Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh Program KKN Menyenangkan dan Efektif

A.  

 

1.      Nama Kegiatan         : Seminar Kewirausahaan

Deskripsi Kegiatan            :

Kegiatan seminar kewirausahaan dilaksanakan pada hari Rabu, 31 Juli 2019. Sasaran kegiatan seminar kewirausahaan ini adalah masyarakat yang memiliki usaha (home industry) ketua RT dan RW dan di hadiri oleh mahasiswa KKN dari Universitas Perjuangan Tasikmalaya. Kegiatan seminar kewirausahaan ini dihadiri kurang lebih 40 orang. Pada kegiatan ini saya berperan di bidang acara yang bertugas membuat konsepan acara, mengatur waktu pelaksanaan termasuk membuat rundown juga memeriahkan kegiatan seminar kewirausahaan. Tema yang di angkat pada kegiatan seminar kewirausahan ini adalah “Mengembangkan Keterampilan Wirausaha Handal dan Berkualitas.” Pada seminar tersebut di bahas beberapa hal penting yang dibutuhkan oleh masyarakat Desa Sukajadi terlebih yang memiliki usaha. Materi yang diberikan pada seminar kewirausahaan ini yaitu : menjelaskan tentang pengelolaan usaha yang dikembangkan, cara pengelolaan sumber daya manusia dan produk yang dihasilkan, memberikan pemahaman mengenai pentingnya pengelolaan kemasan dalam pendistribusian produk, menjelaskan tentang langkah-langkah legalitas produk dan memotivasi wirausaha untuk mandiri dan unggul.


2.      Nama Kegiatan         : Sosialisasi Sikat Gigi dan Pemberian Obat Cacing

Deskripsi Kegiatan            :

Kegiatan Sosialisasi Sikat gigi dan pemberian obat cacing dilaksanakan pada hari Senin-Selasa tanggal 22-23 Juli 2019. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Puskesmas Kecamatan Cisayong dalam pemberian obat cacing dan membantu meminjamkan alat peraga untuk simulasi sikat gigi. Sasaran kegiatan ini adalah Siswa SD yang berada di Desa Sukajadi yaitu SDN Sindangsari, SDN Sukajadi 1, 3 dan 4 dengan jumlah keseluruhan siswa yang berpartisipasi kurang lebih 400 orang. Hari pertama dilaksanakan di SDN Sindangwangi dengan jumlah sasaran kurang lebih 70 orang, hari kedua dilaksanakan di SDN 1, 3 dan 4 Sukajadi dengan sasaran kurang lebih 300 orang di hari yang sama namun dengan waktu berbeda, kegiatan tersebut di laksanakan out door. Pada kegiatan sosialisasi sikat gigi dan pemberian obat cacing saya berperan sebagai pemateri dalam simulasi sikat gigi.


3.      Nama Kegiatan         : AMBULAN (Ampar Buku Jalan-Jalan)

Deskripsi Kegiatan            :

Ambulan atau kepanjangan dari ampar buku jalan-jalan merupakan program rutin yang dilakukan oleh KKN kelompok 11. Kegiatan ini dilaksanakan 4 kali dalam satu minggu dengan lokasi yang berbeda-beda pada setiap harinya. Sasaran ampar buku jalan-jalan ini adalah siswa dari jenjang SD sampai SMA di tempat tertentu yang memiliki keramaian anak-anak, seperti lapangan, pelataran masjid dan madrasah. Kegiatan ambulan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca pada anak-anak yang berada di Desa Sukajadi. Kegiatan Ambulan ini tidak hanya membaca buku yang ajarkan, akan tetapi anak-anak usia SD di berikan permainan, anak usia SMP-SMA di berikan kesempatan untuk menceritakan kembali isi bacaan yang telah dibacanya juga melakukan diskusi. Pada kegiatan ampar buku jalan-jalan saya bertanggungjawab dalam melakukan diskusi dengan anak SMP-SMA. Kegiatan ambulan (ampar buku jalan-jalan) dilaksanakan dengan berjalan kaki dan membawa pengeras suara sampai menuju ke titik lokasi yang telah di tentukan sebelumnya.


4.      Nama Kegiatan         : SMART DAY

Deskripsi Kegiatan            :

Smart day adalah kegiatan yang bersifat kondisional dimana kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membimbing anak-anak, khususnya anak SD yang kesulitan dalam mengerjalan tugas sekolah. Kegiatan ini biasanya dilakukan setelah anak-anak pulang dari sekolah diniyah. Selain membimbing dalam mengerjakan tugas sekolah, kita memberiakan pengetahuan atau ilmu tentang pelajaran yang akan di pelajari di sekolah, memberikan seputar pengetahuan umum untuk anak usisa sekolah dasar, dengan kata lain smart day ini merupakan kegiatan les. Pada kegiatan ini saya berperan secara fleksible, terkadang membimbing anak dalam mengerjakan tugas atau memberikan pengetahuan baru kepada anak seputar materi yang belum di ajarkan di sekolah.


5.      Nama Kegiatan         : CHILDERN COMPETITION  (Lomba Anak)

Deskripsi Kegiatan            :

Children competition adalah lomba anak yang terdiri dari lomba fashion show dan tahfidz. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu sampai Kamis tanggal 07-08 Agustus 2019. Lomba anak ini dilaksanakan di dua tempat yang berbeda. Tanggal 07 Agustus 2019 dilaksanakan lomba fashion show anak yang bertempat di GOR Desa Sukajadi dengan peserta kurang lebih 25 orang, sedangkan pada tanggal 08 Agustus 2019 dilaksanakan lomba tahfidz yang bertempat di Masjid At-Taqwa Cirando Desa Sukajadi dengan peserta kurang lebih 20 orang. Kegiatan lomba anak ini di buka secara resmi oleh Sekertaris Desa Bapak Soni Farwar. Pada kegiatan lomba anak ini saya bertanggungjawab sebagai ketua pelaksana kegiatan, yang bertugas sebagai pengarah dalam kegiatan ini. Kejuaraan di ambil tiga besar dari setiap lomba yang akan diumumkan pada tanggal 19 Agustus 2019 yang bertepatan dengan acara perpisahan KKN 11 UPI. Dewan juri untuk mata lomba fashion show adalah mahasiswa UPI yang menyelenggrakan lomba yaitu Reni, Shinta dan Astri, sedangkan juri untuk tahfidz yaitu Ustad Hedi, Ustad Tatan dan Ustad Hadi. Kegiatan lomba anak ini selain di ikuti oleh peserta lomba juga di hadiri oleh dosen pembimbing KKN, yaitu Bapak Oyon Haki Pranata, M.Pd juga orangtua dan masyarakat setempat untuk mendukung masing-masing peserta lomba.


6.      Nama Kegiatan         : CLEAN DAY

Deskripsi Kegiatan            :

Clean day adalah program mingguan yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali dengan lokasi yang berbeda pada setiap minggunya. Clean day atau kerja bakti ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam membersihkan tempat-tempat umum seperti jembatan,masjid dan madrasah. Kegiatan ini dilaksanakan diantaranya di masjid dan madrasah As-Sidiq Sukakarsa kepunduhan Karang Mulya, kerja bakti di sepanjang jalan Sukakarsa, kerja bakti di Masjid At-Taqwa Cirando juga berkolaborasi dengan Universitas Perjuangan Tasikmalaya dalam membersihkan jembatan di kepunduhan Kerenceng. Pada kegiatan ini seluruh KKN 11 UPI memiliki Job yang sama. Kegiatan kerja bakti ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat karena sangat membantu masyarakat dalam membersihkan tempat-tempat umum yang berada di daerah Desa Sukajadi. Kegiatan kerjabakti ini tidak hanya mahasiswa yang terlibat masyarakat pun ikut terlibat.


7.      Nama Kegiatan         : MAGRIB MENGAJI

Deskripsi Kegiatan            :

Kegiatan magrib mengaji merupakan kegiatan rutin KKN 11, dimana pada kegiatan ini semua mahasiswa bertanggungjawab akan pelaksanaanya, yang bertugas mengajarkan ngaji setiap harinya berbeda karena menggunakan system rolling.

8.      Nama Kegiatan         : ONE DAY ONE STORY

Deskripsi Kegiatan            :

Kegiatan ini berlangsung bersamaan dengan kegiatan sekolah madrah/diniyah. Dilaksanakan

pada hari Senin sampai Sabtu pukul 14.00. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang bersifat fleksible dengan sistem rolling. Dimana anak-anak terkadang berkunjung ke posko untuk mambaca buku, di sela-sela membaca buku kami selalu menyelipkan tentang kisah para Nabi dan Rasul. One day one story adalah program yang memberikan pengetahuan kepada anak-anak madrasah mengenai kisah para Nabi dan Rasul dengan tujuan untuk memberikan suri tauladan para nabi dan rasul yang bisa di aplikasikan oleh anak-anak usia sekolah dasar.


9.      Nama Kegiatan         : SEMARAK 17

Deskripsi Kegiatan            :

Semarak 17 adalah program yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memperingati Hari

Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada kegiatan ini panitia di bagi ke empat titik yang berbeda, yaitu di daerah Langkob, Karang Mulya, Sukakarsa, Kerenceng untuk turut serta memeriahkan kegiatan 17 an di daerah tersebut. Selain di bagi ke empat titik, kami pun mengadakan lomba untuk anak-anak usia SD diantaranya lomba estafet terigu, lomba balap kerupuk, lomba kelereng dan lomba jogged balon yang bertempat di sekitar posko yaitu di Sukakarsa. Saya bertugas sebagai acara di dusun Langkob.

10.  Nama Kegiatan         : MALAM PUNCAK DAN PERPISAHAN

Deskripsi Kegiatan            :

Kegiatan malam puncak dan perpisahan merupakan kegiatan pamungkas dari KKN 11 UPI Kampus Tasikmalaya, saya bertugas di bidang acara, dimana saya berperan mengatur dan membuat konsepan acara untuk memeriahkan malam puncak dan perpisahan. Peserta pada kegiatan ini adalah masyarakat desa Sukajadi, yang dihadiri oleh Kepala desa dan jajarannya, tim marawis dari Langkob juga Kerenceng, anak usia sekolah dasar sampai ibu-ibu yang sudah berumah tangga turut hadir memeriahkan acara ini. Kegiatan malam puncak dan perpisahan ini mempersembahkan penampilan kreasi tari anak, marawis, tablig akbar dan perpisahan.

 

Post a Comment for "Contoh Program KKN Menyenangkan dan Efektif"