Aplikasi Pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif : Adobe Captivate
Aplikasi Pembuatan
Multimedia Pembelajaran Interaktif
Pembuatan
Multimedia Interaktif memerlukan beberapa aplikasi untuk membantu dalam
kegiatan merancang multimedia yang diinginkan. Adapun beberapa aplikasi yang
biasa digunakan, di antaranya Adobe Captivate, Adobe Flash, Macromedia
Flash MX, Macromedia Flash 8 dan lain sebagainya. Dalam pengembangan ini,
peneliti akan membuat multimedia interaktif dengan menggunakan aplikasi Adobe captivate.
Pengertian Aplikasi Adobe Captivate
Adobe captivate adalah alat pembelajaran elektronik untuk
Microsoft Windows, dan dari v.5 Mac OS X yang dapat digunakan untuk software demonstrasi simulasi, skenario
bercabang, dan kuis acak dalam format swf.
Oliver W. Jones mengemukakan bahwa
“Adobe Captive is a multimedia
application for capturing screens, creating software simulations and creating
complex software demonstrations. Animations created with captivate can be
embedded and distributed in PDF files or viewed as a streaming video on the Internet.”
Adobe Captivate adalah suatu aplikasi
multimedia untuk menangkap layar, menciptakan simulasi perangkat lunak dan
demonstrasi perangkat lunak menciptakan yang kompleks. Animasi yang diciptakan
dengan mengesankan dapat ditempelkan dan dibagi-bagikan di file PDF atau
dipandang sebagai video streaming di
Internet.
Adobe captivate menghasilkan konten yang interaktif dan compatible dengan flash media serta
mudah didistribusikan dan diakses secara online. Selain itu, pembelajaran lebih
menarik dan jelas tujuannya, karena adobe captivate membantu dalam pembuatan
slide, outline, animasi dll. Adapun Captivate dapat digunakan untuk banyak sekali tujuan, seperti demonstrasi
produk, bimbingan, kuis, penilaian, pelatihan, dan bahkan slide show sederhana.
Fungsi Adobe Captivate
Adobe Captivate memungkinkan kita untuk
menambah, memodifikasi keterangan teks, memberi audio (voice-overs, background
music dan sound effects), video, animasi
Flash, animasi text, gambar, hyperlink,
ke dalam project yang telah dibuat.
Adapun keunggulan utama yang
membedakan Adobe Captivate dengan
aplikasi multimedia lainnya sebagaimana menurut Sulianta (2013, hlm. 3), yaitu:
1.
Cepat, dalam membuat
aplikasi eLearning interaktif, contoh: tersedia
ragam theme siap pakai tanpa harus merancang aplikasi dari awal,
bahkan dapat menggunakan konten Power Point yang dimiliki yang dikemas ulang
menjadi aplikasi pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Captivate.
2.
Tangguh. Adobe Captivate canggih dengan kemampuan
perekaman dengan fasilitas screen capturing, smart full motion recording,
skalabilitas bidang rekam, dan sebagainya.
3.
Mudah, dalam eLearning
interaktif: Adobe Captivate
menyediakan
beragam
fitur grafis yang mudah digunakan dalam merangkai aplikasi
pembelajaran, misalnya fasilitas screen capture, akses fitur
secara drag and
drop.
4.
Memiliki beragam fitur
multimedia. Menyediakan tool untuk membangun
konten mutimedia, seperti video,
audio, teks, warna, gradasi warna, bentuk objek, efek gerak objek, dan efek
animasi.
5. Dukungan kolaborasi: dukungan komunitas para pengguna Adobe
Captivate, koneksi media sosial
dengan pelajar (learner), akses langsung pada sumberdaya Adobe, review file SWF
secara realtime, kemampuan hosting, dan kolaborasi via adobe.com
6.
Menyediakan portabilitas
akses: aplikasi yang dibuat pada Adobe
Captivate dapat ditranslasikan pada beragam media.
7.
Berbagai fitur
terotomatisasi, misalnya upload konten terotomasisasi ke
Youtube.com.
Dari uraian di atas dapat kita pahami bahwa Adobe Captivate memiliki
banyak fungsi. Hasil dari
aplikasi ini juga lebih dimengerti. Selain video tutorial, kita juga bisa
mengadakan latihan dan memberikan skor pada latihan. Adobe
Captivate juga dapat merekam
aktivitas pada layar computer yang sedang dijalankan, tinggal menambahkan
beberapa interaksi e-Learning serta menyisipkan berkas-berkas multimedia
sehingga terciptalah suatu dokumen presentasi yang menarik. Kelengkapan
fitur multimedia yang beragam membantu pengguna untuk dapat menghasilkan karya
yang sesuai dengan keinginan.