Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kinerja Mengajar Guru



Kinerja Mengajar Guru

Kinerja dapat didefinisikan sebagai tingkat pencapaian seseorang secara keseluruhan selama periode tertentu (Moeheriono, 2009). Kinerja merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan pekerjaan tertentu, dinilai berdasarkan standar yang telah ditetapkan (Khan, Shah, & M, 2012). Menurut Obilade kinerja guru dapat digambarkan sebagai tugas yang dilakukan oleh seorang guru pada periode tertentu dalam sistem sekolah untuk mencapai tujuan organisasi (Adeyemi, 2011).

 

Lebih lanjut Imam Wahyudi (2012) menjelaskan : “Kinerja guru adalah hasil kerja nyata secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya yang meliputi menyusun program pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran”. Standar kinerja guru berhubungan dengan kualitas guru dalam menjalankan tugasnya (Rusman, 2010). Tugas guru dalam peningkatan prestasi belajar siswa ialah bagaimana proses belajar mengajar di kelas berjalan secara optimal dan siswa dapat memahami materi yang disampaikan. Mengajar suatu hal yang terjadinya proses interaksi guru dan siswa di kelas.

 

Mengajar semakin digunakan untuk membuat penilaian tentang kualitas pengajaran, peningkatan karir, dan pendanaan mengajar itu sendiri (Kuzmanovic, Savic, Gausavace, Nikolic, & Panic, 2012). Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa kinerja guru adalah kemampuan seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan kepadanya pada periode tertentu dalam sistem sekolah untuk mencapai tujuan organisasi.

 

Berkaitan dengan pengertian mengajar guru, Hasibuan (2001) mengatakan bahwa mengajar adalah suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan anak, sehingga terjadi proses belajar. Mengajar Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 2, No. 2, Juli 2017 Copyright © 2017, EISSN 2656-4734 160 didefinisikan sebagai suatu situasi atau keadaan dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa (Thomas & Sarah, 2008). Mengajar adalah membimbing bagaimana siswa belajar (Gimbert, Bol, & Wallace, 2007). Mengajar berarti mengatur dan menciptakan kondisi yang ada di lingkungan anak didik sehinga dapat dapat melakukan kegiatan belajar.

Dari beberapa definisi mengenai mengajar maka dapat disimpulkan bahwa mengajar adalah segala upaya guru yang disengaja dalam rangka memberikan kemungkinan bagi siswa untuk terjadinya proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan. Kinerja mengajar guru adalah penampilan kerja guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam memberikan bimbingan belajar yang berisi pengetahuan dan keterampilan yang akan mengarah pada peningkatan prestasi peserta didik (Rodriguez, Capelleras, & Garcia, 2014).


 

Kinerja mengajar guru yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan seorang guru dalam melakukan tugasnya yaitu menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan. Kinerja mengajar guru dapat diukur menggunakan 10 indikator (Wahyudi, 2012), yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun bahan pembelajaran, merencanakan penggunaan metode pembelajaran, merencanakan penggunaan alat dan sumber yang akan dipakai dalam pembelajaran, merencanakan penilaian hasil pembelajaran, keterampilan membuka pembelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan menutup pembelajaran, menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau hasil belajar siswa, dan melakukan tindakan lanjut hasil belajar siswa.

 


Posting Komentar untuk "Kinerja Mengajar Guru"