Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Keterampilan Dasar Mengajar

 


Keterampilan Dasar Mengajar

Menurut Iriyani (2008, hlm. 4) “Prose pembelajaran menempatkan guru pada posisi yang sangat penting”. Dengan demikian, guru dalam mengajar dipersyaratkan untuk menguasai keterampilan dasar mengajar. Keterampilan dasar mengajar adalah kemampuan atau keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat melaksanakan tugas mengajarnya secara efektif, efisien, dan profesional. Hal ini sejalan dengan pendapat Tanjilurohmah (2009, hlm. 2) bahwa “Keterampilan dasar mengajar merupakan kemampuan pokok yang harus dikuasai oleh pengajar selain penguasaan materi dan penguasaan metodelogi. Suwarna (dalam Yuanita, 2013, hlm. 71) menyatakan bahwa:

 

Keterampilan dasar mengajar adalah kecakapan atau kemampuan pengajar dalam menjelaskan konsep terkait dengan materi pembelajaran berkenaan dengan sejumlah keterampilan atau kemauan yang bersifat mendasar dan harus dikuasai oleh seorang pengajar dalam melaksanakan tugas pembelajaran.

 

Dewi & Lio (2017, hlm. 2) menyatakan bahwa “Guru yang memiliki keterampilan dasar mengajar dapat mengemas proses pembelajaran dengan baik dan menarik sehingga dapat menumbuhkan kemauan siswa untuk belajar”. Usman (2005, hlm. 74) menyatakan bahwa:

 

Keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai calon guru dan guru meliputi keterampilan bertanya (questioning skills), keteranpilan memberi penguatan (reinforcement skills), keterampilan mengadakan variasi (variation skills), keterampilan menjelaskan (explaning skills), keterampilan memebuka dan menutup pelajaran (set induction and closure), keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan mengajar perorangan.

 

Berdasarkan pernyataan di atas, salah satu keterampilan dasar mengajar yang harus miliki oleh seorang guru agar dapat melaksanakan tugas mengajarnya secara efektif, efisien, dan professional adalah keterampilan mengadakan variasi.


Post a Comment for "Keterampilan Dasar Mengajar"