Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar



Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar
Pembelajaran tematik sebagai suatu pendekatan belajar mengajar yang melibatkan beberapa mata pelajaran dalam satu tema untuk memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. “Pengalaman bermakna maksudnya anak memahami konsep-konsep yang telah mereka pelajari itu melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami” (Depdikbud, tim pengembang PGSD,1996). Pembelajaran Tematik pada dasarnya adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Pembelajaran tematik merupakan hal yang harus dilaksanakan pada pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum 2013. Pembelajaran tersebut dilaksanakan dari kelas I sampai kelas VI, sesuai dengan Permendikbud No. 67 Tahun 2013 sebagai berikut: “Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu dari Kelas I sampai Kelas VI. Mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dikecualikan untuk tidak menggunakan pembelajaran tematik-terpadu.” Pembelajaran Tematik selalu berkaitan dengan tema. Kegunaan tema dalam pembelajaran tematik antara lain:
a.Tema gunanya sebagai payung untuk mengkaitkan beberapa mata pelajaran.
b. Tema harus menarik dan bermakna bagi siswa untuk belajar selanjutnya.
c.  Tema disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa (dari khusus ke umum).
d.  Tema dipilih sesuai dengan ketersediaan sumber belajar.
Berdasarkan hal tersebut, pemilihan tema yang berhubungan dengan alam sekitar yang sering dijumpai peserta didik akan lebih bermakna. Pembelajaran tematik-terpadu sangat cocok untuk diterapkan disekolah dasar dan akan lebih memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran yang dipelajari pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Suryana (2017, hlm. 67) berpendapat bahwa :
            Pembelajaran tematik terpadu adalah pembelajaran yang dapat     menanamkan konsep dasar pengetahuan, dapat menambah pengetahuan          berupa fakta, dan dapat memberikan pembelajaran yang menarik karena           tema yang disampaikan adalah tema yang sangat dekat dengan anak,        sederhana, menarik, dan insidental (sesuai dengan peristiwa yang terjadi).
Oleh karena itu, pembelajaran tematik-terpadu berperan sangat penting terhadap proses belajar siswa sekolah dasar karena pembelajarannya diintegrasikan dalam bentuk tema sehingga siswa dapat mengeksplorasi pengetahuan yang didapat secara utuh, luas, dan menyeluruh.
Pada penelitian ini, peneliti mengambil beberapa mata pelajaran yang dilaksanakan secara tematik untuk diajarkan pada siswa kelas IV dan tergabung dalam sebuah tema yaitu Indahnya Keragaman di Negriku. Tema tersebut merupakan pengemasan dari mata pelajaran berdasarkan analisis KI dan KD yang tercantum dalam kurikulum. Mata pelajaran yang akan ditematikkan yaitu IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia.

Post a Comment for "Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar"