Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pembelajaran Keliling Persegi dan Persegi Panjang di Sekolah Dasar Berbasis Permainan Tradisional Pecle

 


Pembelajaran Keliling Persegi dan Persegi Panjang di Sekolah Dasar Berbasis Permainan Tradisional Péclé

 

Pembelajaran tentang materi keliling persegi dan persegi panjang diajarkan di kelas IV sekolah dasar sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 materi tentang keliling persegi dan persegi panjang terdapat dalam kompetensi dasar 3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua dan 4.9 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua. Berdasarkan kompetensi dasar tersebut, peneliti bermaksud untuk membuat desain pembelajaran tentang keliling persegi dan persegi panjang berbasis permainan tradisional péclé. Adapun dalam pelaksanaannya peneliti memodifikasi desain permainan péclé serta cara bermainnya. Berikut desain permainan péclé yang peneliti modifikasi:

 

Sebelum melakukan permainan péclé, guru menyampaikan apersepsi kepada siswa mengenai permainan tradisional péclé, untuk memulai pembelajaran guru menggambarkan desain permainan péclé yang telah dimodifikasi di papan tulis. Guru mengelompokkan siswa menjadi enam kelompok (setiap kelompok terdiri dari 6 sampai dengan 7 orang) dan membagikan LAS yang harus diisi oleh kelompok. Guru bersama siswa mengamati langkah permainan péclé yang telah dimodifikasi tersebut pada LAS yaitu:

 

1.        Pemain urutan ke-1 dalam satu kelompok melemparkan gacu di petak I, petak yang berisi gacu tersebut tidak boleh diinjak oleh setiap pemain. Maka pemain harus melompati petak tersebut dengan satu kaki. Dalam pelemparan gacu dan melompat pun jangan sampai melebihi batasan petak yang disediakan. 

2.        Setiap pemain dalam satu kelompok harus mengukur ukuran sisi kemudian menghitung keliling salah satu petak péclé.

 

3.        Pemain dengan urutan ke-1 melemparkan gacu ke petak I. Melompat ke petak II (boleh menginjakkan kedua kaki) dan mengukur sisinya. Setelah itu, melanjutkan melompat ke petak selanjutnya sampai akhir. Begitupun aturan ini berlaku untuk pemain berikutnya. Pemain dengan urutan ke-2 melemparkan gacu ke petak II, melompat ke petak I, kemudian ke petak III (boleh menginjakkan kedua kaki) dan mengukur sisinya. Pemain dengan urutan ke-3 melemparkan gacu ke petak III, melompat ke petak I, petak II, kemudian ke petak IV (boleh menginjakkan kedua kaki) dan mengukur sisinya. Pemain dengan urutan ke-4 melemparkan gacu ke petak IV, melompat ke petak I, petak II, petak III, petak V, kemudian ke petak VI (boleh menginjakkan kedua kaki) dan mengukur sisinya. Pemain dengan urutan ke-5 melemparkan gacu ke petak VI, melompat ke petak I, petak II, petak III, petak IV serta V, kemudian ke petak VII (boleh menginjakkan kedua kaki) dan mengukur sisinya. Pemain dengan urutan ke-6 melemparkan gacu ke petak VII, melompat ke petak I, petak II, petak III, petak IV serta V, petak VI, petak VIII kemudian ke petak IX (boleh menginjakkan kedua kaki) dan mengukur sisinya.

4.        Setelah semua pemain 1-6 dari satu kelompok selesai melakukan permainan, dilanjutkan oleh kelompok berikutnya untuk melakukan permainan secara bergiliran dengan aturan yang sama.

 

5.        Setelah semua kelompok melakukan permainan dilanjutkan menghitung keliling petak péclé tersebut berdasarkan data hasil pengukuran ukuran sisi petak. Selanjutnya sebagai poin tambahan, satu orang siswa dalam kelompok harus melemparkan gacu dan menjawab pertanyaan tertentu yang telah disediakan oleh guru sesuai gacu yang mendarat di petak péclé.

 

Setelah semua kelompok menghitung keliling bangun datar persegi dan persegi panjang dari permainan péclé yang dimodifikasi tersebut. Selanjutnya siswa dibawah bimbingan guru mengisi lembar evaluasi individu sebagai pemantapan di akhir pembelajaran. Hal ini ditujukan supaya setiap siswa lebih paham mengenai konsep keliling persegi dan persegi panjang.

 


Post a Comment for "Pembelajaran Keliling Persegi dan Persegi Panjang di Sekolah Dasar Berbasis Permainan Tradisional Pecle"