Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pembelajaran Menulis di Kelas Tinggi

 


Pembelajaran Menulis di Kelas Tinggi

Pembelajaran dengan proses menulis siswa dapat membangun pengetahuannya mengenai proses menulis. Siswa akan mengalami sendiri tahap demi tahap menulis, sehingga siswa akan lebih memahami proses menulis dan mengembangkan keterampilan menulis.

 

Resmini (2010, hlm. 204) pembelajaran menulis di kelas tinggi dapat dilakukan melalui beberapa teknik, yaitu sebagai berikut:

1.     Kegiatan menulis berdasarkan rangsangan visual, berdasarkan rangsangan visual kegiatan menulis dapat dilakukan dengan cara menyajikan gambar atau film, siswa diminta untuk membuat karangan berdasarkan gambar atau film tesebut.

2.     Kegiatan menulis berdasarkan rangsangan suara, kegiatan menulis dilaksanakan dengan menyajikan suara (baik berbentuk rekaman atau secara langsung) berbentuk dialog, ceramah, diskusi dan tanya jawab, siswa diminta untuk membuat karangan berdasarkan yang sudah didengarkan.

3.     Kegiatan menulis dengan rangsangan buku, kegiatan menulis dilakukan dengan menyajikan teks bacaan, siswa diminta untuk membaca teks tersebut, lalu ditugaskan untuk membuat rangkuman, sinopsis, resensi bahkan membuat kritik dari teks yang dibaca.

 

4.     Kegiatan menulis laporan, kegiatan menulis laporan ini dilakukan dengan cara meminta siswa membuat laporan kegiatan yang pernah siswa lakukan.

5.     Kegiatan menulis surat, kegiatan menulis dilakukan dengan menginteruksikan siswa untuk membuat surat resmi maupun surat tidak resmi.

6.     Menulis berdasarkan tema tertentu, kegiatan menulis dengan menyajikan tema, siswa diminta untuk membuat suatu karangan berdasarkan tema.

7.     Menulis karangan bebas, kegiatan menulis ini dilaksanakan dengan meminta siswa membuat karangan dengan tema atau topik yang siswa tentukan sendiri (bebas).


Posting Komentar untuk "Pembelajaran Menulis di Kelas Tinggi"