Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kreativitas dan Ciri-Ciri Kreativitas



KREATIVITAS

Pengertian Kreativitas

Kreativitas merupakan satu kata yang sering kita dengar dan kita pahami manfaatnya. Sekaligus konsep yang sangat penting yang memajukan peradapan manusia ditemukan dalam proses kreatif. Kreativitas begitu berharga dan perlu dipupuk sejak dini. Pertama proses kreatif merupakan perwujudan dari kebutuhan tertinggi manusia yaitu aktualisasi diri sehingga melalui kreativitas anak semakin berfungsi secara optimal sebagai manusia. Kedua, kreativitas adalah kemampuan untuk menemukan cara-cara baru dalam memecakan masalah. Ketiga, bersibuk diri dalam proses kreatif tidak saja bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa tetapi bermanfaat bagi anak sendiri. Keempat, kreativitaslah yang memungkinkan peradapan manusia berkembang pesat, sehingga kualitas hidup manusia pun semakin tinggi. (Munandar dalam Safaria ,2002:13).

 

Menurut Jamaris (2005:57) Kreativitas merupakan suatu ungkapan yang tidak asing lagi di dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi anak pra sekolah yang selalu berusaha menciptakan sesuatu sesuai dengan fantasinya. Kreativitas pada anak di Taman Kanak-Kanak ditampilkan dalam berbagai bentuk, baik dalam membuat gambar yang disukainya mampuh dalam bercerita atau bermain peran, seperti berpura-pura jadi ibu dan ayah ataupun menampilkan dalam berbagai bentuk gerakan aktivitas motorik halus seperti menggambar.

 

Roger (dalam Munandar 1962:18) Mengatakan bahwa sumber kreativitas adalah kecenderungan untuk mengaktulisasi diri, mewujudkan potensi, dorongan untuk berkembang dan menjadi matang, kecenderungan untuk mengekspresikan diri dan mengaktifkan semua kemampuan organism,sehingga Roger mengartikan Kreativitas adalah pengalaman untuk mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam dan orang lain.

 

Selanjutnya Chandra (1994:17), Memberi pengertian bahwa Kreativitas suatu kemampuan mental dan berbagai jenis keterampilan khas manusia yang dapat melahirkan pengungkapan yang unik, berbeda, orisinal, sama sekali baru, indah, efisien tepat sasaran dan tepat guna.

Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa kreativitas adalah sebuah bentuk gagasan atau ide-ide untuk dapat diterapkan dengan sedimikian rupa, dan kreativitas merupakan daya fantasi dan imajinasi anak,feleksibel, berdaya guna dalam berbagai bidang pengetahuan dan pengembangan untuk pemecahan suatu masalah.Adapun kreativitas yang dimaksud pada penelitian ini adalah menggambar dengan menggunakan media pasir

 

Ciri-Ciri Kreativitas

Menurut Dier (dalam Adam 1976 : 52) ciri kreativitas yang dikemukakan sebagai berikut: (1) Memiliki dorongan yang tinggi, (2) Memiliki keterlibatan yang tinggi, (3) Memiliki keingintahuan yang besar, (4) Memiliki ketekunan yang tinggi, (5) Cenderung tidak puas terhadap kemampuan, (6) Penuh percaya diri, (7) Memiliki kemandirian yang tinggi, (8) Bebas dalam mengumpulkan keputusan, (9) Menerima diri sendiri, (10) Senang humor, (11) Memiliki intuisi  yang tinggi, (12) Cenderung tertarik pada hal-hal komplek, (13) Bersifat konplek.


Post a Comment for "Kreativitas dan Ciri-Ciri Kreativitas"