Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Keterampilan Dasar Mengajar Lengkap

 


Keterampilan Dasar Mengajar

Mengajar merupakan suatu aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri dari guru dan siswa dalam melakukan suatu kegiatan untuk menyampaikan pesan. Sejalan dengan hal tersebut, menurut Darmadi (2009, hlm.42) menyatakan bahwa:

 

Mengajar merupakan suatu sistem yang komplek dan integrative dari sejumlah keterampilan untuk menyampaikan pesan terhadap seseorang, mengajar diketahui sistem yang komplek karena itu dalam mengajar pendidik harus dapat menciptakan situasi lingkungan belajar yang memungkinkan anak aktif dalam belajar.

 

Mengajar tidak hanya sekedar memberi informasi secara lisan, tetapi dalam mengajar guru harus dapat menciptakan situasi lingkungan belajar yang memungkinkan siswa untuk aktif. Dengan demikian, dalam mengajar guru dipersyaratkan untuk menguasai keterampilan dasar mengajar.

 

Keterampilan dasar mengajar merupakan suatu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat menjalankan tugas mengajar secara efektif dan profesional. Menurut Suprayekti (2003, hlm.10) “keterampilan dasar mengajar menunjukkan bagaimana guru memperlihatkan perilakunya selama interaksi belajar mengajar berlangsung”. Lebih lanjut Menurut Halimah (2017, hlm.97) mengemukakan bahwa “keterampilan mengajar yang sifatnya sangat mendasar meliputi delapan keterampilan”. Adapun kedelapan keterampilan tersebut meliputi:

 

1.    Keterampilan bertanya

2.    Keterampilan memberi penguatan

3.    Keterampilan mengadakan variasi

4.    Keterampilan menjelaskan

5.    Keterampilan membuka dan menutup pelajaran

6.    Keterampilan memimpin diskusi kelompk kecil

7.    Keterampilan mengelola kelas

8.    Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan

 

Keterampilan dasar mengajar sangat penting dikuasai oleh seorang guru agar dapat menciptakan situasi lingkungan belajar yang memungkinkan peserta didik untuk aktif. Selain itu, suasana belajar yang baik sangat menunjang efektifitas pencapaian tujuan pembelajaran, sehingga guru harus terampil dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Dengan demikian, salah satu keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai oleh guru adalah keterampilan dalam mengelola kelas.


Posting Komentar untuk "Keterampilan Dasar Mengajar Lengkap"