Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Subtema Manusia dan Lingkungan Kelas V Tematik

 


Materi Subtema Manusia dan Lingkungan

Salah satu tema yang terdapat pada kelas V Sekolah Dasar berdasarkan kurikulum 2013 adalah Lingkungan Sahabat Kita Tema ini terdiri dari empat subtema. Salah satunya yaitu subtema Manusia dan Lingkungan yang peneliti pilih sebagai materi yang akan dikembangkan dalam multimedia interaktif.

 

Dalam subtema Manusia dan Lingkungan terdapat 5 mata pelajaran yakni: Bahasa Indonesia, PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), dan SBdP (Seni budaya dan Prakarya).

 

Dalam pengembangan  ini, peneliti membatasi menjadi satu pelajaran. Adapun mata pelajaran yang diintegrasikan antara lain Bahasa Indonesia, PPKn, dan IPS. Berdasarkan kurukulum 2013, pembelajaran tematik Subtema Manusia dan Lingkungan di sekolah dasar dilaksanakan di kelas V (Lima). Pembelajaran ini dalam KI dan KD sebagai berikut :

 

Dari ketiga KD tersebut, kita dapat memperoleh informasi bahwa guru dapat melaksanakan pembelajaran subtema Manusia dan Lingkungan dalam pelaksanaan pembelajaran Tematik. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran ini dilaksanakan dengan menggunakan media sederhana berupa multimedia interaktif.