Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Filsafat Pancasila



Filsafat Pancasila

Sastrapratedja menegaskan bahwa fungsi utama Pancasila menjadi dasar negara dan dapat disebut dasar filsafat adalah dasar filsafat hidup kenegaraan atau ideologi negara. Pancasila adalah dasar politik yang mengatur dan mengarahkan segala kegiatan yang berkaitan dengan hidup kenegaraan, seperti perundangundangan, pemerintahan, perekonomian nasional, hidup berbangsa, hubungan warga negara dengan negara, dan hubungan antarsesama warga negara, serta usahausaha untuk menciptakan kesejateraan bersama.

 

Oleh karena itu, Pancasila harus menjadi operasional dalam penentuan kebijakan-kebijakan dalam bidang-bidang tersebut dan dalam memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi bangsa dan negara (Sastrapratedja, 2001 : 1 ).

 

Menjadi Falsafah Hidup Bangsa karena Pancasila memiliki fungsi kesatuan bangsa. Hal ini dikarenakan pandangan bahwa Pancasila mengandung nilai kepribadian yang paling tepat dan sesuai dengan bangsa Indonesia.Pancasila juga dianggap sebagai nilai yang paling bijaksana, paling adil, dan paling tepat untuk menyatukan seluruh rakyat Indonesia.

 

Filsafat Pancasila juga memiliki fungsi dan peran sebagai pedoman dan pegangan sikap, tingkah laku serta perbuatan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk bangsa Indonesia. Pendapat dari ahli, cukup banyak tapi saya saya paprkan 2 saja, yaitu :

 

1.      IR. Soekarno Menurut beliau, filsafat Pancasila merupakan filsafat asli dari Indonesia yang diambil dari budaya dan tradisi Indonesia dan akulturasi budaya India (Hindu-Budha), Barat (Kristen), dan Arab (Islam).

2.     Soeharto Menurut beliau, Filsafat Pancasila mulai mengalami perubahan, melalui para filsuf yang lahir dari Depdikbud. Semua elemen Barat disingkirkan dan diganti dengan interpretasi dalam budaya Indonesia (Pancasila truly Indonesia).

 

Fungsi filsafat pancasila

· Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

· Sebagai Sumber dari Semua Sumber Hukum Indonesia

· Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

· Menjadi Falsafah Hidup Bangsa

· Sebagai Dasar Negara

 

Peran Pancasila Dalam Pendidikan

1.      Pengajaran akan adanya Tuhan, letak pencerminan nilai atau peran pendidikannya terdapat dalam perilaku/tingkah laku. Perilaku yang baik juga terbentuk jika kita memiliki pemahaman yang baik akan ketuhanan YME sebagaimana ada di dalam sila pertama.

2.      Mengajarkan cara mendidik sesuai dengan keadilan dan adab yang baik

3.     Persatuan, karena Indonesia sendiri terdiri dari beragam bangsa dan suku maka pancasila adalah salah satu pedoman wajib dalam wawasan pendidikan yang akan mengajarkan tentang persatuan sebagaimana yang dituangkan pada sila ketiga. Inilah yang di ajarkan dalam tuangan isi sila ketiga yaitu persatuan Indonesia.

4.      Ajaran untuk bermusyawarah, sesuai dengan sila ke 4 maka pendidikan yang didasarkan atas sila ke 4 akan mengajarkan untuk menghargai dan melakukan musyawarah dalam memecahkan segala permasalahan dan kasus pelik yang di hadapi oleh bangsa Indonesia.

5.      Mengajarkan keadilan, tidak ada yang boleh membeda bedakan status dalam pendidikan di Indonesia. Ini adalah cangkupan dari isi sila ke lima yang ada di Negara kita.


Posting Komentar untuk "Filsafat Pancasila"