yang perlu diperhatikan oleh pemegang polis untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan pertanggungan yang tepat. Ini adalah:


Premi: Berapa banyak yang harus mereka bayar untuk pertanggungan.

Jangka waktu polis: Berapa lama polis berlaku.

Batas polis: Jumlah maksimum yang akan dibayarkan polis untuk risiko yang ditanggung.

Deductible: Jumlah yang harus dibayarkan oleh pemegang polis sebelum polis dimulai.

Apa itu premi asuransi dan bagaimana cara menghitungnya?

Saat membeli polis asuransi, langkah pertama yang perlu dilakukan seseorang adalah mendaftar dan mendapatkan persetujuan. Sebagai bagian dari proses ini, perusahaan asuransi mengevaluasi seberapa besar risiko yang mereka timbulkan – artinya kemungkinan mereka akan mengajukan klaim. Dari sini, penyedia asuransi menghitung berapa banyak pemegang polis harus membayar pertanggungan. Jumlah ini disebut premi.


Beberapa faktor berperan saat menentukan premi:


Tarif asuransi mobil, misalnya, memperhitungkan faktor usia, jenis kelamin, dan riwayat mengemudi pengendara, antara lain.

Premi asuransi rumah dapat dipengaruhi oleh kejadian terkait cuaca dan iklim di suatu area seperti kebakaran hutan, angin topan, gempa bumi, dan banjir.

Biaya asuransi jiwa bisa naik atau turun, tergantung pada riwayat kesehatan atau status merokok seseorang.

Setelah disetujui, pemegang polis perlu melakukan pembayaran secara teratur. Penanggung sering memberi opsi kepada tertanggung untuk membayar secara bulanan, triwulanan, setengah tahunan, atau tahunan. Sangat penting bahwa mereka memenuhi pembayaran premi reguler karena kegagalan untuk melakukannya dapat mempengaruhi kelayakan mereka datang waktu perpanjangan atau bahkan membatalkan pertanggungan mereka.


Baca selengkapnya: Premi asuransi: Apa itu dan bagaimana cara kerjanya?


Apa itu istilah kebijakan?

Setelah polis aktif, polis tersebut akan tetap berlaku untuk jangka waktu tertentu, yang disebut jangka waktu polis. Di akhir masa jabatan, pemegang polis biasanya memiliki dua pilihan:


Memperbarui polis dengan penyedia asuransi mereka saat ini

Beli yang baru dari perusahaan asuransi lain

Banyak pemegang polis juga menggunakan opsi kedua untuk mendapatkan tarif yang lebih murah, tetapi itu bukan satu-satunya cara untuk menghemat premi asuransi mobil, di antara jenis asuransi lainnya.


Jika mereka mengalami kejadian yang ditanggung selama masa polis, mereka perlu mengajukan klaim untuk memberi tahu perusahaan asuransi tentang apa yang terjadi dan memberikan dokumentasi sebagai bukti.