Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Whole of Government (WoG)

 


WHOLE OF GOVERNMENT (WoG)

 

WoG adalah sebuah pendekatan penyelenggaraan pemerintahan yang menyatukan upaya-upaya kolaboratif pemerintahan dari keseluruhan sektor dalam ruang lingkup koordinasi yang lebih luas guna mencapai tujuan pembangunan kebijakan, manajemen program dan pelayanan publik.

Mengapa Perlu Whole Of Government karena adanya Ego sentral/siloisasi, Dorongan Publik untuk kinerja good governance dan Perkembangan Teknologi dan informasi. Cara melaksanakannya dilakukan dengan Respon Pemerintah Terintegrasi, Menghilangkan Sekat Sektoral, Kerjasama Antar Instansi Pemerintah, Kolaborasi, Koordinasi dan Sinergitas. Konsep WoG Diperlukan Dalam Setiap Sektor Pembangunan.

 

Cara pendekatan WoG yang dapat dilakukan, baik dari sisi penataan institusi formal maupun informal, dilakukan dengan Penguatan koordinasi antar lembaga, Membentuk lembaga koordinasi khusus dan Membentuk gugus tugas, koalisi sosial.

Tantangan yang akan dihadapi dalam penerapan WoG di tataran praktek antara lain adalah Kapasitas SDM dan institusi, Nilai dan budaya organisasi dan kepemimpinan.

 

Adapun berdasarkan polanya, dalam WoG pelayanan publik dapat dibedakan juga dalam 5 (lima) macam pola pelayanan yaitu :

1.      Pola Pelayanan Teknis Fungsional, pelayanan publik sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangannya.

2.      Pola Pelayanan satu atap, Pola pelayanan yang dilakukan secara terpadu pada satu instansi pemerintah yang bersangkutan

3.      Pola Pelayanan Satu Pintu, pola pelayanan masyarakat yang diberikan secara tunggal oleh suatu unit kerja pemerintah berdasarkan pelimpahan wewenang

4.      Pola Pelayanan Terpusat, instansi pemerintah yang bertindak selaku koordinator terhadap pelayanan instansi

5.      Pola Pelayanan Elektronik, pola pelayanan dengan TIK

 

WoG berdasarkan jenis nya terdiri dari :

1.      Pelayanan yang bersifat adminisitratif, Pelayanan publik yang menghasilkan berbagai produk dokumen resmi yang dibutuhkan warga masyarakat

2.      Pelayanan jasa, Pelayanan yang menghasilkan berbagai bentuk jasa yang dibutuhkan warga masyarakat.

3.      Pelayanan barang, Pelayanan yang menghasilkan jenis barang yang dibutuhkan warga massyarakat,

4.      Pelayanan regulatif, Pelayanan melalui penegakan hukuman dan peraturan perundang-undangan, maupun kebijakan publik yang mengatur sendi-sendi kehidupan masyarakat.

 

Prasyarat Best Practices dalam WoG harus memperhatikan budaya dan filosofi, cara kerja yang baru, Akuntabilitas dan Insentif, Cara baru Pengembangan Kebijakan, Mendesain Program dan Pelayanan.

 

Post a Comment for "Rangkuman Whole of Government (WoG)"