Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Aplikasi Pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif : Adobe Captivate

 

 

Aplikasi Pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif

Pembuatan Multimedia Interaktif memerlukan beberapa aplikasi untuk membantu dalam kegiatan merancang multimedia yang diinginkan. Adapun beberapa aplikasi yang biasa  digunakan, di antaranya Adobe Captivate, Adobe Flash, Macromedia Flash MX, Macromedia Flash 8 dan lain sebagainya. Dalam pengembangan ini, peneliti akan membuat multimedia interaktif dengan menggunakan aplikasi Adobe captivate.

 

Pengertian Aplikasi Adobe Captivate

Adobe captivate adalah alat pembelajaran elektronik untuk Microsoft Windows, dan dari v.5 Mac OS X yang dapat digunakan untuk software demonstrasi simulasi, skenario bercabang, dan kuis acak dalam format swf.

Oliver W. Jones mengemukakan bahwa “Adobe Captive is a multimedia application for capturing screens, creating software simulations and creating complex software demonstrations. Animations created with captivate can be embedded and distributed in PDF files or viewed as a streaming video on the Internet.”

 

Adobe Captivate adalah suatu aplikasi multimedia untuk menangkap layar, menciptakan simulasi perangkat lunak dan demonstrasi perangkat lunak menciptakan yang kompleks. Animasi yang diciptakan dengan mengesankan dapat ditempelkan dan dibagi-bagikan di file PDF atau dipandang sebagai video streaming di Internet.

Adobe captivate menghasilkan konten yang interaktif dan compatible dengan flash media serta mudah didistribusikan dan diakses secara online. Selain itu, pembelajaran lebih menarik dan jelas tujuannya, karena adobe captivate membantu dalam pembuatan slide, outline, animasi dll. Adapun Captivate dapat digunakan untuk banyak sekali tujuan, seperti demonstrasi produk, bimbingan, kuis, penilaian, pelatihan, dan bahkan slide show sederhana.


Fungsi Adobe Captivate

Adobe Captivate memungkinkan kita untuk menambah, memodifikasi keterangan teks, memberi audio (voice-overs, background music dan sound effects), video, animasi Flash, animasi text, gambar, hyperlink, ke dalam project yang telah dibuat.

 

Adapun keunggulan utama yang membedakan Adobe Captivate dengan aplikasi multimedia lainnya sebagaimana menurut Sulianta (2013, hlm. 3), yaitu:

1.      Cepat, dalam membuat aplikasi eLearning interaktif, contoh: tersedia

ragam theme siap pakai tanpa harus merancang aplikasi dari awal, bahkan dapat menggunakan konten Power Point yang dimiliki yang dikemas ulang menjadi aplikasi pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Captivate.

2.      Tangguh. Adobe Captivate canggih dengan kemampuan perekaman dengan fasilitas screen capturing, smart full motion recording, skalabilitas bidang rekam, dan sebagainya.

3.      Mudah, dalam eLearning interaktif: Adobe Captivate menyediakan

                  beragam fitur grafis yang mudah digunakan dalam merangkai aplikasi

pembelajaran, misalnya fasilitas screen capture, akses fitur secara drag and

drop.

4.      Memiliki beragam fitur multimedia. Menyediakan tool untuk membangun

konten mutimedia, seperti video, audio, teks, warna, gradasi warna, bentuk objek, efek gerak objek, dan efek animasi.

5.      Dukungan kolaborasi: dukungan komunitas para pengguna Adobe

Captivate, koneksi media sosial dengan pelajar (learner), akses langsung pada sumberdaya Adobe, review file SWF secara realtime, kemampuan hosting, dan kolaborasi via adobe.com

6.      Menyediakan portabilitas akses: aplikasi yang dibuat pada Adobe

      Captivate dapat ditranslasikan pada beragam media.

7.      Berbagai fitur terotomatisasi, misalnya upload konten terotomasisasi ke

      Youtube.com.

 

Dari uraian di atas dapat kita pahami bahwa Adobe Captivate  memiliki banyak fungsi. Hasil dari aplikasi ini juga lebih dimengerti. Selain video tutorial, kita juga bisa mengadakan latihan dan memberikan skor pada latihan. Adobe Captivate juga  dapat merekam aktivitas pada layar computer yang sedang dijalankan, tinggal menambahkan beberapa interaksi e-Learning serta menyisipkan berkas-berkas multimedia sehingga terciptalah suatu dokumen presentasi yang menarik. Kelengkapan fitur multimedia yang beragam membantu pengguna untuk dapat menghasilkan karya yang sesuai dengan keinginan.


Posting Komentar untuk "Aplikasi Pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif : Adobe Captivate"