Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lembar Kerja Siswa IPA SD Merawat Tanaman Mangga



Lembar Kerja Siswa IPA SD Merawat Tanaman Mangga

 

Mangga adalah buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Bentuk buah mangga bermacam-macam, ada yang berbentuk agak bulat, oval, lonjong, dan lain-lain. Buah mangga memiliki kulit yang berwarna hijau jika masih mentah. Warna kulit buah mangga ada yang berubah menjadi hijau kekuningan hingga oranye jika sudah masak.

 

Pohon mangga sering ditanam di pekarangan rumah atau kebun. Pemeliharaannya cukup mudah sehingga banyak orang suka menanam pohon mangga. Pemeliharaan pohon mangga meliputi penyiangan, pembumbunan, pemupukan, pemangkasan, dan pengendalian hama. Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut rumput atau tumbuhan liar di sekitar pohon mangga. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan pohon mangga tidak terganggu. Saat penyiraman tanaman, tanah di bawah pohon mangga akan merosot terbawa air. Pembumbunan dilakukan untuk menimbun kembali tanah yang merosot karena terbawa air.

 

Pemupukan dilakukan untuk membantu meningkatkan kesuburan tanaman. Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik dan pupuk anorganik. Pemangkasan juga perlu dilakukan secara rutin. Hal ini bertujuan agar produksi buah mangga jauh lebih baik. Pengendalian hama dan penyakit dilakukan dengan menyemprotkan pestisida dan insektisida pada tanaman. Penyemprotan pestisida dan insektisida hanya dilakukan saat hama dan serangga menyerang. Hama yang sering menyerang antara lain kepik buah, lalat buah, codot, dan tungau.

 

Lengkapilah teka-teki silang berikut berdasarkan teks bacaan!



Mendatar

1. Warna mangga yang masih muda.

3. Hama yang sering menyerang pohon mangga.

4. Hewan yang makan buah mangga di pohon.

8. Salah satu bentuk buah mangga.

10. Pekerjaan mencabut rumput atau tumbuhan liar.

 

Menurun

2. Pupuk yang digunakan untuk pohon mangga.

5. Tempat menanam pohon mangga.

6. …… diberikan pada tanaman untuk meningkatkan kesuburan tanah.

7. Rasa buah mangga yang masak.

9. Benda ini sangat dibutuhkan tanaman.