Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh RKT (Rencana Kerja Tahunan) Sekolah Tahun 2021

 


BAB I

PENDAHULUAN

 

A.     Latar Belakang

Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia diatur dengan Peraturan Pemerintah tentang Standar Nasional Pendidikan, atau dikenal dengan PP No. 19 Tahun 2005. Regulasi tersebut menegaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan harus memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah, komponen standar pendidikan yang diatur dalam peraturan pemerintah tersebut adalah, standar isi, standar kelulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar proses, standar penilaian, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar sarana prasarana. Yang terjadi di lapangan, belum seluruh sekolah dapat memenuhi standar nasional Pendidikan, hal ini dikarenakan setiap sekolah memiliki kondisi yang berbeda satu sama lainnya dalam berbagai standar. Seperti yang terjadi di UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong , komponen standar Nasional pendidikan belum terpenuhi, dikarenakan berbagai hal yang menghambat terpenuhinya Standar Nasional Pendidikan.

 

Berbagai standar yang belum terpenuhi secara maksimal di UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong  adalah sebagai berikut, proses pembelajaran belum sepenuhnya memenuhi  amanat standar proses, perencanaan pembelajaran belum begitu lengkap dan belum mencerminkan kegiatan pembelajaran yang inovatif, hal ini dikarenakan masih kurangnya pemahaman guru tentang penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, bahkan masih ada guru yang belum mampu menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai standar proses,  kegiatan pembelajaran masih bersipat konvensioanal  guru belum mampu menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan, penggunaan media pembelajaran masih sedikit.

 

Standar pengelolaan masih kurang, dikarenakan kepala sekolah selaku leader di sekolah belum memperoleh pengalaman tentang cara pengelolaan sekolah yang efektif, kepala sekolah belum mendapat pelatihan khusus tentang pengelolaan sekolah.Sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah belum lengkap, sekolah belum memiliki ruang laboratorium, gudang,  sarana olahraga sangat terbatas karena sekolah tidak memilki lahan untuk pengembangan di bidang olahraga.

Standar pendidik dan tenaga kependidikan belum terpenuhi maksimal sesuai ketentuan, sekolah belum memiliki tenaga TU, tenaga perpustakaan dan lainnya.

 

Pembiayaan sekolah bersumber dari  BOS pusat dan sumbangan orang tua siswa yang sipatnya insidentil dan tidak mengikat.Untuk memenuhi kebutuhan sesuai Standar Nasional Pendidikan kepala sekolah mencoba menyusun rencana kerja tahunan, agar standar nasional Pendidikan di UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong   secara bertahap dapat dipenuhi. Peningkatan kualitas sumber daya menusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut adalah pendidikan sehingga kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan termasuk peningkatan kualitas pendidikan di UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong  Kecamatan Langensari Kota Banjar

Sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan anaknya, sekolah ini memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasaran, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan sekolah, peran serta masyarakat dan kemitraan, dalam pendidikan, serta lain-lain. Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu kiranya dilakukan upaya penyusunan Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) agar sekolah memiliki rambu-rambu yang bisa dijadikan landasan dalam pengelolaan program, implementasi, memonitoring dan evaluasi yang baik, terstruktur dan terukur.

Pada Tahun Pelajaran 2020-2021 ini pelaksanaan pendidikan berbeda dengan sebelumnya karena saat iniberada dimasa marurat covid 19, kebijakan pemerintah melalui Permendikbud no 33 tahun 2019 tentang satuan pendidikan aman bencana dalamrangkapemenuhan hak peserta didik untukmendaptkan Layanan Pendidikan selama darurat penyebaran corona virus desease (Covid-19) melalui penyelenggaraan Belajar dari rumah sebagaimana surat ketentuan edaran no 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus desease (Covid-19), dengan ini kami sampaikan sebagai berikut :

1.      Belajar dirumah selama penyebaran corona virus desease (Covid-19) dengan memperhatikan protokol kesehatan yang merupakan penyebaran virus desease

2.      Belajar dirumah melaluipembelajaranid jarak jauh bisa dengan during atau luring

Melihat kondisi saat ini masa darurat covid 19 maka Rencana Kerja Tahunan UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong  tahun pelajaran 2020-2021 ini disusun bardasarkan :

1. Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan RAPBS tahun pelajaran 2019-2020

2. Pelaksanaan rencana program dan kegiatan RKS tahun 2019-2020

3. Disesuaikan dengan Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang Rencan Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS). Berkaitan dengan uraian di atas, maka RKTS ini memuat pendahuluan, profil, harapan program kerja tahunan sekolah, rencana anggaran sekolah, dan  penutup.

4. Himbauan pemerintah tentang protokolkesehatan

B.      Tujuan

Adapun tujuan dari penyusunan rencana kerja tahunan adalah sebagai berikut:

1.      Tujuan Umum

-      Memberikan gambaran tentang kegiatan kerja sekolah dalam rangka pemenuhan Standar Nasional Pendidikan

-      Memberikan gambaran tentang berbagai kegiatan sekolah dalam rangka peningkatan akses sekolah, dan peningkatan layanan pendidikan kepada masyarakat.

-      Memberikan gambaran tentang langkah – langkah yang dilakukan sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.

2.      Tujuan Khusus

-      Ingin memberikan penjelasan secara rinci tentang berbagai kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan selama tahun ajaran 2020-2021kepada masyarakat dan stakeholder pendidikan guna peningkatan layanan pendidikan yang akan dilaksanakan di SD 2 Bojongkantong.

C.      Sasaran

Penyusunan rencana kerja tahunan memiliki sasaran yang ingin dicapai yaitu:

-      Menginventarisir kegiatan sekolah baik yang bersipat akademik maupun non akademik, guna peningkatan kualitas layanan pendidikan yang diberikan sekolah kepada masyarakat.

-      Meningkatkan disiplin kerja pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong , sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan bersikap profesioanal sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan bersama.

-      Pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan guna peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan sekolah, sehingga akhirnya diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa baik segi akademik maupun non akademik.

-      Mengefektifkan pengelolaan sumber dana yang diperoleh sekolah sebesar- besarnya untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

-      Memfasilitasi protokolkesehatan sebagai upaya memutus mata rantaipenyebaran Corona Virus deaseas covid-19

 

D.     Hasil Yang Diharapkan

Adapun hasil yang diharapkan dari penyusunan rencana kerja tahunan ini adalah:

-    Tersosialisasinya rencana kerja tahunan sekolah secara baik dan merata kepada semua pemangku kepentingan pendidikan dalam rangka pemenuhan Standar Nasioanl Pendidikan

-    Tersusunnya berbagai kegiatan sekolah yang bersipat akademik maupun non akademik, terutama dalam rangka pemenuhan standar isi, proses, dan penilaian, sehingga akhirnya akan berpengaruh terhadap mutu pendidikan di UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong .

-    Seluruh warga sekolah terlindungi dari wabah darurat penyebaran corona virus deasease covid 19

 

E.      Manfaat

Manfaat dari penyusunan rencana kerja tahunan ini adalah:

-    Bagi Kepala Sekolah

Bagi kepala sekolah adanya Rencana kerja tahunan Sekolah merupakan acuan untuk menilai tingkat keberhasilan dalam mencapai visi dan misi sekolah, serta meningkatkan kemampuan  kompetensi kepala sekolah dalam bidang manajerial.

-    Bagi Guru dan Siswa

Bagi guru dan siswa adanya Rencana Kerja tahunan  Sekolah ini akan menjadi gambaran yang harus dicapai sehingga senantiasa akan memberikan warna sekaligus motivasi dalam proses penyelenggaraan pembelajaran di sekolah

-    Bagi Orang Tua Murid

Bagi orang tua siswa adanya Rencana Kerja Tahunan Sekolah akan memberi gambaran utuh tentang kondisi persekolahan sehingga dapat meningkatkan pelibatan dan peran serta masyarakat dalam rangka menuju Sekolah Berbasis Masyarakat.

-    Bagi Dinas Pendidikan

Bagi Dinas Pendidikan adanya penyusunan Rencana Kerja Tahunan  Sekolah akan memberikan gambaran tentang kinerja prestatif sekolah sehingga dapat dijadikan acuan dalam memberikan perlakuan di bidang pendidikan.

 

F. Landasan Hukum

1. Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 (pengelolaan dan pendidikan berdasar pada prinsip keadilan, efesiensi, transparansi dan akuntabilitas publik).

2.  Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana verja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa  4 tahun.

3   Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang St├índar Pengelolaan Pendidikan dinyatakan bahwa sekolah membuat (1) Rencana Kerja Jangka Menengah yang menggambarkan tujuan yang akan ingin dicapai Vdalam kurun waktu 4 tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan dan (2) Rencana Kerja Tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS) dilaksanakaan berdasarkan Rencana Kerja jangka menengah.

 

G. Proses Penyusunan RKTS

UPDATE RKAS

 

 

MONITORING I Pertengah Smt I

EVALUASI

MONITORING I Pertengah Smt 2

MONITORING I Pertengah Smt 3

RKTS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB II

IDENTIFIKASI PELAKSANAAN RKT TAHUN LALU

 

A.      Upaya – Upaya yang Telah dilakukan Terkait dengan Peningkatan Mutu

Berbagai upaya telah dilakukan oleh seluruh personil pendidikan yang berada di lingkungan UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong guna peningkatan mutu layanan pendidikan yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong meliputi kegiatan yang menunjang pada peningkatan SNP ( Standar Nasional Pendidikan ) yaitu:

 

1.      Standar Isi yaitu  kegiatan reviu KTSP yang meliputi:

-    Penyusunan kalender pendidikan untuk satu tahun pelajaran

-    Menganalisis alokasi waktu untuk seluruh mata pelajaran pada semua tingkatan.

-    Penentuan KKM  tiap mata pelajaran untuk semester 1 dan 2

-    Penyusunan program semester untuk seluruh mata pelajaran pada semua tingkatan.

-    Penyusunan silabus pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran pada semua tingkatan.

-    Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran pada semua tingkatan.

-    Mengganti pelajaran mulok karawitan dengan pendidikan lingkungan hidup.

 

2.      Standar Kelulusan

Untuk meningkatkan mutu lulusan UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong , sekolah mengadakan berbagai kegiatan yang dapat menyumbang terhadap peningkatan kompetensi lulusan. Kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

-    Mengadakan kegiatan pemantapan dalam rangka menghadapi ujian sekolah, dan ujian Nasional bagi peserta didik kelas 6.

-    Mengikutsertakan peserta didik dalam berbagai kegiatan perlombaan yaitu: Olimpiade Olahraga Nasional ( OOSN ), Festifal lomba seni siswa nasional ( FLSSN ), olimpiade sains nasional, Lomba cerdas cermat, lomba Afresiasi sastra sunda, Pentas PAI, lomba sepak bola SD/MI.

-    Mengikutsertakan peserta didik dalam lomba paduan suara.

-    Mengikutsertakan peserta didik LCC di SMP Negeri 1 Banjar

-    Mengikutsertakan peserta didik pada LBB se Priangan Timur di Kota Banjar.

 

3.      Standar Proses

Peningkatan mutu pendidikan tidak lepas dari peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan guru di dalam maupun di luar kelas, guna peningkatan tersebut dilaksanakan berbagai kegiatan yaitu:

-    Pembelian alat dan bahan untuk kegiatan praktikum IPA.

-    pembelian alat dan bahan untuk kegiatan pembelajaran SBK

-    melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler pramuka

-    melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler olahraga

-    melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler kesenian

 

4.      Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Untuk meningkatkan kompetensi PTK di lingkungan UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong , telah dilakukan berbagai kegiatan yaitu ;

-      Kegiatan untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah melalui kegiatan K3S.

-      Kegiatan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan KKG, baik KKg untuk guru kelas maupun guru mata pelajaran.

-      Pelaksanaan supervisi akademik dan supervisi klinis kepada guru kelas dan guru mata pelajaran.

-      Pelatihan – pelatihan lain yang dilaksanakan di tingkat kota maupun provinsi bahkan tingkat Nasional.

 

5.      Standar Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana merupakan komponen terpenting dalam peningkatan mutu pendidikan, adapun usaha yang telah dilakukan sekolah guna melengkapi sarana dan prasarana yaitu:

-      Pengadaan alat media TIK

-      Perawatan komponen media TIK

-      Perawatan alat – alat kesenian

-      Perawatan gedung sekolah yang meliputi perawatan ruang kelas, perawatan halaman sekolah , perawatan sarana olahraga.

-      Melengkapi sumber belajar siswa yang meliputi pembelian buku paket Bahasa Indonesia, Matematika, dan PAI.

 

6.      Standar  Pengelolaan.

Berbagai upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya pengelolaan sekolah diantaranya:

-      Pengelolaan kurikulum dan pembelajaran

-      Pengelolaan sarana dan prasarana

-      Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan

-      Pengelolaan pembiayaan

-      Pengelolaan peran serta masyarakat

7.      Standar Pembiayaan

-      Mengefektifkan penggunaan dana BOS pusat.

-      Menggalang dana dari masyarkat yang bersipat sumbangan sukarela

 

8.      Standar Penilaian

-      Mengadakan penilaian beragam dari segi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap

-      Mengadakan penilaian dalam bentuk ulangan formatif, harian, UTS, UAS,UKK, US, dan UN.

 

B.         Prestasi Yang Telah Diraih

Selama tahun 2019-2020 ada beberapa prestasi yang  dapat diraih baik oleh pendidik maupun peserta didik yaitu:

1.      Juara 2 Kaligrafi putera tingkat Kecamatan Langensari

2.      Juara 4 Lomba pidato tingkat Kecamatan Langensari

3.      Juara 4 Lomba tari tingkat kecamatan Langensari

4.      Juara 1 Pencak silat puteri Tingkat kecamatan Langensari.

5.      Juara 2 Lempar turbo Tingkat kecamatan Langensari

C.         Masalah dan kendala yang dihadapi.

Perjuangan yang telah dilaksanakan oleh seluruh personal UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong  belum menunjukkan hasil yang memuaskan, hal ini dikarena banyak masalah dan kendala yang dihadapi diantaranya

1.      Masalah pembiayaan yang terbatas pada perolehan dana BOS pusat dan BOS Provinsi saja.

2.      Partisifasi personel sekolah dalam berbagai program belum maksimal.

3.      Peran serta  dan perhatian masyarakat  masih kurang.

4.      Tidak memiliki halaman yang luas untuk sarana siswa melakukan aktivitas diluar jam pembelajaran

5.      Lahan yang berbukit dikhawatirkan tanahnya longsor

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

RENCANA   KEGIATAN TAHUN PELAJARAN 2020-2021

 

 

Seluruh kekuatan yang ada di UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong  berjuang terus untuk meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan visi sekolah yaitu” dengan iman dan takwa terpercaya dalam menghasilkan lulusan yang luhur dalam budi pekerti, unggul dalam kompetensi”. Untuk  mencapai visi yang diharapkan diperlukan sejumlah perencanaan yang terarah, bertahap, dan berkesinambungan. semua perencanaan akan tertuang dalam bentuk kegiatan yang untuk mendukung tercapainya Standar Nasional Pendidikan.

 

Bagian pokok dari bahasan perencanaan ini akan memaparkan dengan jelas, rinci, dan terarah tentang bidang yang dikembangkan sesuai dengan bidang pengembangan SNP, setiap bidang pengembangan akan dirinci tentang bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan, strategi yang akan digunakan dalam melaksanakan kegiatan,selanjutnya kegiatan akan dirinci menjadi kegiatan yang lebih detail, dan uraian tentang indicator keberhasilan dari kegiatan, serta sumber daya yang diperlukan, dan waktu dan tempat pelaksanaan.

 

Dalam menyusun program kerja tahunan sekolah ini meliputi dua kegiatan, yaitu merumuskan program sekolah yang dilakukan melalui empat langkah :

a. menetapkan sasaran

b. merumuskan program dan menetapkan penanggung jawab program

c. menentukan indikator keberhasilan, dan   

d. menentukan kegiatan, dan

e. menyusun jadwal kegiatan.

 

Berdasakan uraian di atas maka di bawah ini akan diuraikan tentang :

  1. Program Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong  Tahun Pelajaran 2020-2021 yang terdiri dari sasaran, program, indikator, kegiatan dan penanggung jawab.
  2. Jadwal Kegiatan Rencana Kerja Tahunan Sekolah Tahun Pelajaran  2 Bojongkantong

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM KERJA TAHUNAN SEKOLAH (RKTS)

UPTD  SD NEGERI 2 BOJONGKANTONG

TAHUN PELAJARAN 2020-2021

 

A.   PROGRAM/KEGIATAN STRATEGIS

SASARAN

PROGRAM

INDIKATOR

KEGIATAN

PENANGGUNG JAWAB

I.     Kesiswaan

1.Bertambahnya siswa yang mendaftar dari tahun ke tahun

Penambahan peserta didik.

Adanya penambahan siswa setiap tahunnya minimal 10 anak.

- Sosialisasi dengan masayarakat tentang perlunya pendidikan bagi anak.

Kepala Sekolah

2. Adanya penambahan jumlah siswa penerima bantuan dari 10 orang menjadi 15 0rang.

Penambahan jumlah siswa penerima bantuan yang kurang mampu secara ekonomi.

Terbantuanya 15 orang siswa yang kurang mampu secara ekonomi.

1. Membuat usulan kedinas Pendidikan penambahan siswa yang menerima bantuan.

2. Mencari donatur yang mau membantu siswa yang kurang mampu secara ekonomi.

Kepala Sekolah

Komite Sekolah

3.Terdatanya Anak Usia Sekolah (AUS) 7-15 thaun yang ada didesa Bojongkantong

Pendataan anak usia sekolah 7-15 tahun yang terdapat di desa Bojongkantong.

  -Terhindarnya semua Anak Usia Sekolah 7-12 tahun yang tidak bersekolah.

-Pendataan anak usia sekolah dari rumah kerumah.

-Mengambil data dari Kepala Kampung Bojongkantong tentang jumlah anak usia sekolah yang Belum masuk sekolah.

Kepala Sekolah

Guru

4. Timbulnya kesamaan antara anak yang kurang Sian dengan anak normal lanilla.

Bantuan terhadap siswa yang kurang siap dalam pembelajaran.

-Terbantunya anak yang kurang siap dalam pembelajaran.

-Bimbingan secara khusus diberikan oleh guru kelasnya masing-masing.

Kepala Sekolah

Guru

 

 

II. Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran

Semua guru waktu melaksanakan Kegaiatan pembelajaran punya pedoman.

- Pembuatan Silabus dan Rencana Pembelajaran.

Termilikinya silabus dan Rencana Pembelajaran untuk lima mata pelajaran.

-Menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat silabus dan Rencana Pembelajaran.

Kepala Sekolah

Guru

Terlaksananya penilaian sesuai yang diharapkan .

Pelatihan guru digugus tentang sistem penilaian kelas.

Terlaksananya pelatihan guru ditingkat gugus

Mengikuti pelatihan yang ada di gugus.

Kepala Sekolah

Guru

Mampunya guru menyesuaikan isi Silabu dengan Rencana Pembelajaran.

Pelatihan guru tentang cara penyesuaian isi silabus dengan Rencana Pembelajaran.

Terlatihnya guru menyesuaikan isi Silabus Dengan Rencana Pembelajaran

Mengirm guru ketempat pelatihan baik ditingkat gugus, kecamatan dan Kota.

Kepala Sekolah

Guru

Meningkatnya kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari

Peningkatan Wawasan Kepala Sekolah

Mampunya kepala sekolah mengikuti perkembangan dunia pendidikan.

-Banyak membaca

-Sering mengikuti seminar,lokakarya dll

Kepala sekolah

III. Pendidik dan Tenaga Kependidikan

4 orag guru memiliki Ijazah S.1.

Peningkatan kualifikasi pendidikan guru

Terlaksanakannya 4 orang guru mengikuti pendidikan stara S.1.

-Mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi.

Guru

Semua orang guru mampu menguasia materi pembelajaran

Pelatihan guru untuk menguasai materi pembelajaran.

Terlaksananya  pelatihan penguasaan materi pembelajaran.

- Mengikuti pelatiahan guru di tingkat gugus

Kepala Sekolah

IV. Manajemen.

Terbukanya segala hal yang menyangkut tentang kegeiatan kependidikan.

Sosialisasi tentang pendidikan dengan semua anggota komite

Terlibatnya semua unsur terutama komite sekolah dalam perencanaan,pengelolaan kegiatan pendidikan.

- Sosialisasi dengan komite sekolah.

   - Melibatkan komite dalam kegaiatan sekolah.

Kepala Sekolah

komite

SASARAN

PROGRAM

INDIKATOR

KEGIATAN

PENANGGUNG JAWAB

Kebijakan

Renstra

Memiliki Renstra Penataan Lingkungan Sekolah

Menyusun Renstra Penataan Lingkungan Sekolah

Kepala Sekolah

komite

Memiliki Masterplan penataan lingkungansekolah

Membuat masterplan lingkungan sekolah

Kepala Sekolah

komite

 

Anggaran

 

 

 

Program

 

 

 

 

 

 

 

 

V. Sarana dan Prasarana

Terawatnya ruangan dan gedung sekolah

Pengecatan ruang & gedung sekolah

Terlaksananya pengecatan sekolah bersama masyarakat

Gotong Rayong dengan wali murid

Kepala Sekolah Komite Sekolah

Termilkinya semua buku pengangan guru untuk seluruh mata pelajaran

Pengadaan buku pegangan buku

Terlaksananya pengadaan buku pegangan guru

Pembelian Buku Pegangan guru dari beberapa penerbit

Kepala Sekolah

Memudahkan pengerjaan adminitrasi Sekolah

Pengadaan  1 set komputer dan 1 set printer

Terbelinya 1 set kumputer dan 1 set printer.

Pembelian 1 set komputer dan 1 set printer

Kepala Sekolah

Mempasilitasi protokol kesehatan

-membeli masker buat peserta didik

-membuat sarana untuk cuci tangan

-membeli alat ukur (termogan)

-Terbelinya masker buat seluruh siswa

 

-terbuat sarana untuk cuci tangan

 

-membeli alat ukur (termogan)

 

Membeli buat Masker seluruh pesdik

Terbuat sarana cuci tangan sebayak 3set

Mmbeli termogan sebanyak 3

Kepala Sekolah Komite Sekolah

VI. Keuangan dan Pembiayaan

Bertambahnya anggaran sekolah yang berasal dari masyarakat

Penambahan dana anggaran sekolah.

Adanya tambahan dana untuk anggaran sekolah.

Rapat dengan komite dan seluruh wali murid

Kepala Sekolah

Komite

SASARAN

PROGRAM

INDIKATOR

KEGIATAN

PENANGGUNG JAWAB

VII. Budaya dan Lingkungan Sekolah

Terjaganya lingkungan sekolah yang bersih.

Peningkatan kebersihan lingkungan sekolah.

Terpeliharan lingkungan yang bersih, rafi dan nyaman.

Mengadakan kegiatan jumat bersih untuk semua warga sekolah.

Kepala Sekolah

Komite

Tata Kelola Sekolah

Kelembagaan

 

 

 

 

SDM

 

 

 

Implementasi

Kebersihan dinding Sekolah

 

 

 

 

Pagar Sekolah

 

 

 

 

Penanaman tanaman hias

 

 

 

 

Kebersihan lingkungan sekolah

 

 

 

 

Tata Tertib Sekolah

 

 

 

VIII. Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan

Adanya kepedulian masyarakat terhadap sekolah

Pelatihan Komite Sekolah tentang manajemen sekolah.

Timbulnya rasa tanggung jawab masyarakat khusus nya komite sekolah terhadap sekolah

Mengadakan kerja sama yang baik.

Kepala Sekolah

Komite

 

 

 

 

 

 

B.   JADWAL KEGIATAN RKTS

 

JADWAL KEGIATAN RENCANA KERJA TAHUNAN SEKOLAH

UPTD  SD Negeri 2 Bojongkantong

TAHUN PELAJARAN 2020-2021

 

NO

Program

Bulan

A

B

C

D

E

F

G

H

I

J

K

L

I

Kesiswaan

1

Penambahan peserta didik.

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Penambahan jumlah siswa penerima bantuan yang kurang mampu secara ekonomi.

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Pendataan anak usia sekolah 7-15 tahun yang terdapat di Kel. Bojongkantong

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Bantuan terhadap siswa yang kurang siap dalam pembelajaran.

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II

 Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran

1

Pembuatan Silabus dan Rencana Pembelajaran.

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Pelatihan guru digugus tentang sistem penilaian kelas.

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Pelatihan guru tentang cara penyesuaian isi silabus dengan Rencana Pembelajaran.

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Peningkatan Wawasan Kepala Sekolah.

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

III

 Pendidik dan Tenaga Kependidikan

1

Peningkatan kualifikasi pendidikan guru

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Pelatihan guru untuk menguasai materi pembelajaran.

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Pelaksanaan Manajemen Terbuka

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IV

Manajemen

1

Sosialisasi dengan semua anggota komite

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

V

Sarana dan Prasarana

1

Pengecatan gedung sekolah

 

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

2

Pengadaan buku pegangan buku

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

3

Pengadaan  1 set komputer dan 1 set printer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

4

Pengadaan masker sejumlah siswa, tempat cuci tangan 3 set dan terogan 1 buah

X

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VI

 Keuangan dan Pembiayaan

1

Penambahan dana anggaran sekolah.

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

VII.

Budaya dan Lungkungan Sekolah

1

Peningkatan kebersihan lingkungan sekolah.

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

2

Sosialisasi Pembiasaan SMS Cinta

X

 

 

X

 

 

X

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VIII

Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan

1

Pelatihan Komite Sekolah tentang manajemen sekolah.

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

Keterangan

A

= Juli

G

= Januari

B

= Agustus

H

= Pebruari

C

= September

I

= Maret

D

= Oktober

J

= April

E

= Nopember

K

= Mei

F

= Desember

L

= Juni

 

Kegiatan SMS Cinta yaitu :

*      3 menit sebelum masuk siswa membersihkn sekolah.

*      3 menit setelah istirahat siswa membersihkn lingkungn sekolah.

*      3 menit setelah pulang siswa membersihkn lingkungan sekolah.

 


C.        PROGRAM PENCAPAIAN 8 STANDAR PENDIDIKAN

Bidang Pengembangan

Rencana Kegiatan

Strategi yang akan dilaksanakan

Pokok – pokok kegiatan yang akan dilaksanakan

Indikator keberhasilan

Sumber daya yang diperlukan

Tempat / waktu

1.   Standar Isi

1.   Reviu KTSP

Diskusi, curah pendapat, dokumentasi

-  Reviu  KTSP dokumen I,IV

 

-  Perhitungan beban mengajar

-  penyusunan kalender pendidikan

-  penyusunan jadwal pelajaran tiap kelas

 

-  melakukan  analisis alokasi waktu

-  penyusunan program ektra kurikuler

-  tersusunnya dokumen I - IV KTSP

-  adanya perhitungan beban mengajar

-  terciptanya kalender pendidikan sekolah

-   tersusunnya jadwal pelajaran setiap kelas

-   adanya perhitungan alokasi waktu  untuk tiap KD pada seluruh mata pelajaran setiap kelas

-   tersusunnya program ektra kurikuler

-    kepala sekolah

-    guru

-    komite

-    pengawas

-    ATK

-    Dokumen standar isi

 

sekolah

2.   Standar Proses

1. Melaksanakan pengawasan pembelajaran

 

 

 

 

- Reviu KTSP dok. III dan IV

 

 

 

 

 

 

 

-  Diskusi

-  Wawancara

-  Dokumentasi

-  observasi

-  Pemantauan

-  Supervisi

-  Evaluasi

-  Pelaporan

 Tindak lanjut

-  Reviu silabus

-  Reviu RPP

-  Penyusunan Promes

-   Terlaksananya kegiatan pengawasan pembelajaran untuk seluruh guru baik guru kelas maupun guru mata pelajaran

-   Tersusunnya silabus pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran pada semua tingkat

-   Tersusunnya RPP  untuk seluruh mata pelajaran pada semua tingkat

-   Tersusunnya promes  untuk seluruh mata pelajaran pada semua tingkat

-  Kepala sekolah

-  guru

-  ATK

-  Instrument supervisi

-  Dok.standar proses

-  Dok. Standar penilaian

Sekolah

 

3.   Standar Kelulusan

-  Mengadakan pemantapan US/ UN

 

 

-  Mengikuti kegiatan lomba baik yang bersipat akademik maupun non akademik

-    Toturial

-    Diskusi

-    Study dokumentasi

-    Bimbingan terprogram

-    Tes

-    penugasan

-    Membahas soal- soal US/ UN tahun lalu

-    Mengadakan latihan ujian ( try out )

-    Mengikuti olimpiade MIPA.

-    Mengikuti lomba calistung

-     Mengikuti sapta  lomba PAI

-    Mengikuti FLSSN

-    Mengikuti lomba OSN

-    Mengikuti OOSN

-    Mengikuti LCC

-    Mengikuti lomba apresiasi sastra sunda

-    Mengikuti lomba sepak bola SD/MI

-    Mengikuti out bond

-  Terlaksananya kegiatan pemantapan US/ UN

-    Ikutsertanya peserta didik dalam berbagai lomba dan menghasilkan kejuaraan

-    Kepala sek.

-    guru

-    ATK

-    Perlengkapan pramuka

-    Perlengkapan olahraga

 

 

 

-  Sekolah

-  Gugus

-  Kec.

-  kota

4.   Standar Penilaian

-  Mengadakan kegiatan ulangan

-  Mengadakan kegiatan ujian

-  Tes

-  Observasi

-  Dokumentasi

-  Penugasan

-    Mengadakan ulangan harian

-    Mengadakan ulangan tengah semester

-    Mengadakan ulangan akhir semester

-    Mengadakan ulangan kenaikan kelas

-    Mengadakan ujian sekolah

-    Mengadakan ujian Nasional

-   Terlaksananya kegiatan berbagai ulangan

-   Terlaksananya kegiatan berbagai ujian

-  Kepala sek

-  Guru

-  ATK

-  Instrument penilaian

-  Daftar nilai

-  KKM

Sek.

 

5.      Standar pengeloaan

Penerimaan siswa baru

 

 

 

 

 

Penyusunan RKT

 

 

 

 

Penyusunan RKAS

 

 

Penyusunan LPJ

-  Sosialisasi

-  Seleksi usia

-  Dokumentasi

 

 

 

 

-  Diskusi

-  Curah pendapat

-  Dokumentasi

 

 

 

-  Diskusi

-  Curah pendapat

-  Dokumentasi

 

-  Diskusi

-  Curah pendapat

-  Dokumentasi

 

-    Penyusunan program PSB

-    Melaksanakan sosialisasi

-    Mengadakan seleksi usia peserta didik

-    Menyusun laporan siswa baru

-    Penyusunan draf RKT

-    Sosialisasi darf RKT

-    Penyusunan RKT

 

 

 

-    Penyusunan draf RKAS

-    Sosialisasi darf RKAS

-    Penyusunan RKAS

 

Menyusunan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS

-  Terlaksananya proses penerimaan siswa baru yang transparan dan akuntabel

 

 

 

 

-  Tersusunnya RKT yang menjadi acuan dalam melaksanakan seluruh program sekolah untuk peningkatan layanan pendidikan

-  Tersusunnya RKAS yang menjadi acuan dalam melaksanakan seluruh program sekolah dalam

-  Melaksanakan oprasional sekolah

-  Tersusunnya laporan pertanggungjawaban penggunaan dana oprasional sekolah yang transparan dan akuntabel

-    Kepala sekolah

-    Guru

-    Komite

-    ATK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sekolah

6 standar sarana dan prasarana

 

 

 

 

 

 

 

 

-    Pengadaan sarana UKS

 

-    Pengadaan alat cuci tangan

 

-    Pengadaan mebeler kelas

( lemari )

-    Curah pendapat

-    Pembelian

-    dokumentasi

-   Pembelian peralatan UKS

 

 

-   Pembuatan alat cuci tangan

 

 

-    Pembelian lemari kelas

- Terpenuhinya kebutuhan sarana UKS

 

- Terpenuhinya kebutuhan sarana cuci tangan

 

 

-  Terpenuhinya kebutuhan lemari kelas

-    Kepala sekolah

-    Guru

-    rekanan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-    Pengadaan masker sejumlah siswa, tempat cuci tangan 3 set dan termogan 1 buah

-    Curah pendapat

-    Pembelian

-    dokumentasi

-   Pembelian

a.      Masker

b.      Termogan

-   Pembuatan

tempat cuci tangan

- Terpenuhinya salah satu kriteria persyaratan BDS di masa newnormal

-    Kepala sekolah

-    Guru

-    Komite sekolah

 

7 Standar tendik

-    Peningkatan kompetensi kepala sekolah

-      Peningkatan kompetensi guru

 

 

-  pembagian tugas mengajar

-  Workshop

 

-                          - Pelatihan kepala sekolah  

-                            di KKKS

 

 

- Pelatihan guru kelas dan guru mata pelajaran di KKG

-  Pelatihan guru di tingkat kota, Provinsi

-  adanya pembagian tugas aktivitas guru

-    Meningkatnya kemampuan kepala sekolah

-    Meningkatnya kemampuan guru

 

 

 

 

- Kepala sek.

-Guru

-Nara sumber

-ATK

 

8.Standar Pembiayaan

-    Efektivitas penggunaan dana BOS pusat dan BOS Provinsi

 

 

 

 

 

 

-    Penggalangan dana bantuan masyarakat yang bersipat tidak mengikat

-  Diskusi

-  Curah pendapat

-  Dokumentasi

 

-  Penyusunan RKAS BOS pusat dan Provinsi

 

 

- penyusunan SPJ BOS pusat dan Provinsi

 

 

 

 

 

- menerima bantuan masyarakat yang berbentuk sumbangan

- Tersusunnya RKAS BOS pusat dan Provinsi sebagai acuan dalam penggunaan dana BOS pusat dan Provinsi

-   Tersusunnya SPJ BOS pusat dan Provinsi sebagai lapotan penggunaan dana BOS yang transparan dan akuntabel

-   Terpenuhinya kebutuhan sekolah yang tidak terdanai oleh keuangan BOS pusat dan BOS Provinsi

-    Kepala sek

-    Guru

-    Komite

-    Orang tua siswa

 

 

D.   JADWAL KEGIATAN SELURUH KEGIATAN PENGEMBANGAN STANDAR PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2020-2021

No.

Bidang Pengemb.

Jenis kegiatan

Waktu Pelaksanaan

Jul

Ags

Sep

Okt

Nop

Des

Jan

Peb

Mar

Apr

Mei

Jun.

1

Standar Isi

-  Reviu  KTSP dokumen I,IV

-  Perhitungan beban mengajar

-  penyusunan kalender pendidikan

-  penyusunan jadwal pelajaran tiap kelas

-  melakukan  analisis alokasi waktu

-  penyusunan program ektra kurikuler

x

x

x

x

 

x

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Standar Proses

Melaksanakan pengawasan pembelajaran:

-  Pemantauan

-  Supervisi

-  Evaluasi

-  Pelaporan

Tindak lanjut

Reviu KTSP dok. III dan IV

-    Reviu silabus

-    Reviu RPP

-    Penyusunan Promes

-     

 

 

 

 

 

 

 

 

x

x

x

 

 

 

x

x

x

x

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

x

x

x

x

 

 

 

 

 

 

x

 

 

3.

Standar Kelulusan

Mengadakan pemantapan US/ UN

-    Membahas soal- soal US/ UN tahun lalu

-      Mengadakan latihan ujian ( try out

Mengikuti kegiatan lomba baik yang bersipat akademik maupun non akademik

-    Mengikuti olimpiade MIPA.

-    Mengikuti lomba calistung

-     Mengikuti sapta  lomba PAI

-    Mengikuti FLSSN

-    Mengikuti lomba OSN

-    Mengikuti OOSN

-    Mengikuti LCC

-    Mengikuti lomba apresiasi sastra sunda

-    Mengikuti lomba sepak bola SD/MI

-    Mengikuti out bond

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

x

 

 

x

 

 

x

 

x

 

 

 

 

x

 

4.

Standar Penilaian

Mengadakan kegiatan ulangan

-    Mengadakan ulangan harian

-    Mengadakan ulangan tengah semester

-    Mengadakan ulangan akhir semester

-    Mengadakan ulangan kenaikan kelas

Mengadakan kegiatan ujian

-    Ujian sekolah

-    Ujian Nasional

 

x

 

x

 

x

 

x

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

x

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

x

5.

Standar Pengelolaan

1.      Penerimaan siswa baru

-    Penyusunan program PSB

-    Melaksanakan sosialisasi

-    Mengadakan seleksi usia peserta didik

-    Menyusun laporan siswa baru

2.   Penyusunan RKT

-    Penyusunan draf RKT

-    Sosialisasi darf RKT

-    Penyusunan RKT

3.   Penyusunan RKAS

-     Penyusunan draf RKAS

-    Sosialisasi darf RKAS

-    Penyusunan RKAS

4. Penyusunan LPJ

- Menyusunan laporan pertanggung jawaban penggunaan dana BOS

 

x

x

x

 

 

x

x

x

 

x

x

x

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

6.

Standar Sarana dan Prasarana

-    Pengadaan sarana UKS

-    Pengadaan sarana cuci tangan

-    Pengadaan mebeler kelas ( lemari )

-    Pengadaan Masker sejumlah siswa

-    Termogan

 

 

 

x

x

 

x

 

x

x

 

x

 

 

 

 

x

 

x

 

x

 

 

 

7.

 

 

 

 

 

 

 

Standar tendik

1.   Peningkatan kompetensi kepala sekolah

-    Pelatihan kepala sekolah di KKKS

2.   Peningkatan kompetensi guru

-    Pelatihan guru di KKG

3.   Pembagian tugas mengajar

-     Membuat SKBM

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

x

 

8.

Standar Pembiayaan

1.   Efektivitas penggunaan dana BOS pusat dan BOS Provinsi

-  Penyusunan RKAS BOS pusat dan Provinsi

2.   Penggalangan dana bantuan masyarakat yang bersipat tidak mengikat

-  menerima bantuan masyarakat yang berbentuk sumbangan

 

 

x

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

x

 

 

x

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

x


BAB IV

PENUTUP

A.     SIMPULAN

Kepala sekolah selaku manajer di sekolah perlu memiliki kemampuan perencanaan pengembangan sekolah, salah satu perencanaan yang perlu disiapkan adalah rencana kerja tahunan. Ada beberapa hal yang dapat disimpulkan dari perencanaan kerja tahunan sekolah ini yaitu:

1.      Penyusunan rencana kerja tahunan merupakan salah satu tugas yang harus dilaksanakan oleh kepala sekolah berdasarkan hasil musyawarah bersama dengan personil sekolah lain untuk menentukan arah pengembangan sekolah selama satu tahun, dengan memperhatikan tuntutan Standar nasional Pendidikan.

2.      Penyusunan rencana kerja sekolah harus memperhatikan kemampuan dan kondisi sekolah, baik dari segi sumber daya manusia maupun dana yang tersedia.

3.      Rencana kerja sekolah merupakan sebuah perencanaan yang akurat dan terukur dalam memberdayakan seluruh kekuatan sekolah untuk peningkatan layanan pendidikan kepada masyarakat.

4.      Rencana kerja sekolah yang telah disusun dapat dievaluasi keberhasilannya sesuai dengan yang telah direncanakan.

 

B.      REKOMENDASI

Beberapa rekomendasi yang dari penyusunan rencana kerja tahunan ini adalah:

1.      Kepala sekolah harus memantau dan memonitoring pelaksanaan dari seluruh kegiatan sekolah sesuai dengan perencanaan.

2.      Seluruh personil sekolah harus berpartisifasi aktif dalam melaksanakan seluruh kegiatan yang telah direncanakan agar berdampak positif terhadap perkembangan dan peningkatan mutu pendidikan dan layanan kepada masyarakat.

3.      Seluruh personil sekolah dalam melakukan tertib administrasi dalam semua bentuk kegiatan baik kegiatan pembelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler secara berkesinambungan

4.      Seluruh stakeholder pendidikan hendaknya memberikan dukungan dan partisifasi aktif terhadap sekolah agar kegiatan pendidikan mendapat perhatian dari semua pihak.


Post a Comment for "Contoh RKT (Rencana Kerja Tahunan) Sekolah Tahun 2021"