Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kriteria Penilaian (Rubrik)

 


Kriteria Penilaian (Rubrik)

Menurut Basuki dan Hariyanto (2015, hlm. 88) “rubrik adalah suatu skala pemberian nilai yang terdiri dari serangkaian kriteria prestasi dan paparan tentang tataran prestasi di dalam pengerjaan tugas-tugas tertentu”. Rrubrik terdiri atas dua jenis, yaitu rubrik holistik (holistic rubrik) dan rubrik analitik (analytic rubrik). “Rubrik holistik menilai kinerja secara umum. Sedangkan rubrik analitik menilai kinerja secara rinci” (Wulan, 2018, hlm. 43)

 

Sedangkan menurut Sani (2016, hlm. 37) megembangkan rubrik sebagai pedoman penskoran. Pedoman penskoran ini perlu memiliki descriptor yang menunjukan tingkat kinerja dari masing-masing tingkatan unjuk kerja. Rubrik yang digunakan dapat berupa rubrik analitik, rubrik holistic atau rubrik perkembangan untuk menilai pemenuhan kriteria tersebut. Rubrik analitik memisalkan setiap elemen kriteria, yang mana setiap kriteria dinilai satu persatu. Cara mengembangkan rubrik analitik adalah sebagai berikut.

 

1)   Menganilis kriteria, terkait dengan apa yang diharapkan dari peserta didik, yakni: keterampilan apa yang harus didemonstrasikan oleh peseta didik.

2)   Tentukan jumlah tingkatan yang akan digunakan, peringkat dapat terkait dengan frekuensi, kepuasan, tingkat kinerja dan sebagainya.

3)   Buatlah deskripsi untuk setiap peringkat yang terkait dengan krteria yang telah ditetapkan. Mualailah membuat deskripsi untuk peringkat paling tinggi, kemudian deskripsikan untuk peringkat paling rendah. Selanjutnya buatlah deskripsi diantara peringkat tertinggi dan terendah dengan cara mengurangi komponen kriteria yang harus dipenuhi dari kriteria tertinggi.

 

Jika menerapkan rubrik holistik, maka penilaian dilakuakan dengan memperhatikan pemenuhan semua komponen kriteria yang telah ditetapkan. Jenis rubrik yang juga dapat digunakan adalah rubrik perkembangan (development rubric). Rubrik perkembangan digunakan untuk menilai perkembangan peserta didik dalam mencapai suatu kompetensi tertentu

 

Posting Komentar untuk " Kriteria Penilaian (Rubrik)"