Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian dan Sifat-Sifat Cahaya beserta Praktikum

Pengertian Cahaya
Cahaya adalah sebuah pancaran elektromagnetik yang dapat terlhat oleh mata manusia. Cahaya juga dapat didefinisikan sebagai radiasi elektromagnetik baik itu panjang gelombang kasat mata maupun tidak. Sedangkan yang dimaksdu dengan benda yang memancarkan cahaya disebut dengan sumber cahaya.

Kali ini saya akan mencoba mempraktekan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV Sekolah Dasar, yang dalam hal ini berada pada buku Tema 5 : Pahlawanku dan pada subtema 1, Pembelajaran 1. Oleh karena itu perlu diketahui trlebih dahulu oleh seorang guru bagaimana mempraktikan sifat-sifat cahaya yang terdri dari 4 sifat.


Sifat-Sifat Cahaya
1.    Cahaya merambat lurus
Percobaan menggunakan tiga karton tebal dan lilin. Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut. Letakkan karton-karton dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu coba menggeser posisi setiap karton sehingga setiap lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan perbedaannya!

2.  Cahaya menembus benda bening
Percobaan menggunakan cahaya matahari/cahaya senter, gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan benda-benda bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Perhatikan apa yang terjadi.

3.  Cahaya dapat dipantulkan
Percobaan menggunakan dua cermin datar dan senter. Coba pantulkan cahaya senter menggunakan cermin. Coba berbagai posisi cermin yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. Amatilah apa yang terjadi pada cahaya pantul?

4.  Cahaya dapat dibiaskan
Percobaan menggunakan pensil yang setengah bagian panjangnya berada di dalam gelas berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar gelas. Bagaimana penampakan dan besar pensil dibanding aslinya?

1 comment for "Pengertian dan Sifat-Sifat Cahaya beserta Praktikum"