Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Dan Trik Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Lolos Tes CPNS




Tips Dan Trik Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) agar Lolos Tes CPNS
JADI PNS

Harus anda ketahui bahwa sistem dan tata kelola ujian CPNS zaman dahulu dan sekarang sudah jauh berbeda. Pemerintah berbenah untuk menyiapkan calon pemimimpin masa depan yang prefesional dengan proses yang bersih, transparan, akuntabel, dan cepat dengan berbagai cara. Salah satu metode yang terlihat perubahannya adalah ujian dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

CAT merupakan metode ujian yang dikembangkan oleh pemerintah dimana prosedur ujian tidak lagi menggunakan kertas dan semacamnya, tetapi sudah terhubung langsung dengan komputer. Dengan CAT, peserta akan mendapatkan soal secara acak yang sudah di atur oleh program sehingga bisa saja antar komputer akan menampilkan soal yang berbeda. Hasil ujian pun akan langsung keluar beberapa saat setelah ujian selesai sehingga sangat efisien dari segi waktu.

Saya sendiri benar-benar mengapresiasi metode ujian berbasis CAT. Dengan sistem ini, proses ujian CPNS tentu menjadi lebih bersih dan transparan. Seringkali kita mendengar bahwa CPNS sangat rawan dengan orang-orang titipan yang berkuasa. Entah hal ini benar atau tidak. Karena hal itu, pandangan orang terhadap PNS pun menjadi sinis mengingat banyaknya rumor negatif yang beredar dalam proses rekrutmen. Dengan metode CAT, semoga semua rumor ini akan terbantahkan secara perlahan.

TKD CAT terdiri dari tiga bagian materi tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dimana total jumlah soal yang harus dikerjakan para peserta sebanyak 100 soal dalam waktu 90 menit atau 5.400 detik. Berarti, waktu pengerjaan untuk satu soal selama 54 detik.

Agar para peserta dapat menyelesaikan keseluruhan soal dengan baik dan tepat waktu, memang diperlukan teknik dan strategi jitu. Kerjakan soal yang mudah-mudah dulu karena mengerjakan soal tidak harus runtut sesuai nomor urut soal. Kalau memang soal yang sedang dihadapi rumit, meloncat saja ke soal berikutnya, begitu seterusnya. Cara seperti itu efektif dalam merampungkan seluruh soal sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia.
Berdasarkan pengalaman tes-tes sebelumnya, secara umum keseluruhan soal dapat dilalui oleh para peserta yang memang sudah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) berisikan materi seputar Pancasila, UUD 1945 dan amandemennya, Bhinneka Tunggal Ika , NKRI dan lainnya dengan jumlah 35 soal. "Ya ini berisikan pengetahuan umum, cukup mudah untuk dijawab".

Tes Intelegensia Umum (TIU) terdiri dari 30 soal guna menguji intelegensi seseorang berkaitan dengan verbal dan analisis sistematisnya. "Contohnya, kalau Indonesia itu ibukotanya Jakarta, kalau Malaysia itu Kuala Lumpur".

Sedangkan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) menguji kemampuan untuk masalah adaptasi dan berprestasi. Misalnya, kalau seseorang sedang naik motor dan mendapati orang tua hendak menyeberang jalan, apa yang akan dilakukan.

"Bagi jawaban yang mengatakan akan berhenti dan menuntun si orang tua menyeberang jalan, nilainya tentu lebih tinggi dari jawaban yang mengatakan cukup menyetop motor dan membiarkan sang orangtua menyeberang sendiri".
Dibawah ini adalah trik dalam persiapan menghadapi ujian

Berdoa
Minta kepada Tuhan agar diberikan hasil yang terbaik pada ujian TKD. Semua keringat dan kerja keras kita tak akan berarti bila tidak ada kehendak Tuhan. Mintalah pertolongan kepada-Nya agar bisa menghadapi ujian dengan lancar tanpa kendala.

Belajar secara konsisten
Banyak orang yang meremehkan model ujian TKD sehingga memasrahkan hasilnya pada Tuhan. Padahal, butuh kerja keras dan ketekunan agar bisa lulus mengalahkan ribuan bahkan puluhan hingga ratusan ribu pendaftar. Oleh karena itu, belajarlah secara konsisten setiap hari agar tidak kaget saat menghadapi ujian nanti. Tidak perlu lama-lama. Belajarlah sekitar 30 menit per hari menyelesaikan soal-soal CAT agar kita sudah terbiasa saat ujian. Hindari sistem belajar kebut semalam ya.

Latihan simulasi CAT
Sedapat mungkin, berlatih pula dengan simulasi CAT agar tidak gagap menghadapi ujian dengan komputer. Saya yakin, ada orang yang sama sekali belum pernah menhadapi ujian dengan komputer sebelumnya. Karena itu, latihan dengan menggunakan simulasi CAT juga penting agar kita terbiasa saat ujian. Tryout yang kami rancang saat ini sudah disesuaikan dengan sistem CAT yang asli kok.

Minta doa kedua orang tua
Bersyukurlah yang orang tua-nya masih hidup dan sehat walafiat. Mintalah doa dari beliau agar Tuhan memberikan kemudahan terhadap ujian yang akan anda hadapi.

Jaga kesehatan
Semua persiapan di atas tidak ada artinya bila anda tidak dalam kondisi prima saat menghadapi ujian. Tidak perlu memaksakan diri belajar hingga larut malam sehingga membuat kondisi tubuh menjadi drop. Makanlah secara teratur dan bergizi sehingga anda bisa menyelesaikan ujian CPNS dalam kondisi terbaik.

Dibawah ini adalah trik dalam pengerjaan ujian
Mendahulukan soal Karakteristik Pribadi.
Di dalam TKD ada 3 jenis soal yaitu Tes Intelejensi Umum, Tes Wawasan Kebangsaan, dan Tes Karakteristik Pribadi. Dalam hal ini disarankan agar kamu mengerjakan soal Karakteristik Pribadi terlebih dahulu untuk memanen skor. Kerjakan saja semua jangan ada yang ditinggalkan, jika bisa dalam sekali baca langsung saja jawab, jangan diulang-ulang agar tidak menghabiskan waktu. Selain itu mengerjakan soal karakteristik pribadi sangat cocok buat pemanasan untuk menjawab soal yang lain, jika misalnya mengerjakan soal hitung-hitungan langsung mungkin saja otak kita belum panas.

Urutan mengerjakan tes TKD dan waktu pengerjaan
TKP (30) menit, TWK (25) menit, TIU (35) menit.

Jawab semua soal.
Meski kamu nggak tahu jawaban dari soal yang ada di depan kamu, sebaiknya kamu menjawab semua soal tanpa kecuali, entah kamu tahu jawabannya atau tidak. Alasannya adalah tidak ada nilai minus jika kamu salah dalam menjawab soal, sementara jika satu soal dibiarkan kosong maka akan mendapat nilai minus. Jadi, usahakan diisi semua ya.

Trik jawab asal
Jika kamu mentok dan nggak tahu jawabannya, ada trik yang bisa kamu lakukan. Misalnya kamu tak tahu jawaban dari 5 soal, maka caranya adalah kamu bisa memilih C untuk semua soal itu. Kenapa mesti jawab satu opsi untuk semua? Ini hanya untuk meningkatakan kemungkinan mendapat nilai. Semua soal pasti memiliki jawaban dari A,B,C,D, dan sangat jarang ditemukan soal dengan jawaban yang sama 2 kali berurutan. Kemungkinan untuk mendapat nilai pada kelima soal tersebut meningkat minimal mendapat nilai pada satu soal dari kelima tersebut.

Menghapal nama kabinet tiap presiden
Selain tes karakteristik pribadi, ada tes lain yaitu wawasan kebangsaan. Untuk tes kebangsaan lebih baik kamu persiapkan dengan menghapal nama-nama kabinet setiap presiden, karena soalnya kebanyakan mengenai Indonesia pada saat tahun 90an ke bawah.Jadi kamu harus banyak-banyak belajar tentang Indonesia di masa tahun 90an ke bawah.

Memaksimalkan waktu
Soal Tes Kompetensi Dasar terdiri dari 100 soal dengan waktu 90 menit. Itu artinya kamu punya waktu tidak sampai 1 menit untuk menyelesaikan 1 soal. Sebaiknya untuk soal seperti Antonim atau Sinonim langsung kamu jawab saja setelah membaca soalnya, hal ini dilakukan agar tidak menghabiskan waktu. Sementara untuk soal hitungan, belajarlah trik mengenai persentasi, aljabar, persamaan, atau hitung cepat. Tapi yang penting, janganlah keluar dari ruangan ujian sebelum waktu ujian berakhir. Maksimalkan seluruh waktu yang ada untuk memeriksa jawaban anda. Siapa tahu, ada jawaban yang salah dan bisa diperbaiki. Tidak perlu gusar ikut-ikutan teman yang sudah duluan keluar. Toh, hasil ujian juga akan langsung terlihat begitu anda meng-klik tombol “selesai ujian”.

Kerjakan ujian dengan jujur
Jangan berharap anda bisa mengerjakan ujian dengan mengandalkan bahan contekan apalagi joki. Lupakan dan buang pikiran tersebut jauh-jauh. Jangankan untuk berbuat curang, untuk izin ke WC saja anda akan berpikir dua kali. Ruangan ujian sudah dilengkapi dengan CCTV sehingga pengawas ujian bisa mengawasi ujian meski tidak di tempat. Ditambah lagi, soal ujian yang banyak dan rumit akan membuat anda berkutat penuh di depan komputer hingga selesai.

Tenang saat menghadapi ujian
Ini juga faktor yang sangat menentukan. Grogi saat menghadapi ujian adalah hal yang lumrah. Tapi, jangan sampai karena terlalu grogi membuat anda sulit berpikir dan melupakan semua hal yang telah anda pelajari. Tenangkan diri saat akan menghadapi ujian. Mungkin, dengan berdoa bisa meredakan diri anda.

Jumlah waktu yang disediakan selama 90 menit untuk 100 soal, cukup memadai bagi para peserta yang sudah menyiapkan diri sebaik-baiknya. Perhatikan hal-hal kecil yang bisa merusak konsentrasi dalam menjawab soal TKD CAT. Misalnya, jangan salah kostum karena sudah ditentukan.

Selain itu, jangan sampai lupa membawa kartu identitas pribadi, kartu pendaftaran dan syarat-syarat administratif lainnya yang sudah ditentukan sebelumnya.
Dan tidak kalah pentingnya, datanglah ke lokasi pelaksanaan tes setidaknya 30 menit sebelum tes dimulai. Kalau terburu-buru datangnya, bisa mengganggu persiapan dan konsentrasi para peserta.

Post a Comment for "Tips Dan Trik Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Lolos Tes CPNS"