Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Aktualisasi Pancasila sebagai Nilai-nilai Dasar Nasionalisme dalam Pelaksanaan Tugas Jabatannya Sebagai Pelaksana Kebijakan Publik

 


“Aktualisasi Pancasila sebagai nilai-nilai dasar nasionalisme dalam pelaksanaan tugas jabatannya sebagai pelaksana kebijakan publik”

 

Aktualisasi Pancasila sebagai nilai-nilai dasar nasionalisme dalam pelaksanaan tugas jabatannya sebagai pelaksana kebijakan public ( sebagai seorang guru ) antara lain :

 

·         Mengajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku atau yang ditentukan oleh pemerintah.

·         Mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik dengan sepenuh hati.

·         Menanamkan nilai karakter nasionalisme melalui kegiatan pembelajaran dengan cara mengintegrasikannya ke dalam mata pelajaran.

·         Bekerja dengan disiplin dan tepat waktu sehingga menjadikan contoh bagi para siswanya.

·         Meningkatkan pelayanan, memberikan dorongan dan arahan pada anak didiknya.

·         Memberi teladan cara berpakaian, berbicara, dan bergaul dengan siswanya, ataupun teman-temannya dalam kehidupan bermasyarakat.

 

·         Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi.

·         Menjadi teladan dalam bersikap dan berprilaku bagi para siswa-siswanya. Tentu saja sikap dan perilaku guru harus mencerminkan nilai-nilai naionalisme yang ada sehingga proses pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme bisa berjalan dengan baik.

·         Menggunakan dana BOS yang diberikan oleh pemerintah sesuai dengan peruntukannya yang tertuang di dalam juknisnya untuk mendukung program wajib belajar.

·         Menerapkan muatan lokal dan keterampilan sebagai mata pelajaran di sekolah. Muatan lokal berfungsi untuk mengembangkan kompetensi dan itu disesuaikan ciri khas daerah masing-masing. Tujuannya supaya siswa memiliki kemampuan untuk mengembangkan potensi daerah dan budaya daerah masing-masing.

 

·         Berpartisipasi dalam perlombaan menjadi guru berprestasi sehingga dengan begitu akan menjadikan guru yang professional sehingga banyak pengalaman dan ilmu.

·         Ramah dan menyatu dengan masyarakat sekitar sehingga guru memiliki kemampuan social yang tinggi.

·         Bekerja sama bersama komite sekolah guna meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di sekolah


Post a Comment for "Aktualisasi Pancasila sebagai Nilai-nilai Dasar Nasionalisme dalam Pelaksanaan Tugas Jabatannya Sebagai Pelaksana Kebijakan Publik"