Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Identifikasi Ragam Bahasa

 


Identifikasi Ragam Bahasa

 

Berikut ini adalah contoh identifikasi ragam Bahasa dalam penggunaan Bahasa dalam sebuah pembhasan di Live Instagram.

 

Deskripsi Tugas :

Identifikasilah penggunaan bahasa pada IG Live semutmerahkaizen dan sastrawan Leila S Chudori berdasarkan teori ragam bahasa.

 

Jawaban :

Setelah kami menonton Ig Live semutmerahkaizen dan sastrawan Leila S Chudori, dapat diidentifikasi bahwa pada Ig live ini termasuk ke dalam ragam bahasa lisan, karena pada Ig Live ini diungkapkan melalui media lisan.

 

Adapun ciri-ciri ragam bahasa lisan yang ada pada live Ig semutmerahkaizen dan sastrawan Leila S Chudori :

1.      Kejelasan maksud yang dibantu oleh adanya intonasi kalimat, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh.

Pada Ig Live semutmerahkaizen dan sastrawan Leila S Chudori terdapat kejelasan maksud yang dibantu oleh adanya intonasi kalimat, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh, karena di dalamnya terdapat semutmerahkaizen dan sastrawan Leila S Chudori yang sedang menceritakan novel Laut Bercerita : Menyisipkan Fakta Sejarah ke dalam Cerita Fiksi.

2.      Kalimat cenderung kurang berstruktur

Kalimat yang diucapkan pada live Ig pun cenderung kurang berstruktur atau pun kurang lengakap, karena terkadang juga tidak memuat subjek, predikat, maupun objek.

3.      Pola kalimat terkadang kurang lengkap

Terdapat pola kalimat yang terkadang kurang lengkap, seperti dalam sapaam hallo kak, apakabar, dan selamat malam.


4.      Bila ada kesalahan diperbaiki secara langsung oleh pembicara (penutur)

Bila ada suatu kesalahan diperbaiki secara langsung oleh pembicara, seperti pada saat mengatakan mohon maaf sepertinya ada misinformasi sedikit.

5.      Memerlukan orang kedua/lawan bicara

Pada suatu ragam lisan menghendaki adanya orang kedua atau lawan bicara. Pada Ig live semutmerahkaizen dan sastrawan Leila S Chudori terdapat dua orang yang saling bicara atau berinteraksi, hal ini membuktikan bahwa live Ig ini merupakan bagian dari ragam bahasa lisan

6.      Tergantung situasi, kondisi, ruang, dan waktu

Pada Ig live semutmerahkaizen dan sastrawan Leila S Chudori, bahasa yang digunakannya cenderung menyesuaikan pada situasi, kondisi, ruang dan waktunya.