Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Bisnis Online untuk Kaum Milenial di Tahun 2021

 


PELUANG USAHA BISNIS ONLINE UNTUK KAUM MILENIAL DI TAHUN 2021

 

Di era globalisasi ini, persaingan sudah semakin ketat dan harga-harga semakin mahal. Selain dengan naiknya daya saing, ada satu hal lagi yang menandai globalisasi, yaitu teknologi. Saat ini sudah tidak aneh lagi apabila seorang anak memegang gadget, baik berupa tablet maupun smartphone. Peluang bisnis yang berhubungan dengan teknologi saat ini bisa dikatakan berhamburan, mulai dari menjual pulsa hingga sampai Online Shop (Toko Online).

 

Pada zaman sekarang ini, dengan adanya media internet setiap orang dapat menjalankan bisnis menjadi semakin mengglobal dan cepat. Bila biasanya memasarkan produk atau jasa secara offline yang biasa dilakukan di tempat usaha berupa toko maupun melalui jaringan pemasaran bisnis, sekarang bisa menjual produk atau jasa di internet menggunakan website, pasar menjadi lebih luas, pasar bisa menjangkau seluruh pasar Indonesia langsung maupun yang lebih besar lagi ke pasar seluruh dunia. Tinggal putuskan, ingin fokus untuk menjangkau pasar yang mana.

 

Kita bisa mengakses internet di mana saja. Perbedaan bila berjualan offline dengan berjualan online yaitu bila berjualan offline, calon pembeli dapatkan dari orang-orang yang datang ke toko, tetapi dengan berjualan online bisa menjangkau orang-orang yang memiliki akses internet di manapun mereka berada yang membuka website kita. Kita dapat membuka pasar baru seketika. Karena itu bagaimana cara memulai bisnis online?.

 

Tentunya langkah awal yang harus ada yaitu memiliki produk atau jasa yang bisa dijual di internet, lalu membuat website baik berupa toko online atau dengan website penjualan yang sederhana. Di website, bisa menampilkan produk-produk maupun jasa yang akan di tawarkan dengan data yang sedetail mungkin termasuk foto produk dan spesifikasi. Foto atau gambar dari sebuah produk sangat penting untuk berjualan online agar calon pembeli bisa melihat seperti apa produk yang akan ia dapatkan nantinya, dan dengan data produk yang detail, calon pembeli bisa memutuskan langsung di website mau membeli atau tidak pada saat itu juga.

 

Cara Memulai Bisnis Online

Cara memasarkan bisnis nya bagi para kalangan kaum milenial itu tidaklah sulit. Pemasaran online saat ini cukup banyak dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan sebuah jasa atau produk usaha. Pemasaran online dipercaya cukup ampuh dan lebih berefek hasilnya untuk saat ini dibandingkan dengan pemasaran di dunia nyata.  Dunia online atau dunia internet merupakan ruang global yang memungkinkan siapa saja bisa masuk ke dalamnya, tanpa harus terhambat oleh batasan ruang dan waktu. Karena saat ini orang bisa mengakses internet kapan saja dan di mana saja.

 

Peluang inilah yang harus dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis, seperti para kaum milenial, yaitu dengan cara melakukan pemasaran online yang intensif. Saat ini hampir semua perusahaan yang ada di dunia nyata juga menjelma di dunia maya. Hal ini sebagai tuntutan perluasan ruang kehidupan manusia yang mulai mendominasi dunia maya. Pemasaran online merupakan bentuk pemasaran yang dilakukan di internet dunia maya dengan berbagai cara dan strategi yang bisa mendatangkan konsumen tanpa batasan tempat dan waktu. Strategi pemasaran online juga membutuhkan kreativitas dan inovasi agar orang tidak jemu dengan gaya berjualan yang monoton. Untuk lebih jelasnya, berikut ini diberikan beberapa strategi pemasaran online yang bisa dijalankan. :


1. Memiliki e-mail, baik yahoo, gmail atau lainnya,

E-mail adalah surat elektronik yang berguna untuk komunikasi sebagai perantara pesan. kita, serta syarat untuk memiliki atau membuat akun lainnya.


2. Miliki sebuah web atau blog

Hal ini penting sebagai alat promosi atau pengenalan produk atau jasa yang kita jual, dan banyak lagi hal yang bisa kita maksimalkan dari web atau blog itu sendiri. Untuk membuat blog kalain tidak perlu ribet cuku daftar di Exabytes Indonesia. Dengan mudah kalian dapat membuat blog sesuka hati kalian tanpa ribet dan terjangkau pastinya dengan  Cara membuat Website yang baik. Di Exabytes kalian juga mendaptkan promo yang menarik dengan Beli Hosting Gratis Domain. Bagaimana? untungkan dan mudah membuat web atau blog di Exabytes. Ayo segera daftarkan diri anda untuk membuat bisnis dan menjadi sukses dengan Exabytes.


3. Beriklan

Iklan adalah senjata ampuh mencari pelanggan dengan iklan tersebut calon pelanggan akan tahu tentang apa yang kita promosikan dan tentunya iklan yang memiliki daya tarik yang menggerakkan calong pelanggan ada rasa penasaran ingin mengetahui.


4. Maksimalkan yang kita miliki

Memanfaatkan akun jejaring sosial kita seperti facebook, twitter, google plus sebagai tempat share melihat dari masyarakat kita yang lebih suka bermain dengan facebook dan twitter sebagai pengisi waktu luang dan menghabiskan waktu.


5. Tentukan segera jenis barang bisnis atau layanan jasa yang akan Anda jual

Ada banyak produk yang cocok dijual di internet seperti buku, aksesoris, pakaian, elektronik atau berupa layanan jasa seperti jasa desain, jasa penulisan, jasa pembuatan website atau blog dan lain sebagainya. Tentukan dahulu apa yang menjadi tujuan produk atau jasa bisnis Anda.


6. Segera bangun toko online baik melalui jejaring sosial, blog ataupun website toko online.

Misalnya di Facebook, Instagram, Blogger


7. Lakukan promosi online yang gencar

Kesuksesan sebuah bisnis sangat ditentukan dari seberapa besar usaha marketing yang telah dilakukan. Demikian juga dengan peluang bisnis online yang Anda garap.Bisnis online menuntut Anda melakukan upaya-upaya marketing yang kreatif dan unik sehingga membuat para pengguna internet tertarik untuk melihat produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan.


8. Perpaduan pemasaran online dan pemasaran dunia nyata

Jika mulai tertarik untuk merambah ke pemasaran online, sebaiknya jangan pernah tinggalkan marketing di dunia nyata. Kombinasikan dan jalankan kedua-duanya sehingga hasil yang diperoleh akan lebih maksimal. Pasar dunia nyata juga memiliki prospek yang sangat baik, dengan cara menjalankan keduanya secara bersamaan, artinya ada dua peluang yang sudah dilakukan. Hasilnya, produk pun akan semakin banyak dikenal orang.


9. Memperbanyak relasi jaringan di dunia maya

Sebelum yakin dengan pilihan pemasaran online, pastikan memang memiliki jaringan yang cukup kuat di dunia maya. Misalnya memiliki beberapa akun jejaring sosial yang memiliki jumlah teman yang sudah penuh, memiliki akses website yang mudah ditemukan oleh para pengguna internet dan sebagainya. Kita juga bisa memanfaatkan fasilitas email untuk mempromisikan berbagai produk bisnis. Namun, juga perlu memerhatikan etika dalam menjalankan pemasaran online, misalnya dengan tidak melakukan spaming.


10. Menjaga kredibilitas perusahaan di dunia maya

Dunia maya atau dunia online merupakan dunia yang rentan dengan kasus-kasus penipuan. Banyak orang malas dan tidak berminat membeli sebuah produk bisnis melalui internet dengan alasan takut dengan berbagai kasus penipuan. Inilah permasalahan utama dalam pemasaran online. Maka, kita perlu mengatasinya dengan menjaga kredibilitas perusahaan yang dimiliki. Caranya adalah dengan menunjukkan eksistensi dan identitas yang jujur dan transparan kepada pelanggan. Mungkin banyak diantara kaum milenial yang enggan menjalankan bisnis, artinya kita juga harus sudah siap menghadapi berbagai risiko bisnis.


11. Jujur

Modal akhir senjata ampuh untuk sukses adalah jujur, kita tidak melakukan pembohongan terhadap pelanggan kita, dan jasa atau produk yang kita jual benar dan baik adanya. Aktivitas apapun yang kita jalankan sebenarnya memiliki risiko, terlebih lagi untuk sebuah usaha yang dijalankan dalam upaya mewujudkan sebuah kesuksesan dalam hidup. Bisnis adalah pekerjaan penuh risiko, inilah yang menjadi alasan utama orang-orang yang enggan menekuni dunia bisnis.


Melihat berbagai bentuk risiko bisnis di atas, apakah kita akan takut dalam menjalankan sebuah bisnis usaha? Yang paling diperlukan adalah bagaimana upaya dan strategi yang harus kita lakukan untuk menghadapi berbagai risiko bisnis tersebut.

Berikut ini diberikan berbagai cara dan langkah yang bisa kita lakukan untuk menghadapi berbagai risiko bisnis yang mungkin akan muncul.

  1. Bersabar dan memahami bahwa tak ada aktivitas tanpa risiko, tak ada kesuksesan tanpa adanya pengorbanan dan perjuangan.
  2. Mempersiapkan berbagai alternatif sebelum risiko bisnis itu datang.
  3. Membangun hubungan yang baik dengan semua orang adalah cara terbaik untuk menghadapi risiko bisnis berupa rasa iri dan kebencian orang lain.

 

Meningkatkan Bisnis Secara Online


Bila Anda seorang yang mempunyai bisnis online atau lebih spesifiknya lagi seorang yang berjualan produk secara online tentunya sering mengalami hambatan dan permasalahan. Inti dari semua permasalahan Anda sebetulnya adalah Anda ingin 'sukses' dalam berbisnis, sukses ini tercapai dengan sarana penjualan produk Anda yang meningkat. Ada beberapa tips yang dapat dimanfaat untuk dapat meningkatkan penjualan produk secara online yaitu dengan cara :

  1. Perlihatkan kepada calon customer Anda bahwa Anda begitu antusias terhadap Produk dan bisnis Anda. Jika Anda Antusias, mereka pun akan antusias karena antusias itu bersifat menular.
  2. Akhiri E-mail penjualan Anda dengan kata-kata close yang mantap seperti bonus tambahan, harga diskon, pengingat praktis, dan deadline order, dsb.
  3. Tenteramkan customer Anda yang melakukan complain. Berikan jaminan refund dari uang mereka, atau berikan mereka diskon, berikan mereka bonus, berikan mereka solusinya atas masalah tsb, dsb.
  4. Buat sedemikian rupa agar customer Anda merasa tertarik terhadap bisnis. Anda sehingga mereka akan menceritakan hal itu kepada rekan-rekan bisnis yang lain. Berikan mereka sesuatu yang gratis juga menarik sebagai bonus, atau sejenisnya.
  5. Tumbuhkan keyakinan ekstra pada prospek Anda sehingga mereka kelak akan membeli dari Anda. Gunakan referensi yang baik dari orang-orang yang telah menjadi customer Anda sehingga mereka bisa melihat siapa saja yang telah menjadi customer Anda, berikan juga jaminan atau garansi kepada mereka, dan sebagainya.
  6. Buat pada situs web Anda opt-in list sehingga pengunjung situs Anda dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan e-books, software, kontest, atau sesuatu yang gratis yang dapat ditukar dengan alamat e-mail mereka karena secara psikologi mereka lebih suka mendapat sesuatu yang bagus gratis walaupun mereka sanggup membelinya.
  7. Jangan lupa prinsip aturan 80-20, artinya 80% dari isi situs Anda harus berisi informasi atau hal-hal yang disukai secara umum bagi para pengunjung sedangkan sisanya 20 % atau kurang berisi profil perusahaan Anda serta produk atau jasa yang Anda pasarkan.
  8. Upayakan apabila customer Anda membeli sesuatu dari Anda, mereka mendapatkan sebagian atau sedikit dari apa yang mereka pesan hal itu bisa dalam bentuk sesuatu yang mereka bisa dapatkan secara online.
  9. Tulis sebuah artikel ke sebuah penerbit dari suatu newsletter online, Hendaklah hal itu dalam bentuk artikel yang bersifat informasi jangan bersifat iklan.
  10. Perlihatkan kepada prospek Anda bahwa Anda adalah seorang yang pakar di bidangnya karena hal tersebut dapat meyakinkan mereka. Anda dapat menerbitkan sebuah artikel, menulis sebuah ebook, dan sejenisnya.


Peluang usaha online selain berbisnis online dapat dilakukan dengan berjualan di Marketplace, Menjadi Streamer, Menjadi Seorang Blogger, Bisnis Dropshipper, Jasa Desain, Menjadi Reseller produk ternama, bisnis hijab dan bisnis-bisnis online lainnya. Kalian tinggal memilih sesuai dengan kemampuan kalian.


Sekian Strategi Bisnis Online untuk Kaum Milenial Di Tahun 2021 yang bisa saya sampaikan, tetap semangat dalam memulai bisnis, jangan takut untuk mulai. Hadapi dengan kerja kerasa dan senyuman untuk meraih kesuksesan.