Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

QRIS : METODE PEMBAYARAN CEPAT, MUDAH, DAN KEKINIAN

 


QRIS : METODE PEMBAYARAN CEPAT, MUDAH, DAN KEKINIAN

 

APA ITU QRIS?

Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) merupakan strandar kode QR nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia, yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi System Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019. QRIS adalah sebuah metode pembayaran baru untuk dompet digital yang kini marak hadir.  Saat ini, untuk bertransaksi sesuatu sudah semakin mudah. Sistem pembayaran pun sudah semakin maju. Tak hanya dapat menggunakan uang tunai dan kartu debit/kredit, pembayaran memakai QRIS telah menjadi salah satu pilihan yang marak digunakan. Fungsi dari QR Code ini amatlah banyak, mulai dari memberikan informasi produk, mengarahkan pengguna ke URL atau aplikasi tertentu, dan masih banyak lagi.

QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS.

Program QRIS dibuat untuk tujuan kepraktisan dalam transaksi pembayaran. Seperti yang telah di ketahui, di Indonesia sendiri ada banyak sekali dompet digital. Contohnya adalah Dana, OVO, LinkAja, Gopay, dan masih banyak lagi. Jika masing-masing dompet digital memiliki QR Code berbeda, tentu akan sangat merepotkan para pedagang maupun pembeli. Oleh sebab itu, QRIS diciptakan dan bisa dipindai dengan mudah melalui semua dompet digital resmi di Indonesia.

Merchant hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari BI​. Selanjutnya, merchant sudah dapat menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR dari aplikasi manapun penyelenggaranya. Saya sebagai Pengguna QRIS cukup scan QR yang ada di marchent. Hal itu memudahkan transaksi di era modern ini dengan cepat tanpa harus mengenakan uang cash.

 

5 MANFAAT QRIS UNTUK SAYA SEBAGAI CUSTOMER

Saya merasakan berbagai manfaat dari penggunaan Pembayaran menggunakan QRIS ini yaitu :

1.     Tidak perlu repot membawa uang tunai

QRIS sangat memberikan kemudahan, terutama untuk mereka yang menyukai transaksi cashless. Customer tidak perlu membawa uang tunai kemana-mana. Pasalnya, saldo di e-wallet atau rekening bank akan otomatis terpotong jika melakukan pembayaran menggunakan QRIS.

2. Pembayaran bisa dilakukan dengan cepat, mudah dan kekinian karena hanya perlu scan QR

Pembayaran dengan QRIS cukup mudah yaitu dengan meng scan QR yang ada di Toko dan otomatis pembayaran dan transaksi jual beli sudah selesai dengan mudahnya. Hal itu membuat QRIS sebagai metode pembaran yang cepat dan mudah yang pastinya aman karena di awasi oleh Bank Indonesia (BI).

3. Bisa mendapatkan banyak promosi menarik

Salah satu hal yang paling disukai oleh customer adalah promosi, entah itu berupa diskon maupun cashback. Kalau menyukai dua hal tersebut, gunakanlah e-wallet dan lakukan pembayaran memakai QRIS ketika berbelanja.

4. Banyak alternatif pembayaran

Alternative pembayaran untuk transaksi cashless. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, QRIS ini bisa discan dan dibayar menggunakan berbagai aplikasi e-wallet. Jadi, bisa melakukan pembayaran menggunakan aplikasi m-banking atau e-wallet apa pun. Pilih saja aplikasi yang sedang mengadakan event promosi.

5. Transaksi akan terlindungi, karena semua PJSP penyelenggara QRIS sudah pasti memiliki izin dan diawasi oleh BI.

Pembayaran dengan menggunakan QRIS aman dan terlindungi karena semua PJSP penyelenggara QRIS sudah pasti memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia (BI), hal ini membuat Pedagang atau bisnis lainnya aman dalam melakukan transaksi. Apalagi saya sebagai pengguna, tentunya puas dengan pelayanan yang diberikan QRIS.

 

PENGALAMAN MENGGUNAKAN QRIS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Saya menggunakan Pembayaran dengan menggunakan QRIS sejak tahun 2019. Pada awalnya saya takut menggunakn pemabayaran dengan QRIS karena berhubungan dengan uang. Saya terlebih dahulu membaca artikel tentang QRIS dan menonton Video-video penggunaan QRIS. Akhirnya saya tergiur dengan pemabayaran menggunakan QRIS, seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman, saya memutuskan untuk menggunakan QRIS sebagai pembayaran utama daya dalam melaksanakan transaksi jual beli jika toko menyediakan dengan fasilitas QRIS.

Menurut saya Pembayaran dengan QRIS cukup mudah, saya tidak repot membawa dompet, uang, atm dan sejenisnya. Saya tinggal menggunakan smarthphone dengan cara scan and pay (Scan dan Bayar). Transakasi sudah dilakukan Cepat dan Kekinian bagi saya kaum muda simple and Fast. Dengan QRIS saya tidak perlu pusing memikirkan QR siapa yang terpasang.

Berikut pengalaman pribadi saya pertama kali menggunakan QRIS disebuah toko. Suatu hari saya pergi ke toko yang menyediakan pembayaran dengan menggunakan QRIS. Saya mengetahui toko tersebut sudah menggunakan fasilitas QRIS dengan meilhat aplikasi DANA. Karena saya memiliki saldo yang cukup di dompet digital DANA, maka saya putuskan untuk belanja beberapa barang kebutuhan di toko tersebut. Untuk antisipasi, saya juga membawa uang cash karena takut apabila ternyata pembayaran menggunakan QRIS error atau tidak bisa dilakukan di toko tersebut. Sesampai di toko tersebut, saya melihat bahwa ada kertas yang berisi gambar Barcode di dekat kasir berlogo QRIS.

Hal tersebut membuat saya semakin yakin kalau pembayaran menggunakan QRIS bisa dilakukan di toko tersebut. Setelah saya membeli beberapa barang yang saya butuhkan, selanjutnya saya menuju kasir untuk melakukan pembayaran. Saya bertanya kepada kasir, apakah menerima pembayaran dengan QRIS? Kasir tersebut menjawab bisa kak, silahkan di scan QR di sini nantinya kak.

Setelah kasir menghitung barang dan total biaya belanja saya, selanjutnya saya disuruh scan QR yang berada di dekat kasir. Awalnya HP saya sulit mendeteksi gambar QR tersebut, akan tetapi setelah kasir memposisikan kertas yang ada gambar QR nya dengan benar, akhirnya muncul halaman pembayaran. Selanjutnya saya isikan jumlah uang yang akan saya bayarkan, kemudian saya selesaikan pembayaran. Setelah selesai, saya tunjukkan lagi bukti pembayaran QRIS melalui aplikasi dompet digital DANA. Kasir tersebut menganggukkan kepala (pertanda transaksi sudah selesai), kemudian saya pulang. Kata saya dalam hati begitu mudahnya pembayaran dengan QRIS, kita tidak perlu membawa dompet berisi uang cukup scan dan bayar semuanya lancar dengan QRIS.

Saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik di bank dan non bank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat. Tapi hal itu membuat saya nyaman dalam penggunaan QRIS sebagai pembayaran utama saya.

 

Referensi :

Bank Indonesia. QR Code Indonesian Standard (QRIS)​​. Tersedia di : https://www.bi.go.id/QRIS/default.aspx. Diakses pada [9 Januari 2023]

Hubster. Apa itu QRIS: Pengertian, Manfaat dan Kegunaan. Tersedia di : https://www.hubster.co.id/blog/apa-itu-qris. Diakses pada [9 Januari 2023]

 


Posting Komentar untuk "QRIS : METODE PEMBAYARAN CEPAT, MUDAH, DAN KEKINIAN"