Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Menonton Kartun Doraemon



Dulu waktu kecil kalian pasti suka cartoon ya. Apa aja si cartoon yang ada waktu era 90an sampai 2000an? Shinchan, conan, doraemon, dragon ball, one piece, dan masih banyak lagi. nah, di sini akan dibahas satu dari beberapa cartoon itu, yaitu “DORAEMON”. Cartoon buatan Jepang itu cukup membuat perhatian untuk anak-anak sampai dewasa. Kalian tau ga? Sebenarnya di dalam cartoon doraemon secara tidak langsung mengajarkan kita beberapa hal positif loh. Apa aja ya kira-kira hal-hal positif yang ada dalam cartoon doraemon?

1.      Doraemon mengajarkan kita untuk selalu ada saat teman susah maupun tidak
Ya, sudah terlihat di setiap petualangan doaremaon itu menceritakan persahabatan antara doraemon, nobita, sizuka, giant, dan suneo. Mereka menunjukkan kalau teman itu ada saat kita susah maupun senang. Dilihat dari petualangan-petualangan yang ada dalam cerita doraemon, ya walaupun keliatannya doraemon yang paling diandalkan, tapi mereka selalu ada untuk temanya dan selalu bekerja sama.

2.      Doraemon mengajarkan jangan selalu bergantung pada orang lain
Nah, dibeberapa adegan dalam cartoon doraemon ada sesi di mana doraemon menolak permintaanya nobita dan dalam prolognya doraemon mengatakan kalau dia bukannya tidak ingin membantu, tapi doraemon ingin nobita percaya sama diri sendiri tidak selalu meminta bantuan orang lain. Dari sini kita diajarkan kalau kita memang makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain, tapi tidak selalu kita bergantung dengan orang lain, kita harus bisa berdiri sendiri.

3.      Doraemon mengajarkan kalau sombong itu tidak ada gunanya
Biasanya nobita suka ditertawakan dan direndahkan sama giant dan suneo, lalu nobita meminta alat yang canggih untuk dikeluarkan sama doraemon supaya nobita bisa menyaingi giant dan suneo. Tapi alhasil nobita suka tertimpa musibah karena tidak bisa menggunakan alat itu. Kebiasaan nobita ketika meminta alat sama doraemon dan dijelaskan cara pakainya tapi nobita suka tidak ingin mendengarkan. Nah, sobat, jangan sombong ya kalau kita punya apapun yang lebih dari orang lain, apalagi kalau kita tidak bisa memakainya.

4.      Doraemon mengajarkan kalau memamerkan sesuatu itu tidak ada gunanya
Di dalam cartoon ini kita diajarkan untuk bisa rendah diri walaupun kita memiliki sesuatu yang hebat, tapi kita harus tetap rendah diri. Karena kehebatan kita itu tidak lepas dari bantuan orang lain.

5.      Doraemon mengajarkan jangan panik ketika menghadapi sesuatu
Hal seperti ini sering kita temui di adegan saat nobita kesusahan dan selalu panik mencari doraemon untuk meminta bantuannya. Nah, sobat, kita jangan tiru nobita ya yang selalu panik ketika ada masalah. Harusnya kita memiliki pikiran yang dingin ketika ada masalah. Supaya masalah juga dapat terselesaikan dengan baik.

6.      Doraemon mengajarkan kalau mencintai seseorang itu harus dengan perjuangan
Perjuangan nobita untuk mendapatkan sizuka ga gampang loh sobat. Dari sejak SD dia selalu belajar supaya menjadi pintar. Nobita tidak pernah menyerah untuk mendapatkan cintanya sizuka. Perjuangan ini harus ditiru ya teman-teman. Untuk mendapatkan cinta seseorang itu perlau adanya perjuangan. Untuk kaum pria, kalau mencintai seseorang ga usah deh ajak-ajak pacaran, itu namanya mempermainkan perasaan wanita, langsung aja datangin orang tuanya terus melamar anaknya. Nah, kan kalau gini baru namanya perjuangan yang sebenarnya sobat. Kece kan?

7.      Doraemon ngajarin kita untuk bercanda dengan teman tapi jangan berlebihan
Kita sering ya sobat bercanda sama teman. Tapi tolong batasi candaannya, jangan sampai melukai hati temannya apalagi melukai fisik temannya. Jangan ya sobat, kita gam au kan teman kita terluka karena perbuatan kita?

8.      Doraemon mengajarkan kalau setiap masalah pasti ada solusinya
Nobita biasanya yang suka pesimis ya sobat kalau dalam adegan di cartoon doraemon. Nah, jangan tiru sikap yang seperti ini ya. Karena di setiap masalah yang datang pada diri kita pasti ada solusinya juga sobat. Namun, kita hanya perlu sedikit bersabar saja.

9.      Kata doraemon bermain juga penting loh
Cita-cita dan mimpi biasanya menjadikan kita menjadi orang yang ambisius. Nah, jangan sampai ambisi kita terlalu memforsir tubuh dan pikiran kita ya sobat. Mengejar mimpi itu penting, tapi perhatikan juga tubuh dan pikiran kita yang perlu refreshing.

10.  Doraemon mengajarkan jangan pernah membentak orang tua
Nah loh sobat lihat nih pelajaran yang ada dalam cartoon ini. Jangan pernah membentak orang tua ya sobat. Karena saat kita membentak orang tua itu pasti perasaan orang tua kita sedih sekali sobat. Kita tidak ingin kan melihat orang tua kita menangis.

11.  Doraemon ngajarin kita untuk tidak menyepelekan kewajiban
Kita pasti memiliki kewajiban ya sobat. Baik itu di rumah ataupun di sekolah. Segeralah mengerjakan kewajiban kalian sobat jangan ditunda-tunda apalagi menyepelekan kewajiban. Nanti kita akan keteteran sendiri ketika kewajiban kita sudah numpuk.

12.  Jangan lupa tersenyum
Dalam film doraemon sering diperlihatkan kalau mereka selalu tersenyum dan bahagia walaupun rintangan ada di depan mereka. Nah, pelajaran yang bisa kita ambil, tersenyumlah sobat walaupun kita sedang susah.