Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Materi dan Kuis Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid-19



KUIS DAN JAWABAN

DIKLAT GURU BELAJAR SERI MASA PANDEMI COVID-19

TAHAP 2

Ingat seluruh pengalaman Anda dalam merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana alur pengalaman Anda sejak awal merancang hingga menerapkan pembelajaran jarak jauh? Bagaimana kondisi awal? Apa tantangan yang dihadapi? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi tantangan?

Jawaban Quiz 1

Setelah diumumkan siswa harus belajar dari rumah untuk mencegah penularan Covid-19, saya memulai pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan memanfaatkan WA group paguyuban kelas. Saya menyadari pembelajaran daring ini memerlukan dukungan orangtua.

Yang saya prioritaskan pertama adalah berkomunikasi dan meyakinkan orangtua siswa untuk mendukung kebutuhan belajar dari rumah bagi anak-anaknya.

Saya mulai mencari dan mempelajari aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran daring. Saya belajar otodidak menggunakan aplikasi google form dan zoom untuk penilaian hasil belajar siswa.


Yang pertama saya latih menggunakan aplikasi tersebut adalah orangtua siswa. Melalui WA paguyuban kelas, orangtua dikirimi panduan cara mengunduh sampai video tutorial penggunaan aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran. Tak jarang saya ditelepon orangtua siswa yang meminta pendampingan khusus cara menggunakan aplikasi pembelajaran tersebut.

Yang berat hanya di awal persiapan. Setelah orangtua memahami cara menggunakan aplikasi pembelajaran, mereka bisa mendampingi anaknya belajar menggunakan aplikasi tersebut.

Setelah orangtua mampu menggunakan aplikasi pembelajaran, sebulan sekali saya melakukan pertemuan melalui aplikasi zoom dengan orangtua. Mereka membahas rencana dan jadwal pembelajaran jarak jauh dan meminta masukan orangtua terhadap proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Cara ini efektif untuk mendapat dukungan dari orangtua dalam memfasilitasi anaknya belajar dari rumah. Walaupun sebagian besar pekerjaan orangtua siswa adalah petani, mereka mau mendukung dan mendampingi anaknya belajar.

Materi yang disampaikan melalui WA grup bisa melalui video, ataupun gambar sebagai penjelasan, sehingga anak-anak tidak bosan dan faktanya siswa lebih cepat mengerti daripada dengan pembelajaran melalui buku paket.

Dan untuk Ulangan Tengah Semester kemarin, saya menggunakan Aplikasi Google Form baik dalam soal pilihan ganda maupun soal essay.

Inti dari semuanya untuk menghadapi tantangan dalam pembelajaran jarak jauh yaitu bagaimana cara kita mengelola pembelajarannya. Saya menyesuaikan pemanfaatan aplikasi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran.


 

Dari pengalaman yang telah Anda jelaskan sebelumnya, bagaimana respon dan komentar dari siswa Anda? Apa usulan siswa untuk pengembangan pembelajaran jarak jauh selanjutnya?

Jawaban Quiz 2

Sebagai umpan balik dari siswa dan orangtua ternyata cukup baik dan mereka sangat berantusias, apalagi ketika pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) yang dulu disebut Ulangan Tengah Semester (UTS) dengan menggunakan aplikasi online sehingga siswa sangat senang belajar dan senang mengerjakan soal. Bahkan mereka mengusulkan untuk mengembangkan pembelajaran selanjutnya dengan cara yang lebih menarik lagi.

 

Apa perbedaan praktik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan antara sebelum dan sesudah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19? Tuliskan poin perbedaan beserta bukti dan penjelasannya.

Jawaban Quiz 3

Praktik pembelajaran jarak jauh yang saya lakukan sebelum mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19, diantaranya:

1.      Saya belum mengenal apa itu 5M hanya otodidak sekiranya apa yang bisa saya lakukan untuk mengatasi cara pembelajaran jarak jauh itu harus bagaimana.

2.      RPP yang saya tulis kurang begitu bermakna dan hanya bertujuan pada penyelesaian materi pembelajaran

3.      Materi ajar yang saya lakukan kurang begitu inovatif, hanya mengandalkan copas dari channel pengunggah video.

 

Praktik pembelajaran jarak jauh yang saya lakukan setelah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19, diantaranya:

1. Saya bisa mengerti tujuan 5M itu meliputi: Mendorong kolaborasi orangtua, guru dan murid untuk berdaya belajar dalam menghadapi situasi darurat akibat wabah virus corona. Memastikan anak mendapatkan personalisasi pengalaman belajar yang bermakna, menantang dan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak.

2. Melalui program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 saya mengenal apa itu RPP Merdeka Belajar yaitu RPP yang disederhanakan yang mana sebelumnya terdiri dari belasan komponen dan membutuhkan berlembar-lembar kertas, kini disederhanakan menjadi tiga komponen inti yang dapat dibuat hanya dalam satu halaman kertas. Tiga komponen tersebut, yaitu:

      a. Tujuan pembelajaran;

      b. Langkah-langkah pembelajaran (kegiatan); dan,

      c. Penilaian pembelajaran (asesmen).

Komponen-komponen lainnya adalah pelengkap. Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid. Kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efisien.

3. Saya berfikir bagaimana membuat materi ajar yang sesuai dengan apa yang akan diajarkan. Setelah mengikuti dan melihat video-video yang telah saya tonton melalui program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19, saya terinspirasi untuk membuat video sendiri dan menunggahnya di channel pengunggah video.

 

Silahkan unggah poster perbedaan pembelajaran jarak jauh sebelum dan sesudah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19

Contoh:




Post a Comment for "Materi dan Kuis Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid-19"