Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemanfaatan TIK Pembelajaran dengan Pendekatan TPACK

 


Pemanfaatan TIK Pembelajaran dengan Pendekatan TPACK

 

Sahabat tentu telah mengenal beragam TIK baik yang bersifat luring maupun daring yang dapat dipergunakan untuk pembelajaran. Karakteristik berbagai TIK tersebut juga telah Sahabat pelajari, baik kelebihan maupun keterbatasannya. Selanjutnya, bagaimana apabila Sahabat ingin memanfaatkan TIK di kelas? Yang artinya ada perbedaan kondisi lingkungan belajar, karakteristik peserta didik, dan sebagainya. Untuk menggunakan TIK secara optimal sehingga memperoleh hasil dan dampak sesuai dengan yang Sahabat rencanakan, diperlukan kemampuan yang lebih.

 

Pada level pemanfaatan (implementasi), tidak hanya kemampuan internal guru sebagai pengguna TIK yang berpengaruh, melainkan ada pula faktor-faktor eksternal yang perlu dijadikan pertimbangan. Contohnya kebijakan dan regulasi TIK yang berlaku, kondisi lingkungan sosial dan fisik, karakteristik peserta didik, dan sebagainya.

 

Definisi TIK adalah: Beragam perangkat dan sumber daya teknologi yang digunakan untuk mengirimkan, menyimpan, membuat, berbagi, atau bertukar informasi dan meningkatkan komunikasi. Alat dan sumber daya teknologi ini termasuk komputer, Internet (situs web, blog, dan email), teknologi penyiaran langsung (radio, televisi, dan webcasting), teknologi penyiaran yang direkam (podcasting, pemutar audio dan video, dan perangkat penyimpanan) dan telepon (tetap atau seluler, satelit, visio / konferensi video, dll.) (UNESCO, uis.unesco.org).

Jadi, TIK tidak hanya berupa komputer dan internet ya...

 

Penggunaan TIK oleh guru meliputi:

1.      Penggunaan TIK secara profesional

2.      Peran TIK dalam integrasi sosial dengan peserta didik

3.      TIK sebagai penerapan teknologi pembelajaran

4.      Penggunaan TIK dalam manajemen dan pengembangan sekolah

5.      Penggunaan TIK yang efektif melalui analisis pribadi, organisasi, dan kelembagaan

 

Menurut Anderson (2010) ada empat tahapan dalam mengadopsi dan menggunakan TIK yang diawali dengan literasi teknologi, yaitu: 



TIK diterapkan untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran dalam berbagai teori pembelajaran: behavioristik, kognitivistik, dan konstruktivisme. Simak penjelasannya melalui tabel berikut: 

 

Perspektif teori pembelajaran

Pembelajaran dengan integrasi TIK

Jenis TIK pendukung

Behavioristik

TIK digunakan untuk menyesuaikan diri dengan lebih baik dengan karakteristik individu pelajar

Aplikasi drill-and-practice serta tutorial sederhana, agar peserta didik menguasai pengetahuan dan keterampilan (rutin) dengan kecepatannya sendiri

 

Kognitivistik

TIK membantu belajar tentang konsep dan keterampilan yang kompleks

Aplikasi tutorial kompleks untuk belajar penalaran dan terpadu

 

Konstruktivistik

Pembelajaran harus partisipatif aktif dan kolaboratif, maka penggunaan TIK selaras dengan kompetensi masyarakat pengetahuan

Aplikasi pengolah kata dan angka, situs web, multimedia, forum diskusi, blog

 

Seiring dengan berjalannya waktu, pendekatan pemanfaatan TIK juga mengalami perkembangan. Ruang lingkup pendekatan pemanfaatan TIK menjadi lebih personal yakni pada diri guru dan berkaitan dengan kompetensinya. Pendekatan guru dalam memanfaatkan TIK untuk pembelajaran yang dibahas dalam modul ini adalah model TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge).  




TPACK juga merupakan pendekatan pembelajaran yang sangat relevan di masa pembelajaran daring saat ini. Hal ini, karena pendekatan TPACK memadukan aspek pengetahuan (Knowledge/K), cara membelajarkan (Pedagogy/P), penguasaan materi pembelajaran sesuai bidang (Content/C) dengan TIK (Technology/T).

 

Pendekatan TPACK merupakan pendekatan yang dikembangkan dari pendekatan Pedagogy Content Knowledge (PCK) yang pertama kali dikenalkan oleh Shulman pada tahun 1986. Namun, pendekatan PCK tidak sekedar irisan atau gabungan pengetahuan tentang pedagogi dan penguasaan materi namun diperkuat oleh pengalaman-pengalaman guru. Pada dasarnya, konsep pendekatan pembelajaran TPACK melibatkan 7 domain pengetahuan.

 

Selanjutnya, silakan Sahabat lakukan diskusi dan refleksi pembelajaran dari KB-1 ini. Caranya sesuai dengan diskusi dan refleksi yang tercantum dalam modul.