Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengisi PUASN Sistem Informasi Pendataan ASN




Cara Mengisi PUASN  Sistem Informasi Pendataan ASN


PETUNJUK OPERASIONAL PUASN SISTEM INFORMASI PENDATAAN ASN KANTOR REGIONAL III BKN BANDUNG


Sistem Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik (e-PUPNS) berfungsi sebagai perangkat (tool) dalam dalam mendukung kegiatan pendataan ulang PNS, sistem ini juga berfungsi sebagai sarana untuk membangun komunikasi antar semua pihak yang terkait dalam proses pendataan ulang PNS.

 

Sistem Informasi Pendataan ASN disediakan bagi ASN Instansi Daerah di Wilayah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten sebagai rangkaian Proses Pra Persiapan Pemutakhiran Data Mutakhir yang dilakukan secara mandiri oleh ASN.


Sistem Informasi Pendataan ASN ditujukan untuk memfasilitasi Instansi Daerah di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten dalam rangka pengumpulan email aktif pribadi dan email government serta nomor handphone ASN yang selanjutnya dilakukan rekon email oleh Admin Instansi Daerah. Untuk dapat memulai aplikasi dapat dilakukan dengan cara membuka browser terlebih dahulu, kemudian ketikan alamat url : http://kanreg3.id/puasn. User harus memilih instansi tempat bekerja pada menu dropdown Pilih Instansi dan mengetikan NIP pada text box NIP yang tersedia. Setelah itu pilih tombol CEK NIP.

 

PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI


Setelah menekan tombol CEK NIP maka akan terdapat tampilan data ASN yang dimaksud. Terdapat Informasi yang sudah terisi yaitu Instansi, NIP, dan Nama. User diwajibkan mengisi data dari kolom email aktif, email government, dan nomor telepon.


Sebelum menyimpan data User juga diwajibkan untuk mengisi kode anti spam dari gambar yang tersedia. Setelah semua terisi, user dapat menekan tombol SIMPAN DATA dan data akan tersimpan di database kanreg3.id.


PUPNS atau Pendataan Ulang PNS secara Elektronik (ePUPNS) adalah Reformasi sistem birokasi dari konvesional menjadi modern berbasis teknologi informasi sesuai dengan perkembangan sistem yang ada dalam segi kehidupan termasuk bagi pegawai negeri sipil (PNS) menggunakan Pendataan Ulang PNS (e-PUPNS) BKN. PNS kini telah berubah menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) yang telah diatur dalam Undang-undang No. 5 Tahun 2014.

 

Registrasi PUPNS BKN

Sistem Eletronik Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (EPUPNS) merujuk pada situs resmi BKN yang beralamat di epupns.bkn.go.id bisa diakses online 1x24 jam, kecuali pada kondisi ramai karena situs menjadi overload dan sulit diakses. Sedangkan Registrasi PUPNS BKN bisa dilakukan melalui url epupns.bkn.go.id/registrasi

EPUPNS BKN merupakan terobosan baru Badan Kepegawaian Negara sebagai upgrade atas sistem konvensional yang telah bertahan puluhan tahun.

 

Keuntungan PUPNS BKN Registrasi

Terdapat banyak keuntungan dari mutasi sistem manual ke EPUPNS antara lain:

1.      Kredibilitas data bisa dipertanggung jawabkan karena telah melewati sistem Verifikasi di Daerah

2.      Ontime dari waktu ke waktu, jadi bisa dilakukan pengecekan kapanpun dan dimanapun.

3.      Terintregrasi langsung ke Website BKN

 

Kekurangan Sistem EPUPNS saat Registrasi PUPNS]

Gress Info dari sistem pendataan pegawai PNS menggunakan EPUPNS ternyata tak luput dari kekurangan karena untuk mengintregasikan database data pegawai yang teregister ternyata butuh resource tinggi agar mampu mem-back up permintaan data tinggi saat akses online terhadap situs EPUPNS (tempat pendaftaran PUPNS) sedang tinggi.

Register Login ePUPNS dan PUPNS

1.      Info EPUPNS yang mengemukakan informasi mengenai cara login ataupun register EPUPNS BKN ini adalah bkn.go.id, secara ringkas ada poin yang harus diingat yakni:

1.      Tentang hari libur akses register PUPNS menjadi lebih lancar.

2.      Jumlah total pegawai PNS dibandingkan pegawai yang telah melakukan EPUPNS.

3.      Login EPUPNS bagi pegawai PNS atau ASN yang telah terdaftar di database BKN.

 

Registrasi PNS di EPUPNS BKN

Sanksi telah menunggu bagi PNS yang lalai melaksanakan proses registrasi PNS di website EPUPNS BKN yakni ancaman dipecat, untuk itu bersegeralah Registrasi EPUPNS maksimal semua verifikasi selesai pada 31 Desember 2015 atau dianggap mengundurkan diri sebagai PNS, dan yang perlu digaris bawahi adalah:

1.   Alamat resmi Registrasi PNS Online di EPUPNS BKN di pupns.bkn.go.id

2.   Solusi atas kendala yang terjadi saat registrasi pendaftaran ulang PUPNS di web BKN

3.   Kolom selanjutnya dalam formulir registrasi pendaftaran ulang PNS online PUPNS

4.   Cetak Kartu pendaftaran ulang PNS di PUPNS BKN

 

Peraturan BKN tentang EPUPNS

Peraturan Kepala BKN NOMOR 19 TAHUN 2O15 tentang Pedoman Pendataan Ulang PNS secara Elektronik

Pasal 1 Peraturan BKN tentang EPUPNS

Pedoman Pelaksanaan Pendataran Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 20I5 adalatr sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara ini.

Pasal 2 Peraturan BKN tentang EPUPNS

Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan. Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia.

 

Registrasi PUPNS Guru

Segeralah lakukan pendaftaran karena jika 2 bulan yang akan datang masih belum melakukan pendaftaran maka PNS yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri, selanjutnya tentang tata cara Registrasi PUPNS Guru 2015.

1.      PNS Guru memiliki jumlah terbanyak dibandingkan dengan PNS lainnya

2.      Kebijakan Pemerintah: PNS dipecat jika belum Registrasi PUPNS hingga 31 Desember 2015

3.      Cara Mudah Registrasi PUPNS Guru 2015

 

Dalam keadaan tertentu proses registrasi sulit dilakukan sehingga butuh kesabaran agar pendaftaran bisa berhasil hingga semua proses sukses dilaksanakan dengan baik hal ini karena server BKN memiliki keterbatasan daya tampung sehingga tidak mampu melayani semua pegawai PNS yang ada di Indonesia secara bersamaan.

 

Cara Registrasi PUPNS

1.      Pada NIP BARU silahkan isi menggunakan NIP Pegawai PNS yang akan dilakukan pendataan ulang, format nip yakni tahun lahir - bulan lahir - tanggal lahir - tahun diangkat - bulan diangkat - kode jenis kelamin - nomor pegawai, contoh: 199009012010091001

2.      Jika NIP BARU telah terisi dengan benar selanjutnya klik CARI nantinya secara otomati NAMA dan INSTANSI terisi sesuai dengan data pegawai masing-masing yang berada dalam web BKN.

3.      Untuk poin selanjutnya silahkan masukkan email aktif untuk pengiriman kabar sewaktu-waktu dan ini juga penting untuk proses-proses selanjutnya.

4.      Jika semua dirasa telah lengkap bisa klik LANJUT untuk mengakses kolom pendataan tahap kedua.



 

6 comments for "Cara Mengisi PUASN Sistem Informasi Pendataan ASN"

  1. bagaimana cara masuk k alamat linkya! dah beberapa x susah masuk malam juga susah masuk! mohon solusinya

    ReplyDelete
  2. mau masuk ke link http:kanreg3.id/puasn susah aplikasi tidak terjangkau

    ReplyDelete
  3. mau masuk ke link http:kanreg3.id/puasn susah aplikasi sulit pisan uey

    ReplyDelete
  4. mohon bertanya pak admin saya mengisi sesuai jenis pns dan isi NIP tapi keluar tulisan " N I P yang Anda masukkan tidak terdaftar dalam instansi yang Anda pilih, silahkan periksa kembali." saya tanyakan ke pihak BKPPSDM kabupaten bilangnya suadaha ada data email dan no. hp nya tapi kenapa pas saya mengisi sendiri di link htpp://kanreg3./pupsn.id tetap gak bisa mohon arahannya, terimakasih

    ReplyDelete