Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menghitung Target Kurikulum, Daya Serap dan Taraf Serap Lengkap


Cara Menghitung Target Kurikulum, Daya Serap dan Taraf Serap

Target Kurikulum (TK), Daya Serap (DS), dan Taraf Serap (TS) biasanya dilaporkan kepada kepala sekolah bersamaan saat pelaporan hasil akhir belajar siswa (rapor) selesai diolah.
Rekapitulasi ini berfungsi untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian proses pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru terhadap siswanya selama satu semester.
Terkadang, baik TK, DS, ataupun TS terkesan diabaikan. Mungkin karena rumus perhitungannya yang tidak diketahui atau dianggap tidak terlalu perlu oleh sebagian guru.
Padahal, rekapitulasi ini sangat membantu para guru untuk melakukan refleksi maupun evaluasi kinerjanya, apa saja yang masih kurang atau mana saja yang perlu ditingkatkan.
Menghitung Target Kurikulum, Daya Serap, ataupun Taraf Serap tidaklah sulit. Hanya saja, sebagian guru mungkin terkendala pada minimnya sumber data yang dibutuhkan untuk menghitungnya hingga boleh jadi angka-angka yang dihasilkanpun juga tidak akurat atau sesuai dengan fakta yang ada.
Berikut ini akan saya paparkan bagaimana cara menghitung Target Kurikulum, Daya Serap, dan Taraf Serap yang betul dengan menerapkan rumus hitungannya. Silakan disimak baik-baik!

1.      MENGHITUNG TARGET KURIKULUM (TK)


Untuk  menghitung Target Kurikulum (TK), elemen yang dibutuhkan sebagai sumber data adalah Kompetensi Dasar (KD) per mata pelajaran selama satu semester.
Karena kita akan menghitung Target Kurikulum selama satu semester, maka kita harus mengetahui jumlah KD seluruhnya selama satu semester dan kita harus mengetahui mana saja KD yang tidak sempat atau belum kita ajarkan sebagai perbandingan untuk mencari ketercapaian Target Kurikulum nantinya.
Berikut adalah rumus penerapannya:
TK = KDT / SKD x 100

Keterangan:
TK adalah Target Kurikulum.
KDT adalah Kompetensi Dasar yang Terlaksana selama Pembelajaran.
SKD adalah semua Kompetensi Dasar selama satu semester.
100% adalah faktor pengali yang sifatnya konstan.
*) Semua bentuk lambang atau singkatan pada rumus ini tidak baku. Lambang atau singkatan yang penulis gunakan hanyalah sebagai alat bantu penghitungan.

 

Contoh menghitung Target Kurikulum

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia diketahui bahwa jumlah seluruh Kompetensi Dasar (KD) selama satu semester adalah 25 KD. Sampai akhir semester telah terlaksana sebanyak 20 KD, sedangkan 5 KD tidak dibelajarkan karena alasan tertentu. Maka, dari data tersebut dapat kita ketahui Target Kurikulum yang tercapai selama satu semester, yakni:

TK = KDT / SKD x 100%            => 20 / 25 x 100%
                                         => 2000 / 25
                                  TK => 80%

Jadi, persentase Target Kurikulum yang tercapai selama satu semester pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 80%.

2.      MENGHITUNG DAYA SERAP (DS)


Dalam menghitung Daya Serap tidak bisa dipisahkan dengan Target Kurikulum yang telah dibuat sebelumnya karena dampak ketercapaian Target Kurikulum sangat mempengaruhi Daya Serap siswa selama satu semester pembelajaran.
Selain itu, selesai tidaknya Anda mengolah Nilai Akhir Semester (nilai rapor) siswa akan berpengaruh terhadap pengolahan Daya Serap siswa ini. Berikut adalah rumus penerapan Daya Serap siswa selama satu semester:
DS = TK x RNR / 100

Keterangan:
DS adalah Daya Serap.
TK adalah Target Kurikulum.
RNR adalah rata-rata nilai rapor per mata pelajaran selama satu semester.
100 adalah faktor pembagi yang sifatnya konstan.
*) Semua bentuk lambang atau singkatan pada rumus ini tidak baku. Lambang atau singkatan yang penulis gunakan hanyalah sebagai alat bantu penghitungan.

 

 

Contoh menghitung Daya Serap siswa

Diketahui ketercapaian Target Kurikulum pembelajaran adalah 80% dan rata-rata nilai rapor siswa untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 75,5.
Sehingga Daya Serap siswa selama satu semester untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah:

DS = TK x RNR / 100    => 80% x 75,5 /100
                                        => 6.040 / 100
                            DS       => 60,4 %

Jadi, persentase Daya Serap siswa selama satu semester untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah sebesar 60,4%.

3.      MENGHITUNG TARAF SERAP (TS)


Target Kurikulum, Daya Serap, dan Taraf Serap merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan dan saling mempengaruhi satu sama lain.
Oleh karena itu, ketika Anda diminta untuk mengolah Taraf Serap, maka Anda harus telah mengolah Target Kurikulum ataupun Daya Serap siswa sebelumnya. Jika tidak, maka Taraf Serap tidak mungkin bisa diolah.
Berikut ini adalah rumus penerapannya:
TS = DS x 100 / 10

Keterangan:
TS adalah Taraf Serap.
DS adalah Daya Serap siswa.
100 adalah faktor pengali yang sifatnya konstan.
10 adalah faktor pembagi yang sifatnya konstan.
*) Semua bentuk lambang atau singkatan pada rumus ini tidak baku. Lambang atau singkatan yang penulis gunakan hanyalah sebagai alat bantu penghitungan.

Contoh Menghitung Taraf Serap

Jika sebelumnya Anda telah menghitung Daya Serap siswa dan diketahui bahwa besaran Daya Serapnya adalah 60,4% maka akan diperoleh Taraf Serap untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai barikut:
TS = DS x 100 / 10 => 60,4% x 100 / 10
                                       => 6040 / 10
                         TS          => 604

Jadi, Taraf Serap untuk satu semester pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah sebesar 604.
Penerapan rumus hitungan di atas hanyalah contoh pada salah satu mata pelajaran saja, Anda dapat mengolah Target Kurikulum, Daya Serap, ataupun Taraf Serap untuk mata pelajaran yang lain dengan menggunakan rumus yang sama.
Seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwa segala bentuk lambang ataupun singkatan yang saya gunakan adalah merupakan representatif saya pribadi, bukan merupakan hal yang mutlak dan baku.
Anda dapat membuat lambang atau singkatan dengan keinginan Anda sendiri. Namun, tetap pada aturan penghitungan yang telah ada.

Demikian, cara menghitung Target Kurikulum, Daya Serap, dan Taraf Serap yang mudah. Semoga dengan penjelasan singkat di atas berdampak pada kemudahan Anda dalam memahaminya. Mudahan bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Menghitung Target Kurikulum, Daya Serap dan Taraf Serap Lengkap"