Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Media Pembelajaran Adobe Captivate

 


Adobe Captivate

Adobe captivate adalah aplikasi atau software e-learning untuk microsoft Windows yang diciptakan oleh Adobe System Incorporated yang dapat digunakan untuk mengembangan media pemebelajaran berbasis multimedia interaktif. Adobe captivate dapat digunakan untuk demonstrasi, simulasi, dan kuis dalam format swf. Melalui aplikasi ini pengguna dapat  menambah, memodifikasi keterangan teks, memberi audio (voice-over, background music, dan sound efect), gambar, animasi, video, dan hyperlink kedalam produk yang dibuat.

 

Menurut Sofyan (2016, hlm. 19)  kelebihaan penggunaan Adobe Captivate ini adalah ukuran file yang kecil serta resolusi yang tinggi, sehingga memungkinkan produk yang dihasilkan dapat dipublikasikan secara online maupun disimpan kedalam compact disc (CD) untuk kepentingan pembelajaran.

 

Sedangkan menurut Yulianti (2019, hlm. 22) menuturkan beberapa kelebihan dari Adobe Captivate dibandingkan dengan beberapa aplikasi lain, diantaranya :

1)     kemampuan membuat evaluasi dalam bentuk soal adalah salah satu kemampuan yang dimiliki oleh Adobe Captivate

2)     Adobe Captivate juga dapat mengacak soal dalam suatu evaluasi dan menampilkannya dalam bentuk tes. Hasilnya butir setiap soal pada tes akan berbeda bagi setiap siswa. Tahapan yang dilakukanguru adalah memasukan soal berdasarkan standar kompetensi ke dalam software Adobe Captivate kemudian komputer akan mengacaknya dan menjadi soal evaluasi yang bervariasi bagi setiap siswa. Hal ini dapat dilakukan secara offline pada prangkat komputer yang tidak terhubung dengan internet atau secara online yang dilakukan serentak melalui internet.

3)     kelebihan lain pada program Adobe Captivate adalah terintegrasinya penyajian materi dengan evaluasi dalam satu media e-learning.

 

Adobe Captivate adalah alat pembuatan eLearning yang sangat bagus untuk membuat hampir semua jenis kursus, meskipun dengan tingkat pengetahuan teknis yang moderat. Anda memiliki pilihan untuk membuat kursus yang mencakup satu atau lebih grafik, slide, dan multimedia. Kursus yang dirancang dengan Adobe Captivate responsif untuk seluler,tetapi Anda perlu mengonfigurasi dengan ” fluid boxes ” agar bisa digunakan pada seluler Anda, sehingga Anda dapat mengubah tampilan dan konten pada berbagai jenis perangkat. Meskipun Adobe Captivate memiliki basis fungsionalitas yang besar, ia juga memiliki kurva pembelajaran yang curam. Dari ketiga platform tersebut, Adobe Captivate adalah yang paling rumit dan membosankan untuk digunakan, karena interaksi terbatas, ketinggalan zaman, dan bermasalah. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari program ini, lebih cocok digunakan untuk perusahaan yang memiliki tim Pembelajaran dan Pengembangan (L&D). Merekalah yang akan tahu cara memanfaatkan rangkaian fitur lengkap Captivate.

Captivate memungkinkan Anda memilih antara langganan bulanan dan lisensi seumur hidup:

 

Langganan bulanan: $ 33,99 / bulan

Lisensi Perpetual: $ 1.299.