Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Kompetensi Abad 21 Lengkap


4 KOMPETENSI ABAD 21 LENGKAP
1. Berpikir Kritis
Berpikir kritis dan penyelesaian masalah (critical thinking and problem solving) keinginan untuk mencari tahu melalui proses analisis berpikir sistem dan evaluasi terhadap suatu keadaan untuk membuat keputusan melalui ide, bukti, alasan, dan informasi dalam upaya menyelesaikan masalah. Adapun indikator-indikator yang dapat dilatihkan atau dikembangkan sebagai kecakapan berpikir kritis yang dibutuhkan pada abad ke-21 yang mengadaptasi dari “EdLeader21” adalah sebagai berikut:
1.      Informasi dan penemuan.
2.      Interpretasi dan analisis.
3.      Penalaran.
4.      Problem solving/Solusi finding.
5.      Membangun argument.
6.      Refleksi.
Sebagaimana yang dipaparkan EdLeader21 bahwa dalam berpikir kritis harus mampu mengembangkan indikator-indikator kecakapan berpikir kritis seperti informasi dan penemuan. Peserta didik harus mampu menemukan informasi-informasi penting yang membuat peserta didik tersebut berpikir kritis seperti memecahkan sebuah permasalahan juga membangun argument dalam pemecahan masalah tersebut. Pengembangan berpikir kritis dilakukan dengan cara memberikan alasan secara efektif, menggunakan berpikir sistem, membuat pertimbangan dan keputusan, serta menyelesaikan masalah.

2. Kreativitas
Kreativitas dan inovasi (creativity and innovation): kelancaran dan keluwesan dalam berpikir dan mengungkapkan pikiran, serta kemampuan untuk memodifikasi (elaborasi) atau mencipta sesuatu yang baru (orisinalitas) baik berupa gagasan maupun karya nyata. Adapun indikator-indikator yang dapat dilatihkan atau dikembangkan sebagai kecakapan kreativitas yang dibutuhkan pada abad ke-21 yang mengadaptasi dari “EdLeader21” adalah sebagai berikut:
1.      Idea generation.
2.      Ide desain dan perbaikan.
3.      Keterbukaan dan keberanian untuk jelajahi.
4.      Bekerja kreatif dengan lainnya.
5.      Produksi kreatif dan Inovasi.
6.      Refleksi.
Kecakapan kreativitas yang dipaparkan EdLeader21 merupakan kecakapan yang sangat dibutuhkan dan harus dikembangkan oleh peserta didik. Kecakapan kreativitas tersebut tentunya akan sangat berguna untuk masa yang akan datang dimana dalam kehidupan nyata suatu pembaruan atau inovasi sangatlah diperlukan. Inovasi adalah penemuan baru melalui aplikasi, sintesis, pemaknaan kembali, berupa gagasan maupun karya nyata kreativitas baik dari segi ide desain ataupun perbaikan dari karya sebelumnya dan inovasi dapat ditandai dengan berpikir kreatif, bekerja kreatif, dan berinovasi.

3. Komunikasi
1. Komunikasi (communication), dan kolaborasi (collaboration): kemampuan menyerap, menyampaikan, dan menghubungkan informasi dan gagasan dengan dalam berbagai moda bahasa (lisan, tulis, isyarat, dan visual). Adapun indikator-indikator yang dapat dilatihkan atau dikembangkan sebagai kecakapan komunikasi yang dibutuhkan pada abad ke-21 yang mengadaptasi dari “EdLeader21” adalah sebagai berikut:
2.      Terlibat dalam percakapan dan diskusi.
3.      Menggunakan alat komunikasi abad 21.
4.      Mendengarkan.
5.      Berkomunikasi di lingkungan beragam.
6.      Menyampaikan presentasi oral.
7.      Refleksi
Komunikasi merupakan salah satu yang mengalami perubahan dari segi alat maupun penggunaannya. Komunikasi juga merupakan kecakapan yang harus dimiliki oleh siswa, disamping siswa pandai dalam suatu keterampilan, akan lebih bagus jika siswa tersebut bisa mengkomunikasikannya seperti terlibat dalam percakapan dan diskusi, berkomunikasi di lingkungan beragam, juga menyampaikan presentasi secara oral. Selain itu seiring dengan perkembangan zaman yang sangat pesat maka alat komunikasipun semakin beragam, Sehingga kecakapan komunikasi yang lain adalah berkomunikasi menggunakan alat komunikasi abad 21.

4. Kolaborasi
Kolaborasi (collaboration): kemampuan bekerja di dalam tim untuk mencapai tujuan bersama, termasuk kemampuan membangun kemitraan dan kemufakatan, serta dalam mencegah dan mengelola konflik. Adapun indikator-indikator yang dapat dilatihkan atau dikembangkan sebagai kecakapan kolaborasi yang dibutuhkan pada abad ke-21 yang mengadaptasi dari “EdLeader21” adalah sebagai berikut:
1.      Kepemimpinan dan inisiatif.
2.      Kerjasama.
3.      Fleksibilitas.
4.      Tanggung jawab dan produktivitas.
5.      Menggunakan teknologi untuk kolaborasi sinkronisasi dan tidak sinkronisasi.
6.      Responsif.
7.      Refleksi.
Kolaborasi juga merupakan salah satu kompetensi yang sangat penting di abad 21, karena pada abad sekarang hampir seluruh pekerjaan membutuhkan suatu kolaborasi atau kerja sama. Siswa dalam pembelajaran juga dituntut untuk bisa bekerja sama, juga bertanggung jawab dalam tugasnya. Selain itu refleksi dan responsif juga diperlukan karena tujuannya untuk mencapai tujuan bersama dan membangun kemitraan.

Post a Comment for "4 Kompetensi Abad 21 Lengkap"